Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sneaker Rasa Kopi, Kolaborasi Ramah Lingkungan Sage Footwear dan Janji Jiwa

KOMPAS.com - Setelah sempat menggunakan pewarna dari daun teh untuk sepatu kolaborasi dengan Sosro, kini Sage Footwear kembali merilis sepatu yang memanfaatkan ampas kopi sebagai pemberi warna.

Sepatu kanvas berkelir coklat ini merupakan hasil kerjasama antara Sage Footwear dengan Janji Jiwa, brand kopi yang sedang populer di Indonesia.

Penggunaan ampas kopi untuk mewarnai sepatu ini tak lepas dari kepedulian Sage Footwear terhadap lingkungan, yakni dengan memanfaatkan limbah, sekaligus ingin mengajak para pecinta sepatu untuk sama-sama turut andil dalam menjaga Bumi.

"Kami melihat di sekitar kita banyak barang terbuang sia-sia, sehingga terpikir untuk memanfaatkan barang-barang waste itu menjadi lebih berguna, untuk mengurangi sampah," ujar Varian Erwansa salah satu pendiri Sage Footwear dalam acara virtual, Kamis (26/8/2021).

“Kami menggandeng Janji Jiwa karena melihat adanya kesamaan visi tentang sustainability. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menyampaikan pesan tentang daur ulang dan misi keberlanjutan kami,” tutur Hamzah Dwi Putra, salah satu pendiri dari Sage Footwear.

"Kami berharap masyarakat lebih aware bahwa Bumi kita tidak sedang baik-baik saja, akibat banyak sampah, polusi, kenaikan suhu dan lain-lain," lanjutnya.

Menurut Hamzah, selain memakai ampas kopi sebagai pewarna, sepatu ini juga menggunakan recycled cotton twill atau katun daur ulang yang terbuat dari potongan kain sisa garmen yang dirajut kembali. Katun itulah yang menjadi bagian kanvas sepatu.

Untuk memudahkan memakai atau melepaskannya, bagian depan juga diberi velcro bertuliskan Janji Jiwa, meski tetap ada tali sepatunya. Sedangkan logo Sage Footwear diletakkan di samping, bersama bendera merah putih.

Demi kenyamanan, bagian insole menggunakan Sage CloudStep Tech Foam, bahan empuk yang dibuat dari campuran karet daur ulang atau recycled rubber.

Sementara warna coklat dari ampas kopi justru memberi nuansa klasik yang kalem dan akan menjadi makin keren saat memudar.

Koleksi ini akan dijual dengan jumlah terbatas hanya 250 pasang di batch pertama seharga Rp 389.000 pada tanggal 27 Agustus 2021 sore di toko resmi Sage Footwear melalui e-commerce Shopee.

Seperti visi dan misi Sage Footwear “Langkah Baik ke Segala Arah”, kolaborasi Sage Footwear dan Janji Jiwa merupakan komitmen inovasi ke arah yang lebih baik.

Ke depannya, Sage Footwear juga berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi pendidikan Indonesia melalui sumbangan untuk pembangunan dan renovasi sekolah di daerah Indonesia Bagian Timur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/26/191002120/sneaker-rasa-kopi-kolaborasi-ramah-lingkungan-sage-footwear-dan-janji-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke