Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Masak Telur dengan Air Fryer, Apakah Berhasil?

KOMPAS.com – Membuat hard-boiled egg atau telur rebus matang sempurna memang tampak mudah, tapi nyatanya tidak segampang itu.

Umumnya orang akan merebus telur beberapa saat menggunakan kompor. Nah, mungkinkah membuat telur rebus tanpa merebusnya? Misalnya dengan menggunakan air fryer?

Beberapa waktu lalu, ada sebuah lifehack TikTok viral yang membuat proses pembuatan hard-boiled egg lebih mudah dengan waktu di bawah 15 menit dan hands-free karena menggunakan air fryer.

Trik viral ini membuat kita tidak perlu menunggu agar air mendidih terlebih dahulu sebelum merebus telur, hanya perlu air fryer dan air es. Menariknya lagi, trik ini tidak membuat kita harus “bebersih” setelahnya.

Lalu, bagaimana caranya?

Menurut pengguna TikTok @kortneyandkarlee, pertama-tama kita harus menempatkan telur di dalam air fryer selama 15 menit dalam suhu 270° Fahrenheit atau 130° Celsius.

Setelahnya, langsung masukkan ke dalam semangkuk air dan es untuk menghentikan proses pematangannya.

Cara di atas memang terdengar mudah dan sempurna. Namun, apakah lifehack ini benar-benar bekerja?

Untuk membuktikannya, situs Real Simple mengujinya, berikut hasilnya.

Dalam pengujiannya, Real Simple menggunakan dua air fryer berbeda. Air fryer pertama dipasang dengan suhu 150° Celsius dan telur-telur pun dimasak selama sembilan, 12, lalu 15 menit.

Setelah selesai, telur-telur itu direndam dalam air es selama tiga menit hingga dingin, lalu dikupas.

Hasilnya, telur yang dimasak selama sembilan menit sedikit encer, telur yang dimasak selama 12 menit sedikit creamy, sementara telur yang dimasak selama 15 menit matang dengan baik.

Lalu, air fryer kedua disetel dengan suhu 130° Celsius selama sembilan, 11, 13, dan 15 menit.

Hasilnya, telur yang dimasak selama sembilan menit sangat encer, telur kedua yang 11 menit encer namun matang, telur ketiga sedikit creamy, dan telur terakhir yang dimasak selama 15 menit matang sempurna.

Pengujian ini menyimpulkan bahwa suhu air fryer dapat diubah plus atau minus 30° F tanpa perlu khawatir telur kita akan gosong atau kurang matang.

Kendati demikian, waktu tetap berperan penting untuk menentukan kematangan setiap telur.

Jika kita menambahkan lebih banyak waktu, kita akan mendapatkan hard-boile egg sempurna, sementara telur yang dimasak dengan waktu lebih singkat akan cocok untuk dimakan  bersama roti panggang alpukat untuk brunch.

Tertarik mencobanya?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/27/130610320/video-viral-masak-telur-dengan-air-fryer-apakah-berhasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke