Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Si Anak Remaja Mulai Belajar Dandan

KOMPAS.com - Masa remaja merupakan masa di mana ]anak mulai belajar untuk mengatasi perubahan hormon, sekolah, bahkan mencoba untuk "menyesuaikan diri" dengan dunia di sekitar mereka.

Terkhusus anak remaja perempuan biasanya mereka ingin bereksperimen dengan gaya rambut, pakaian, dan makeup.

Ini bisa mengkhawatirkan bagi orangtua mana pun karena menganggap mereka masih terlalu kecil, tetapi juga berusaha untuk berhati-hati dalam berkomentar.

Apakah anak remaja perempuan kita siap?

Tidak ada patokan usia ketika seorang anak menjadi cukup dewasa untuk merias diri, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui kapan hal itu sesuai dengan perkembangannya.

Hal-hal seperti riasan adalah "area abu-abu pengasuhan", yang berarti bahwa tidak ada aturan baku tentang masalah ini, dan kemungkinan itu tergantung pada masing-masing keluarga.

Jika anak remaja kita ingin mulai memakai makeup, saran terbaik mungkin adalah memikirkan mengapa ia ingin berdandan, dan ada baiknya menemaninya saat berbebelanja.

Pastikan aman

Menurut Cleveland Clinic, jika anak remaja kita ingin memakai makeup, paling tidak yang bisa kita lakukan adalah memastikan produk yang dipakainya aman.

Ini berarti kita perlu melakukan sedikit riset. Jika memungkinkan, pilih produk yang memiliki sedikit bahan di dalamnya. Juga disarankan untuk memulai dengan lebih sedikit.

Dorong "ABG" kita untuk memulai dengan riasan tipis saja lalu bisa menambahkannya kembali jika dirasa kurang.

Ada banyak tutorial YouTube yang bisa ditonton ibu dan remaja bersama-sama. Ini bisa menjadi momen yang bagus untuk bonding.

Lebih dalam dari sekedar makeup

Meskipun riasan bisa menyenangkan, penting juga untuk memastikan anak remaja kita memahami cara merawat kulit mereka yang ada di bawah makeup.

Penting untuk menekankan pentingnya kulit bersih dan sehat saat menghapus riasan.

Remaja masih rentan terhadap kulit berminyak dan berjerawat, dan jika mereka ingin memakai riasan, mereka harus bertanggung jawab untuk memastikan mereka membersihkan kulit.

Jika motivasi mereka memakai riasan adalah untuk menyembunyikan bekas jerawat dan ketidaksempurnaan, beritahu anak bahwa riasan tidak akan membuat noda itu hilang, terkadang bisa memperburuk.

Mungkin sulit bagi ibu untuk menangani pembicaraan mengenai makeup. Namun, ini bisa menjadi kesempatan untuk bonding sehingga si remaja bisa lebih terbuka pada orangtuanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/27/134133720/ketika-si-anak-remaja-mulai-belajar-dandan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke