Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Membuat Alpukat Cepat Matang? Ini Tipsnya

KOMPAS.com – Alpukat adalah salah satu buah yang digemari, karena selain menyehatkan, rasanya juga enak bagi sebagian orang.

Sayangnya, buah alpukat yang kita dapatkan dari pasar atau supermarket seringkali masih setengah matang atau belum matang.

Padahal, agar bisa dikonsumsi, alpukat semestinya matang sempurna.

Namun tak perlu khawatir, ada cara membuat alpukat cepat matang hanya dalam beberapa hari saja, seperti berikut ini.

Bungkus bersama buah lain

Menurut seorang ahli alpukat asal Meksiko, kita bisa mempercepat matangnya alpukat dengan membungkusnya dalam wadah kertas bersama pisang atau apel, lalu menutupnya.

Setelah itu, letakkan dalam lingkungan hangat hingga kulitnya menjadi hijau gelap dan lembut jika ditekan. Biasanya, proses ini memakan waktu satu hingga tiga hari.

Lalu, jika tidak memiliki buah lain, kita dapat memasukkan alpukat ke dalam kantong kertas berisi beras mentah dan lipat untuk menutupnya.

Simpan di lingkungan yang hangat sampai kulit berubah menjadi hijau gelap dan beraksi terhadap tekanan lembut, yang biasanya memakan waktu satu sampai tiga hari.

Metode di atas bisa berhasil karena proses pematangan dihasilkan dari buah yang melepaskan gas yang disebut etilen, gas yang memulai proses pembusukan.

Proses pembusukan sendiri disebabkan oleh kerusakan dinding sel, konversi pati menjadi gula, dan hilangnya asam dalam buah.

Semua proses ini membuat buah persik, pir, atau alpukat lebih enak dan terasa lebih lembut serta lebih manis dan mengandung asam dan pati yang lebih sedikit.

Selin itu, dinding sel buah juga lebih lembut, meski hanya sampai di titik tertentu saja.

Nah, proses pembusukan ini terjadi karena gas etilena mudah berdifusi dan dapat bergerak  dari sel ke sel serta ke tanaman tetangga. Panas pun mempengaruhinya.

Karena itu, jika kita tidak ingin alpukat terlalu matang, proses pembusukan seperti di atas bisa diperlambat.

Caranya, tinggal tempatkan buah alpukat matang dalam kulkas. Suhu yang dingin akan memperlambat efek yang ditimbulkan gas etilen.

Lalu, sebaiknya kita juga mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli alpukat. Jika ingin cepat memakannya, pilihlah alpukat yang empuk dan siap dimakan, namun jika ingin memakannya beberapa hari lagi, pilihlah alpukat yang memiliki warna hijau lebih muda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/27/174109420/bagaimana-cara-membuat-alpukat-cepat-matang-ini-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke