Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Buah dan Sayuran Baik untuk Dikonsumsi Anjing?

KOMPAS.com - Sebagai manusia, kita pasti tahu kalau buah dan sayuran merupakan makanan yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Tapi, apakah buah dan sayuran juga dapat bermanfaat bila dikonsumsi anjing peliharaan kita?

Anjing sendiri adalah hewan omnivora yang berarti bisa makan daging dan tumbuhan. Selain itu, banyak makanan anjing komersial yang ternyata dibuat dengan buah dan sayuran lalu dicampur bersama dengan daging dan biji-bijian.

Produk-produk ini juga dibuat untuk memasukkan semua nutrisi yang dibutuhkan anjing agar menjadi lebih sehat.

Jadi, meskipun anjing peliharaan kita tidak benar-benar membutuhkannya, tambahan buah dan sayuran ke dalam makanannya sehari-hari tidaklah berbahaya.

Buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi

Tidak semua buah dan sayuran itu baik, namun beberapa di antaranya dapat memiliki manfaat nutrisi tambahan bagi anjing peliharaan seperti berikut:

  • Apel adalah sumber vitamin A dan C yang sangat baik, yang menjaga kulit dan bulu anjing tetap sehat. Buah ini juga rendah lemak dan merupakan sumber serat yang baik. Tapi ingat untuk tidak memberikan bijinya.
  • Wortel, kacang polong, kacang hijau, ubi jalar, dan pisang mengandung vitamin penting, bersama dengan potasium yang baik untuk otot, saraf, serta ginjal anjing. Serat di dalamnya juga dapat membantu anjing tetap sehat.
  • Jeruk adalah sumber vitamin C yang bagus. Anjing kecil dapat memakan hingga sepertiga dari jeruk ukuran penuh, sementara anjing besar dapat memakan semuanya. Pastikan untuk mengupasnya dan membuang bijinya.

Meskipun tidak apa-apa memberi anjing buah dan sayuran, perhatikan seberapa banyak kita memberikannya. Batasi hanya 10 persen atau kurang dari kalori anjing untuk hari itu.

Membantu anjing yang kegemukan

Jika kita memiliki anjing yang kegemukan, buah dan sayuran rendah garam, rendah gula bisa menjadi cara baik untuk membantunya menurunkan berat badan.

Misalnya, kita dapat mengganti beberapa makanan anjing dengan kacang hijau. Ini dapat mengurangi kalori yang dikonsumsi tetapi membuatnya tetap kenyang.

Namun, jangan memulai diet baru untuk anjing tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu karena perubahan mendadak dapat mengganggu pencernaan anjing.

Dokter hewan tentunya akan memberi tahu cara mencampur produk untuk membuat transisi lebih mudah bagi anjing kita. Diet yang seimbang juga penting tidak peduli berapa berat anjing kita.

Buah dan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi

Selain memerhatikan buah dan sayuran apa saja yang boleh dikonsumsi, kita perlu mengetahui buah dan sayuran yang sebaiknya dihindari anjing peliharaan kita sebagai berikut:

Anjing bukan vegetarian

Kebutuhan makanan utama anjing adalah daging, jadi mungkin sulit bagi anjing untuk menjalani diet vegetarian yang ketat.

Dibutuhkan banyak persiapan dan perencanaan untuk memberikan anjing atau anak anjing keseimbangan nutrisi yang tepat, yang dibutuhkannya tanpa daging.

Banyak diet vegetarian yang disiapkan di rumah tidak menyediakan nutrisi yang cukup.

Jika kita merasa anjing kita perlu mengonsumsi buah dan sayuran, serta mengurangi makan daging, berbicaralah pada dokter hewan tentang cara untuk memberikan keseimbangan nutrisi yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/30/144608420/apakah-buah-dan-sayuran-baik-untuk-dikonsumsi-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke