Salin Artikel

Gula Merah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

KOMPAS.com – Gula terkenal sebagai salah satu penghalang diet. Tak mengherankan memang, sebab, gula dapat membuat berat badan meningkat drastis.

Namun, di tengah-tengah galaunya para penikmat makanan manis, mendadak muncul isu yang mengatakan bahwa gula merah atau brown sugar dapat digunakan oleh mereka yang sedang diet sebagai pengganti gula pasir.

Pertanyaannya, benarkah gula merah itu sehat dan baik bagi mereka yang tengah berjuang untuk menurunkan berat badan?

Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini.

Keuntungan kesehatan dari gula merah

Tak hanya populer sebagai pengganti gula pasir, nyatanya gula merah memiliki banyak manfaat.

Gula merah kaya akan potassium, magnesium, vitamin B1, B6 dan C. Selain itu, gula merah memiliki beberapa senyawa fenolik yang melawan stres oksidatif dan bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Gula merah juga memiliki berbagai vitamin dan antioksidan, serta serat yang dapat memperlancar aliran pencernaan, membersihkan racun, dan menjaga sistem kesehatan tubuh. Jadi, bisa dibilang gula merah lebih bernutrisi dan lebih sehat dari gula pasir.

Namun, rasa gula merah sedikit lebih “hambar” jika dibandingkan dengan gula pasir, sehingga membuat beberapa orang menambahkan gula merah berlebih pada minuman atau makanan mereka.

Misalnya, jika seseorang biasanya menambahkan satus sendok gula pasir ke dalam kopi atau teh, mereka yang tidak terbiasa akan menambahkan gula merah lebih dari porsi umumnya. 

Apakah bisa mengganti gula pasir dalam diet?

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa menggunakannya berlebihan atau tidak memahami kandungan nutrisinya dapat membatalkan semua keuntungan itu.

Jadi, ingatlah bahwa gula merah juga memiliki kandungan kalori yang hampir sama dengan gula pasir, membuatnya sama sama merugikan jika menggunakannya secara berlebihan.

Penderita diabetes pun perlu berhati-hati saat menggunakan gula merah. Pasalnya, gula merah mengandung sukrosa yang dapat menyebabkan kandungan gula darah meningkat.

Jadi, meski lebih sehat jika digantikan pengganti gula pasir, perhatikan kuantitas gula merah yang kita gunakan berikut asalnya agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengintai.

Bagaimana membuat gula merah efektif menurunkan berat badan?

Jika ingin menggunakan gula merah sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan, bereksperimen atau menambahkan beberapa bahan baku dapur dapat menolong kita untuk mempercepat penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

Kita juga bisa membuat minuman detox, seperti air lemon yang dicampur dengan gula merah.

Untuk membuatnya, pertama kita perlu menyiapkan segelas air, satu buah lemon, sedikit garam hitam, dan satu sendok bubuk gula merah atau gula merah yang telah dilelehkan.

Lalu, peras jus dari lemon dan masukkan ke dalam satu gelas air bersama garam hitam dan aduk rata.

Setelah itu, masukkan satu sendok bubuk gula merah, dan minuman siap dinikmati.

Jika ingin minumannya hangat, kita bisa menyiapkannya dengan menghangatkan sedikit gula merah di dalam air, melarutkannya dan menambahkan jus lemon. Kita bisa meminumnya di pagi hari atau setelah makan.

Karena gula merah memiliki nutrisi tinggi dipadukan dengan lemon yang tinggi kandungan vitamin C, minuman ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga mempercepat metabolisme, serta dapat membersihkan racun dari tubuh jika meminumnya secara teratur.

Namun sekali lagi ingat, sama seperti gula pasir, gula merah sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/30/151623120/gula-merah-bisa-bantu-turunkan-berat-badan-benarkah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.