Salin Artikel

6 Arti Mimpi Menikah, Maknanya Tak Selalu Baik

Namun, mimpi menikah tak selalu menyenangkan bagi sebagian orang, terutama jika memiliki pengalaman tak menyenangkan seperti pernah batal menikah, sudah bercerai atau tidak memiliki pasangan di dunia nyata tapi sudah didesak untuk menikah.

Namun, arti mimpi menikah sebetulnya tak selalu mengindikasikan kita berpikir tentang pernikahan, melainkan bisa saja maksud tersembunyi lainnya.

Pernikahan adalah peristiwa kehidupan simbolis yang memiliki arti penting dalam alam bawah sadar banyak orang, apakah orang tersebut ingin menikah atau tidak.

Arti mimpi menikah dapat mencerminkan segalanya, mulai dari kecemasan tentang perubahan kehidupan baru-baru ini hingga kegembiraan tentang masa depan.

Melansir Bustle, analis mimpi dan penulis Dream On It, Lauri Quinn Loewenberg menjelaskan beberapa mimpi umum soal pernikahan dan apa yang perlu dilakukan untuk memahami maksud dari mimpi tersebut:

1. Mimpi menikah ketika sedang merencanakannya

Bagi orang yang akan menikah, wajar jika mereka mimpi menikah di tengah persiapan yang begitu menjenuhkan dan bikin stres.

Tapi, bukan berarti mimpi itu tak punya arti.

"Mimpi menjadi calon pengantin mungkin mencoba membantu kita melalui berbagai stres yang dihadapi jelang hari besar dan membantu kita menyelesaikan masalah apa pun yang perlu ditangani sebelum memulai hidup baru," kata Loewenberg.

Mimpi menikah biasanya berkaitan dengan sesuatu seperti proses perencanaan pernikahan di kehidupan nyata atau mencerminkan sesuatu yang kita takuti. Misalnya, beberapa orang mungkin merasa khawatir karena telat menikah.

Sementara jika dalam mimpi kita melihat ada sesuatu yang salah dengan gaun yang dikenakan, mungkin ada sesuatu dalam diri kita yang tidak kita sukai.

Lebih dalam, ketakutan yang muncul dalam mimpi itu mungkin merupakan simbolis untuk sesuatu yang lebih dalam, seperti ketakutan akan komitmen, masalah harga diri, atau kepercayaan.

2. Mimpi menikah padahal lajang

Sekali lagi, arti mimpi menikah tidak selalu menyiratkan keinginan kita untuk menikah di kehidupan nyata.

Mungkin saja, mimpi itu lebih berkaitan dengan simbolisasi pernikahan dalam budaya kita, misalnya tentang komitmen.

Pernikahan adalah komitmen dua individu hingga kematian memisahkan.

Jadi, mimpi menikah ketika kita sebetulnya tidak sedang merencanakannya bisa berarti ada beberapa jenis komitmen lain yang sedang kita mulai dalam kehidupan nyata.

"Apa pun komitmen atau kewajiban ini, alam bawah sadar kita menyajikannya kepada dalam bentuk pernikahan sehingga kita bisa lebih memahami peran kita dalam komitmen tersebut," ujarnya.

Komitmen itu bisa berupa sesuatu yang jelas, seperti mengambil pekerjaan baru atau menandatangani kontrak, atau sesuatu yang lebih abstrak, seperti menambahkan kebiasaan baru ke rutinitas harian kita atau mengembangkan relasi pertemanan yang lebih dalam dengan seseorang.

Menurut Loewenberg, mimpi-mimpi ini seolah menanyakan apakah kita siap untuk berkomitmen dalam jangka panjang.

Namun, menurut Loewenberg, mimpi itu menunjukkan bahwa kita berada pada titik yang berbeda dalam proses komitmen.

Jadi, jika mimpi menikah menunjukkan bahwa kita sudah berkomitmen pada sesuatu, mimpi lamaran mungkin berarti kita masih mencari tahu apakah kita ingin melibatkan diri dalam sesuatu itu.

"Apakah seseorang menyarankan atau mengusulkan ide kepada kita di dunia nyta? Apakah kita berpikir untuk "terlibat" dalam beberapa aktivitas atau situasi itu?" kata Loewenberg.

Mimpi-mimpi ini dapat membantu pikiran sadar kita menimbang pro dan kontra dari tanggung jawab atau komitmen baru yang kita hadapi, serta membantu kita mengatasi beberapa ketakutan, kecemasan, dan tekanan yang mungkin timbul karena mengambil suatu komitmen baru.

4. Mimpi menikahi seseorang yang tak kita tertarik

Ini mungkin salah satu mimpi menikah yang paling aneh dan bikin canggung.

Mimpi ini sering kali terjadi karena orang tersebut signifikan terhadap kehidupan kita atau sekadar muncul saja di ingatan kita.

Namun, bukan berarti diri kita secara sembunyi-sembunyi punya kekaguman padanya.

Mimpi menikahi seseorang yang kita tak tertarik bisa jadi merupakan simbol pribadi tentang nilai-nilai yang mereka tunjukkan di kehidupan nyata.

"Cobalah tanya diri kita sendiri apa yang menonjol dari diri mereka, mungkin mereka sering menjadi sukarelawan atau melakukan pekerjaan amal," ujarnya

"Itu mungkin apa yang mereka wakili untuk kita, dalam hal ini alam bawah sadar kita mengusulkan gagasan untuk menjadi lebih dermawan dalam hidup kita."

5. Mimpi menikahi seseorang selain pasangan

Menikahi seseorang yang acak juga banyak dialami. Namun, jika di kehidupan nyata kita sudah memiliki hubungan dengan seseorang, menikahi orang lain yang bukan pasangan kita mungkim terasa kurang nyaman.

Meski begitu, jangan langsung berasumsi arti mimpi menikah dengan sosok tersebut adalah masalah di kehidupan nyata dengan pasangan kita.

Sering kali, pasangan kita di dalam mimpi merupakan simbol kualitas yang kita inginkan untuk komitmen terhadap diri sendiri.

"Jika kita sudah tahu bahwa kita tidak puas dengan pernikahan di dunia nyata maka mimpi menikah dengan orang lain bisa melambangkan itu," kata Loewenberg.

Namun, jika dalam mimpi kita menikahi seseorang yang kita kenal atau orang terkenal, coba pikirkan hal berikut:

  • Apa tiga hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita ketika memikirkan orang ini?
  • Dari ketiga hal tersebut, setidaknya salah satunya adalah kualitas yang harus kita miliki hingga "maut memisahkan".

Lalu, bagaimana jika mimpi menikah dengan mantan kekasih?

"Menikahi mantan kekasih dan bukan pasangan kiya saat ini mungkin menunjukkan masalah yang belum terselesaikan dalam diri kita," kata Loewenberg.

Pada akhirnya, gunakan mimpi-mimpi tersebut sebagai panduan untuk masalah pribadi apa yang harus diselesaikan sebelum berkomitmen pada hubungan baru atau masuk lebih dalam ke hubungan saat ini.

Itu mungkin berkaitan dengan beberapa situasi di kehidupan nyata kita di mana kita tidak berpartisipasi aktif. Meski begitu, masalah tersebut menjadi perhatian kita dan terus kira pikirkan, misalnya masalah yang berkaitan dengan teman atau keluarga.

Cobalah untuk menganalisis mimpi kita sendiri dengan memeriksa siapa yang akan menikah, peran apa yang kiya mainkan dalam pernikahan itu, dan bagaimana perasaan kita sepanjang mimpi.

"Alam bawah sadar kita mungkin ingin menunjukkan kepada bahwa kita tidak mengambil peran yang cukup aktif di beberapa area, dan untuk mencapai tujuan tertentu, kita perlu berkomitmen untuk itu," kata Loewenberg.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/31/091314620/6-arti-mimpi-menikah-maknanya-tak-selalu-baik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.