Salin Artikel

6 Jenis Tanaman yang Dapat Ditanam di Ruangan Kecil

KOMPAS.com - Banyak orang mulai beralih untuk bercocok tanam sebagai aktivitas baru di masa pandemi ini, baik karena ingin mengusir kebosanan atau mencari kesibukan di luar pekerjaan.

Namun, tak sedikit juga yang merasa kesulitan untuk mulai melakukan aktivitas menanam ini karena terbatasnya ruangan yang ada di dalam rumah.

Tapi jangan khawatir. Kita masih dapat menanam beberapa tanaman yang tidak membutuhkan banyak ruang, dan bisa menaruhnya di mana saja asalkan tetap merawatnya dengan baik.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut 6 jenis tanaman yang paling mudah perawatannya dan tentu saja hemat ruangan.

1. Tomat

Tanaman tomat biasanya membutuhkan iklim yang hangat dan kita harus menunggu hingga 30-40 hari sebelum memanennya sejak benih disemai.

Sebelum menanam tomat, pilihlah varietas terbaik yang menghasilkan hasil maksimal dan tabur benih dalam campuran tanah yang berkualitas. Untuk menanam tomat ceri, kebun vertikal adalah pilihan yang baik.

Pastikan juga tanaman mendapat cukup cahaya langsung karena tomat menyukai kehangatan.

Tak lupa untuk menyiramnya secara teratur, tetapi jangan terlalu berlebihan atau tanaman akan layu. Pangkas daun tua dan kuning untuk menjaga tanaman tomat tetap sehat.

2. Daun mint

Untuk menanamnya, pilih pot kecil, idealnya berdiameter 8-12 inci (20-30 cm) dengan drainase yang sangat baik dan dapat ditanam di dapur.

Tanaman dapat dipanen dengan memotong tangkainya ketika panjangnya sekitar 8 inci (20 cm).

Tempatkan daun mint dalam toples penuh air atau tabur benih langsung di pot tanah. Daun mint juga menyukai naungan parsial dan tanah yang lembab. Jadi, menjaga pot di dekat jendela mendorong pertumbuhan.

Ini adalah tanaman yang kuat, sehingga membutuhkan sedikit perawatan. Namun juga membutuhkan pemangkasan teratur agar lebih sehat.

3. Lemon

Tinggi vitamin C, lemon sangat bermanfaat untuk hiasan salad dan dibuat sebagai minuman yang segar, serta sehat.

Tips menanam lemon yakni pastikan wadah yang digunakan untuk menanam memiliki lubang drainase. Kita juga dapat menabur benih dalam campuran pot.

Segera setelah menjadi berkecambah, letakkan pot di bawah sinar matahari. Arah yang paling cocok untuk tanaman lemon tumbuh adalah selatan karena menerima cahaya yang maksimal.

Tanaman ini menuntut nutrisi yang cukup dari waktu ke waktu. Jadi, ingatlah untuk menambahkan kompos ke dalam campuran tanah setiap dua bulan, selain nutrisi yang sangat dibutuhkan seperti potasium dan magnesium.

4. Selada

Sayuran ini mudah tumbuh di balkon dan dapat dipanen dalam waktu 4-6 minggu.

Saat menabur benih, tempatkan secara merata dalam campuran pot dan disiram secara menyeluruh di hari-hari awal.

Setelah satu minggu, selada cenderung berkecambah dan dapat dipanen dalam waktu satu bulan.

Tanaman ini dan akarnya menyebar saat tumbuh. Jadi, pilih pot yang berdiameter sekitar 6-12 inci (15-30 cm).

Suhu tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Yang terbaik adalah memanen daunnya di pagi hari karena masih segar.

5. Kacang buncis

Kita dapat mulai dengan menabur benih dengan jarak 4-8 inci dalam campuran tanah yang dikeringkan dengan baik, lebih disukai dalam wadah baki dalam barisan. Buncis dapat dipanen setelah 30-60 hari tanam.

Kacang buncis tumbuh menjadi tanaman merambat. Jadi, tanaman ini membutuhkan struktur pendukung yang stabil. Kita juga dapat memasang tiang kayu saat tanaman mencapai ketinggian 6 inci (15 cm).

Pastikan untuk memanen setiap 3-4 hari setelah buncis mencapai ukuran penuhnya atau akan berubah menjadi pahit.

6. Kale

Tanaman kale suka berada di bawah sinar matahari parsial dan paling baik ditanam di akhir musim panas.

Kita bisa menabur benih kale dalam pot, nampan, atau bedengan dengan sistem drainase yang baik.

Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur dan kita dapat memanennya dalam waktu 30-60 hari setelah tanam.

Tanaman kale menghasilkan panen yang maksimal di tanah yang subur. Jadi, pastikan kita menggunakan kompos atau bahan organik dari waktu ke waktu di musim tanam.

Buang daun tua atau kuning untuk memastikan bahwa tanaman tidak mengembangkan jamur atau penyakit lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/01/124947120/6-jenis-tanaman-yang-dapat-ditanam-di-ruangan-kecil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.