Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Status Merah di Aplikasi PeduliLindungi, Apa Artinya?

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi dikembangkan pemerintah untuk membantu pelacakan guna menghentikan penyebara Covid-19.

Kini, platform ini dibutuhkan sebagai akses untuk hampir semua kebutuhan di masa pandemi. Bukan hanya untuk masuk ke fasilitas umum atau pusat perbelanjaan namun juga dipakai sebagai alat skrining di berbagai industri.

Metode ini kini sudah diterapkan di ratusan ruang publik dan bisa dipastikan jumlahnya akan terus bertambah.

Hal yang mungkin dilakukan karena PeduliLindungi dilengkapi dengan fitur Safe Entrance. Kelengkapan ini memungkinkan penggunanya melakukan check in di lokasi dengan memindai QR code di aplikasi tersebut.

Setelah dipindai, nantinya akan muncul informasi beserta barcode yang ditandai dengan warna di aplikasi tersebut. Masing-masing warna memiliki arti sendiri dan menentukan apakah kita bisa melakukan aktivitas tersebut atau tidak.

Ada empat warna yang mungkin muncul yakni hitam, hijau, orang dan merah.

Hitam, seperti yang baru-baru ini diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, artinya kita terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga harus segara dievakuasi dari lokasi publik. Tujuannya untuk menghindari kita menyebarkan virus kepada lebih banyak orang.

Kode warna hitam tidak mungkin dialami kecuali kita benar-benar bersikap apatis.

Namun bagaimana jika mengalami status merah pada aplikasi PeduliLindungi?

Sejumlah warganet di media sosial mengeluhkan status aplikasinya yang berwarna merah ketika hendak masuk ke lokasi perbelanjaan. Akibatnya, mereka gagal berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya di lokasi tersebut.

Rupanya, warna merah menandakan kita tidak dapat memasuki area publik tersebut dan sangat diimbau untuk segera vaksinasi Covid-19.

Kemungkinan, hal ini terjadi karena pengelola lokasi tersebut mensyaratkan vaksinasi bagi seluruh pengunjungnya tanpa terkecuali.

Untuk mempermudah mobilisasi kita, sebaiknya segera mendaftarkan diri untuk divaksin. Hal ini juga meningkatkan kekebalan tubuh kita dan menekan risiko terinfeksi virus ketika harus berkegiatan di luar rumah.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi juga memiliki kode warna hijau dan oranye.

Warna hijau menandakan kita bisa melanjutkan aktivitas dalam ruang publik. Kita tak perlu lagi was-was tidak bisa mengakses fasilitas tersebut karena status kesehatan yang tergolong aman.

Sedangkan warna oranye artinya kita diizinkan masuk dengan menyesuaikan kebijakan pengelola tempat. Hal ini menyesuaikan apakah pengelola mensyaratkan pengunjungnya memiliki dosis vaksin lengkap atau diperbolehkan hanya vaksin pertama saja.

Untuk memastikan semua aktivitas berjalan lancar, pastikan untuk menyegerakan vaksinasi dan tentu saja menerapkan protokol kesehatan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/01/154129320/status-merah-di-aplikasi-pedulilindungi-apa-artinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke