Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Menciptakan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Kecil

Banyak dari kita yang menghabiskan banyak waktu di dapur. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita lebih memperhatikan dapur dan membuatnya menjadi ruangan yang menyangkan di rumah.

Desain dapur minimalis bisa membantu kita mencapai tujuan tersebut. Hal terpenting adalah kita tak selalu harus mengeluarkan uang banyak untuk menciptakan desain dapur minimalis.

Selain itu, desain dapur minimalis bisa diciptakan di rumah dengan berbagai ukuran, termasuk rumah kecil.

Dapur minimalis maksudnya adalah kita menata dapur sedemikian rupa sehingga lebih rapi dan kita lebih mudah menemukan barang yang dicari.

Melansir berbagai sumber, berikut tips menciptakan desain dapur minimalis yang dapat diterapkan, termasuk di rumah kecil:

Apakah desain minimalis harus selalu monokrom? Jawabannya, tidak.

Menurut MyDomaine, desain dapur minimalis tidak selalu harus monokrom. Tapi, cobalah memilih beberapa warna yang membantu mendefinisikan ruangan kita.

Memilih keluarga warna yang sama akan menciptakan tampilan yang padu.

Misalnya, dinding putih dan dekorasi serta peralatan dapur yang didominasi abu-abu.

Namun, untuk menciptakan desain dapur minimalis di rumah kecil, kita bisa memiliih rak-rak terbuka daripada lemari atas. Secara visual, rak-rak terbuka akan menciptakan tampilan yang lebih ringan.

Tumpuk atau kelompokkan barang-barang dengan rapi sehingga meja tetap bersih demi meminimalkan kekacauan visual.

Jika kesulitan mengatur peralatan yang berwarna, cobalah bereksperimen dalam mengelompokannya hingga menemukan tampilan yang sesuai.

Ingin alternatif yang lebih hemat? Kita bisa menambahkan kursi-kursi kayu berdesain sederhana.

Tanaman dengan vas yang sederhana bisa menambah ketertarikan visual yang menarik.

Untuk menciptakan desain dapur minimalis, kita juga bisa mulai dengan menyortir peralatan dapur yang sudah tidak digunakan dan hanya menumpuk di sudut ruangan.

Menurut The Spruce Eats, aturan utamanya adalah menyimpan hanya peralatan yang sering digunakan dalam setidaknya setahun terakhir dan singkirkan yang lainnya.

Meski terdengar sepele, namun langkah ini memakan cukup banyak waktu. Bayangkan, kita harus menyortis segala peralatan dapur, mulai dari peralatan makan, masak, hingga peralatan makan yang ukurannya kecil-kecil.

Caranya, setiap bulan cobalah pergi ke dapur kemudian memilah mana bumbu dan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak akan lagi dimakan.

Terkadang, bahan-bahan makanan itu diabaikan saja di dapur tanpa kita mengetahuinya, sehingga menyortirnya secara rutin sangatlah penting.

Selain itu, langkah ini juga bisa membantu kita menemukan bahan makanan yang harus segera dimakan.

Ketika menyusun bahan-bahan makanan tersebut, susun sesuai bentuk wadah yang sama. Berilah label pada setiap wadah agar tidak tertukar dan memudahkan kita ketika mencarinya.

Untuk menjaga tampilan dapur minimalis, pastikan di atas meja hanya menaruh barang-barang yang digunakan setiap hari dan tidak praktis jika dipindah-pindahkan setiap hari.

Misalnya, wadah bumbu. Kebanyakan orang tidak menggunakannya setiap hari, kecuali garam. Tempatkan bumbu-bumbu pada wadah yang berjajar rapi agar tetap nyaman dilihat.

Barang lainnya misalnya spatula. Orang-orang yang sering memasak tentu sering menggunakan barang tersebut.

Setelah memilah spatula yang masih baik, tempatkan semuanya di dalam wadah dan letakkan di samping kompor dengan rapi.

Jika ruangannya sangat sempit, pilih bingkai jendela yang tipis dan berwarna terang sehingga membantu menyaring cahaya.

Cara lainnya adalah menempatkan beberapa cermin di tempat yang strategis untuk memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam ruang dapur.

Jadi, pastikan kita membersihkan dapur setiap malam dengan membersihkan meja dan semua permukaan, mencuci semua peralatan makan yang kotor, membuang sampah, menyapu lantai, membuang kotak makanan, dan hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga dapur tetap bersih.

Setelah itu, pastikan seluruh anggota keluarga menerapkan kebiasaan bersih untuk menjaga rumah dan dapur tetap rapi dan bersih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/03/111850320/9-cara-menciptakan-desain-dapur-minimalis-untuk-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke