Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pria Ini Temukan Barang-barang Antik di Loteng Rumah Barunya

KOMPAS.com - Setelah membeli sebuah rumah baru di negara bagian New York pada Desember 2020, seorang pria bernama David Whitcomb berencana menggunakannya sebagai kantor hukum.

Ketika dia dan seorang temannya menjelajahi lantai atas, mereka menemukan bahwa bangunan itu sebenarnya memiliki loteng.

Yang mengejutkan dari penemuannya tersebut adalah loteng itu ternyata penuh dengan barang-barang antik yang sangat berharga.

Whitcomb mengatakan bahwa dia membeli gedung di Jenewa dan berencana menggunakan dua lantai pertama sebagai ruang kantor.

Sementara, lantai tiga dimaksudkan untuk tempat tinggalnya. Tetapi karena sudah 30 tahun tidak ditempati, dia perlu merenovasi ulang ruangan tersebut.

Namun, saat seorang teman datang untuk membantu mengganti bola lampu, mereka memperhatikan bahwa area langit-langit yang rusak tampak seperti papan lantai di atasnya atau loteng yang tidak pernah diketahui.

"Saya tidak tahu ada loteng karena itu tidak ada dalam dokumen dan kami tidak melakukan pemeriksaan sampai kami memperbaiki ruangan di bawahnya," terangnya kepada Fox News.

Awalnya, Whitcomb mengatakan dia tidak menyadari apa yang ada di loteng. Namun, setelah memeriksanya, dia menemukan bahwa loteng itu sebenarnya adalah bekas studio fotografi.

Berdasarkan dokumen yang dia temukan, diketahui bahwa studio itu milik fotografer James Hale.

Hale sendiri terkenal karena pernah memotret pelopor aktivis perempuan di Amerika, Susan B. Anthony yang menjadi potret resminya di Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.

Hebatnya, Whitcomb menemukan cetakan asli foto terkenal itu di loteng rumah barunya tersebut.

Loteng itu penuh dengan peralatan fotografi kuno, bersama dengan hasil pemotretan, termasuk lebih banyak gambar yang diambil dari Susan B. Anthony.

Menurut Whitcomb, salah satu bagian paling menyenangkan dari penemuan ini adalah menyaksikan para ahli fotografi datang untuk memeriksa peralatan vintage sejak awal perdagangan.

Whitcomb bahkan melelang banyak barang berharga yang dia temukan di loteng mulai pertengahan September.

Selain harus bekerja dengan para ahli untuk mengidentifikasi banyak objek, dia juga harus membersihkan abu dari item tersebut.

Rupanya, salah satu bangunan sebelah sempat terbakar di tahun 80-an dan merusak loteng yang tersembunyi itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/03/164414420/pria-ini-temukan-barang-barang-antik-di-loteng-rumah-barunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke