Salin Artikel

IKEA akan Segera Menjual Listrik dari Energi Terbarukan

KOMPAS.com - Dalam mencapai tujuannya untuk menjadi perusahaan iklim-positif pada tahun 2030, IKEA semakin fokus membuat produk yang lebih berkelanjutan.

Terlebih lagi, merek furnitur asal Swedia ini juga mendorong pelanggan untuk memperpanjang siklus hidup dari apa yang mereka beli.

Dengan peluncuran penawaran produk baru yang akan datang, IKEA juga memberikan konsumennya kesempatan secara langsung untuk membuat dampak positif terhadap lingkungan.

Listrik terbarukan

Baru-baru ini, Ingka Group, pemilik toko IKEA terbesar di seluruh dunia mengumumkan bahwa pihaknya akan segera menjual listrik terbarukan yang terjangkau bagi para pelanggannya di Swedia.

Dijuluki Strömma (bahasa Swedia untuk "aliran"), inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang digunakan konsumen di rumah.

Saat ini, penggunaan energi rumah yang terkait dengan produk dan peralatannya menyumbang sekitar 20 persen dari total jejak karbon IKEA.

Mirip dengan pemikiran di balik furnitur yang dijual, tujuan Strömma adalah membuat seuatu dengan label ramah lingkungan dapat lebih terjangkau dan dapat diakses oleh orang-orang yang menginginkannya.

Menggunakan panel surya

Svea Solar, produsen panel surya IKEA, akan membeli daya yang diperlukan pada pertukaran daya Nord Pool dan meneruskannya langsung ke pelanggan tanpa biaya tambahan.

Pelanggan dapat membeli tenaga angin dan matahari melalui aplikasi, yang juga memungkinkan mereka melacak penggunaannya.

Dalam hal menghasilkan tenaga itu, Ingka Group telah menginvestasikan dana sekitar Rp 41,3 triliun untuk tenaga surya dan angin pada 2019, serta memastikan sudah ada infrastruktur yang kuat.

Perusahaan induk memiliki dan mengoperasikan dua ladang tenaga surya dan 547 turbin angin, belum lagi lebih dari 920.000 panel surya yang ditemukan di toko dan gudang IKEA milik Ingka Group.

Sementara itu, kantor berita Reuters bahkan mencatat bahwa Ingka Group ingin Strömma hanya menggunakan listrik terbarukan dari infrastruktur angin dan surya yang dibangun dalam lima tahun terakhir.

Hal tersebut mungkin tampak seperti lompatan besar bagi penggemar IKEA di Amerika, tetapi ini bukan pertama kalinya perusahaan furnitur itu membantu pelanggannya menghijaukan jaringan listrik.

IKEA mulai menjual panel surya di Inggris pada tahun 2013, memperluas penawaran ke 10 pasar tambahan di tahun-tahun berikutnya.

Mereka yang telah membeli panel surya dari IKEA sebenarnya dapat menjual kelebihan daya yang tidak digunakan kembali ke perusahaan melalui Strömma.

Masuk ke ranah utilitas terbarukan bukanlah lompatan yang tidak terduga seperti yang mungkin dipikirkan beberapa orang.

"IKEA adalah perusahaan perabot rumah tangga dan kami ingin memudahkan lebih banyak orang untuk menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan di rumah," terang manajer penjualan IKEA Swedia, Bojan Stupar dalam sebuah siaran pers.

"Menyediakan tenaga surya dan angin dengan harga murah untuk lebih banyak orang, terasa seperti langkah alami berikutnya dalam perjalanan keberlanjutan kami," imbuh dia.

Meskipun Strömma hanya tersedia di Swedia untuk saat ini, Ingka Group berharap mereka dapat menyuplainya di semua pasar dan menghasilkan lebih banyak energi terbarukan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/03/200331220/ikea-akan-segera-menjual-listrik-dari-energi-terbarukan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.