Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui 5 Penyebab Tak Terduga Kulit Wajah Alami Breakout, Apa Saja?

KOMPAS.com - Entah itu jerawat besar, jerawat kronis, atau pun jerawat kecil, semuanya pasti bukan hal yang menyenangkan, apalagi jika menyangkut masalah penampilan.

Tentu saja, meskipun kita dapat mengobati kulit bermasalah dengan berbagai cara, tetap saja yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan.

Dengan kata lain, jika kita dapat mengetahui apa yang menyebabkan jerawat kita muncul, maka kita dapat mengatasi akar masalahnya dan dapat mencegah munculnya jerawat sejak awal.

Tentu saja ada penyebab umum seperti hormon, kulit yang terlalu berminyak, tidur dengan riasan, kadang-kadang bahkan genetika. Tetapi ada juga beberapa penyebab lainnya.

Nah, berikut ini adalah penyebab kita mengalami breakout, kondisi di mana kulit kita berjerawat.

1. Produk perawatan rambut yang kita gunakan

Bukan hanya perawatan kulit saja yang bisa bermasalah. Banyak produk untuk rambut yang sarat dengan bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori, terutama kondisioner dan produk penataan rambut yang dapat mengandung silikon berat, minyak, dan lilin.

Jika kita berjerawat di sekitar garis rambut atau di dada dan punggung, ini bisa menjadi tanda bahwa perawatan rambut adalah masalahnya. 

Untuk itu, kita perlu memililih produk perawatan rambut berlabel non-komedogenik bila memungkinkan, dan pastikan untuk mencuci tubuh kita setelah keramas untuk memastikan kita benar-benar menghilangkan residu yang tersisa.

2. Ponsel 

Apakah jerawat-jerawat kita berkerumun di pipi? Tepat di mana layar ponsel kita biasa tertempel ke wajah?

Riasan, kotoran, minyak, bakteri, sebut saja, semuanya dapat menempel di layar, dan kemudian berpindah ke kulit setiap kali kita menempelkan ponsel.

Maka dari itu, biasakan menyeka layar ponsel kita sebelum menerima panggilan, atau kita bisa  memilih menggunakan headset atau pun Air Pods.

3. Matras yoga yang kotor

Ada pose dalam yoga yang mengharuskan dahi kita menempel ke matras. Dan jika matras itu tidak bersih, maka kita dapat menempelkan semua kotoran dan keringat di dahi dan menyebabkan jerawat yang tidak diinginkan muncul.

Solusi untuk mengatasi ini, kita dapat meletakkan handuk di atas matras dan mencucinya setelah setiap kali digunakan.

Atau, lebih rajinlah mengelap matras tersebut setelah selesai yoga. Pastikan kita tidak menggunakan pembersih berbahan kimia keras, karena itu juga tidak akan membantu kulit kita. Lalu, pilihlah tisu anti bakteri alami.

4. Sarung bantal yang belum dicuci

Jika kita tidak mencuci sarung bantal dengan rutin, mungkin ini akan menyebabkan jerawat.

Hal ini karena segala jenis riasan yang tertinggal di kulit, ditambah dengan residu dari produk perawatan kulit, dan sel-sel kulit mati, dapat terperangkap di dalam sarung bantal dan akhirnya mengendap kembali ke kulit saat kita tidur.

Selain mencuci sprei secara teratur, pertimbangkan alasan lain untuk selalu mencuci muka secara menyeluruh sebelum tidur. 

5. Terus-menerus menyentuh wajah

Kita semua menyentuh wajah kita, sering kali tanpa berpikir. Tapi percayalah, jika kita menerapkan pendekatan sadar dan lepas tangan, kulit kita tentu akan berterima kasih.

Jika kita memiliki jerawat, tahan keinginan untuk memencetnya, karena justru dapat menyebarkan bakteri, belum lagi kemungkinan jaringan parut dan perubahan warna karena hal itu.

Dan jika kulit kita bersih dan sedang tidak berjerawat, maka jagalah dengan tidak menyentuh wajah, karena setiap kali melakukannya, itu sama saja kita memindahkan kuman, kotoran, minyak, dan entah apa lagi langsung ke kulit kita melalui tangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/05/174228420/ketahui-5-penyebab-tak-terduga-kulit-wajah-alami-breakout-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke