Salin Artikel

8 Tanaman Gantung Indoor yang Cocok untuk Interior Rumah

KOMPAS.com - Selain mudah dirawat, tanaman gantung juga dapat mempercantik setiap sudut ruangan yang ada di dalam rumah kita.

Tak hanya itu, beberapa varietas tanaman gantung ternyata dapat memberikan kesan yang teduh dan menyegarkan seakan membawa kita kembali ke alam.

Nah, bagi yang ingin mulai menanam atau merawat tanaman gantung, berikut sejumlah rekomendasi yang dapat disimak, seperti yang dilansir dari laman Better Homes & Gardens.

1. English ivy

English ivy (Hedera helix) merupakan tanaman gantung yang unik karena memiliki daun yang subur dan mengilap baik di dalam maupun di luar ruangan.

Tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman indoor terbaik untuk cahaya rendah, tetapi akan tumbuh lebih penuh dalam cahaya yang lebih terang.

English ivy biasanya muncul dalam sejumlah varietas yang menawarkan bentuk dan warna daun yang berbeda.

2. Spider plant

Spider plant (Chlorophytum comosum) atau yang juga dikenal dengan lili paris memiliki daun yang melengkung dengan anggun.

Tanaman gantung dalam ruangan yang populer ini dapat menambahkan nuansa hutan yang rimbun ke ruangan yang terang benderang.

Hal ini disebabkan karena dedaunannya yang seperti air mancur dan batang tanaman yang menjuntai keluar dari pusatnya.

3. Pakis boston

Dedaunan pakis boston atau boston fern (Nephrolepis exaltata) yang berbulu menambahkan nuansa rimbun secara instan ke dalam ruangan.

Perlu diingat bahwa tanaman pakis ini menyukai kelembaban. Jadi, kita bisa menyemprotkannya dengan air setiap hari agar daun tidak mengering.

4. Bird's nest fern

Tingkatkan dekorasi kontemporer dengan menggantung tanaman bird's nest fern (Asplenium nidus) di dekat jendela.

Daunnya yang indah dan melengkung dapat berubah bentuk tergantung pada jumlah paparan cahaya.

Tetapi, jauhkan dari sinar matahari secara langsung karena akan membuat daunnya kusut dan menguning.

5. Sirih gading

Mampu beradaptasi dengan sebagian besar kondisi pertumbuhan, tanaman sirih gading atau pothos (Epipremnum aureum) adalah salah satu tanaman hias termudah yang dapat ditanam.

Batangnya yang panjang sangat cocok untuk digantung di dalam rumah dan kita bisa menemukan varietas lain dengan dedaunan yang beraneka ragam.

6. Philodendron

Tanaman gantung yang satu ini juga mudah untuk dirawat. Philodendron tidak keberatan dengan tingkat cahaya yang lebih rendah dan akan bangkit kembali dengan mudah jika kita lupa menyiraminya satu atau dua kali.

Namun, berhati-hatilah karena kita mungkin akan kesulitan memilih philodendron yang memiliki banyak varietas, corak warna dan, bentuk daun.

7. Peperomia

Kadang-kadang disebut rubber plant, peperomia adalah tanaman hias gantung yang mudah untuk dirawat bagi pemula.

Tanaman ini juga terdiri dari berbagai macam varietas dan masing-masing memiliki warna, serta pola dedaunan yang berbeda.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki bentuk yang lebih tegak dan yang lain menggantungkan batangnya di sisi wadahnya.

8. Anggrek bulan

Di alam, tanaman anggrek bulan atau moth orchids (Phalaenopsis) bertengger di cabang-cabang pohon. Dan kita dapat menciptakan efek serupa dengan menggantungnya di dalam rumah.

Bunga-bunga indahnya pasti akan memberikan suasana keanggunan ke dalam ruangan yang terang.

Buat penanam anggrek gantung, tamaman ini sangat cocok untuk memberikan tampilan tanaman yang lebih modern.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/06/170500020/8-tanaman-gantung-indoor-yang-cocok-untuk-interior-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.