Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Anjing Alami Perubahan Suasana Hati? Ini Penjelasannya

Misalnya, ada satu menit kita merasa bahagia dan puas, lalu di menit berikutnya kita mungkin ingin marah dan menangis.

Nah, perubahan suasana hati dari waktu ke waktu ini ternyata tidak hanya dapat dialami oleh manusia saja, tetapi juga bisa terjadi pada anjing peliharaan kita.

Penyebab utamanya

Perubahan suasana hati dapat terjadi pada manusia dan hewan karena sejumlah alasan. Salah satunya yang sangat umum adalah ketidakseimbangan atau bahkan perubahan kadar hormon.

Pubertas, sindrom pra menstruasi, kehamilan, menopause, dan gangguan tiroid adalah semua hal yang dapat memengaruhi suasana hati.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan perilaku, baik di antara manusia maupun anjing.

Pubertas dan perubahan suasana hati

Seperti manusia, sistem anjing dibanjiri hormon selama tahap kehidupan pubertas, dan otak mengalami reorganisasi.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan oleh The Royal Society Publishing berusaha mengukur kesamaan pada anjing usia remaja dengan manusia usia remaja, dalam menanggapi pemilik atau orangtua.

Riset tersebut menyimpulkan, seperti halnya manusia, masa remaja adalah masa kritis dalam kehidupan dan perkembangan anjing.

Apa yang hewan ini alami selama masa remaja dapat memengaruhi hubungan dengan pemiliknya.

Anjing yang menunjukkan keterikatan tidak aman dengan pemiliknya akan menunjukkan lebih banyak tanda kecemasan, terutama pada anjing betina.

Di samping itu, anjing remaja juga terbukti kurang responsif dan patuh kepada pemiliknya selama masa pubertas sama seperti halnya manusia remaja pada orangtuanya.

Karena anjing pada akhirnya tumbuh dari tahap remaja, penting untuk melatih kesabaran selama siklus pubertas anjing, dan pertimbangkan untuk bekerja dengan pelatih anjing selama waktu ini.

Perubahan suasana hati pada anjing betina

Waktu lain di mana seekor anjing mungkin mengalami perubahan suasana hati adalah selama siklus panas atau siklus estrus dari anjing betina yang belum disteril (unspayed).

Seperti namanya, sejumlah besar hormon estrogen diproduksi untuk mempersiapkan anjing untuk kawin, kemungkinan kehamilan, dan untuk membuat diri lebih terlihat dan menarik bagi pejantan untuk tujuan prokreasi.

Rata-rata, pubertas dimulai sekitar enam bulan untuk sebagian besar anjing, di mana anjing betina akan berahi sekali atau dua kali per tahun setelah itu, kecuali jika dimandulkan.

Tanda-tanda perubahan suasana hati

Tanda dan gejala perubahan suasana hati akan bervariasi dari setiap anjing.

Jadi, yang terbaik adalah mengamati perilaku anjing peliharaan kita dari waktu ke waktu dan melakukan yang terbaik untuk mengasosiasikan penyebab, serta pemicu dengan suasana hati tertentu.

Bahasa tubuh anjing juga dapat menjadi indikator yang baik tentang suasana hatinya. Misalnya, seperti apa gerakan dan posisi ekor atau postur keseluruhan tubuhnya.

Selain itu, perubahan fisik pada anjing dapat berhubungan dengan perubahan suasana hatinya, tetapi bisa juga mengindikasikan masalah medis yang lebih serius.

Jika kita melihat anjing peliharaan kita menolak makan, tidur lebih dari biasanya, mudah tersinggung, atau memberi peringatan untuk menjauh saat disentuh, kita harus berkonsultasi dengan dokter hewan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/06/230000820/apakah-anjing-alami-perubahan-suasana-hati-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke