Salin Artikel

Kunci Menemukan Pekerjaan Baru yang Kita Impikan

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan baru ketika masih bekerja di perusahaan kita saat ini adalah sebuah tantangan, apalagi jika atasan atau rekan kerja tahu kita dalam proses wawancara dengan perusahaan lain.

Perlu diketahui, pindah kerja adalah cara yang baik untuk memeroleh pendapatan lebih.

Analisis dari perusahaan Nomura pada 2017 mengungkap, individu yang berganti pekerjaan memeroleh pendapatan sekitar satu persen lebih banyak dibandingkan individu yang bertahan di kantor lama.

Dalam proses mencari peluang baru di perusahaan lain, lima tips ini bisa kamu coba.

1. Tidak langsung memutuskan resign jika kita tidak bahagia

Apabila tugas yang diberikan atasan atau lingkungan kantor membuat kita tidak bahagia, jangan langsung memutuskan untuk mengundurkan diri.

Para ahli mengatakan, kita perlu sedikit menyesuaikan diri dalam bekerja agar kita merasa lebih bahagia.

Berdasarkan analisis global yang dilakukan perusahaan konsultasi manajemen kinerja global AS Gallup, ditemukan sebanyak 51 persen pekerja dari 112.000 unit bisnis tidak merasa bahagia di tempat kerja.

Namun ahli karier menyarankan kita untuk mengandalkan kekuatan atau kelebihan kita agar bisa merasa lebih puas di tempat kerja.

Selain itu, jangan ragu untuk membicarakan setiap masalah yang kita alami dengan atasan.

2. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pindah

Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin sesuai peran kita di kantor namun tidak ada hasil positif, apalagi kita sering diberi tugas yang bukan bidang kita, saatnya mencari pekerjaan baru.

Langkah pertama, kirimkan beberapa pesan kepada jaringan kita.

"Jaringan kita adalah aset nomor satu kita sebagai seorang profesional selama kita berkarier," sebut Blair Heitmann, pakar karier di LinkedIn.

Lalu, buatlah materi lamaran kerja yang menarik agar kita dapat dilirik oleh pihak perekrut.

Di saat kita sudah diterima di perusahaan baru dan siap memberikan surat pengunduran diri, pastikan kita menjaga hubungan baik dengan atasan kita di kantor lama.

Siapa tahu, kita ada niatan untuk kembali bekerja di kantor tersebut suatu saat nanti.

3. Menemukan peluang terbaik

Pekerjaan di bidang sumber daya manusia (SDM) serta keragaman dan inklusi (diversity and inclusion) sedang banyak dicari saat ini.

Berdasarkan data dari situs lowongan kerja Indeed, pekerjaan dalam bidang keragaman dan inklusi bertumbuh 123 persen antara bulan Mei-September tahun lalu.

Tetapi masih banyak industri yang layak dicoba. Pertimbangkan setiap opsi untuk menemukan peran apa yang paling cocok bagi kita.

4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan yang tepat

Pertanyaan umum yang biasa dilontarkan pihak perekrut saat mewawancarai calon pegawai adalah "ceritakan tentang diri Anda."

Menurut pakar karier di layanan resume online Zety, Jacques Buffett, kita harus menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan secara singkat karier dan pencapaian yang sudah kita raih di masa lalu.

Kita juga sebaiknya mengajukan pertanyaan yang tepat kepada pihak perekrut, agar kita bisa memahami budaya perusahaan lebih jelas.

5. Memilih bagaimana kita bekerja

Setelah kita mendapatkan pekerjaan baru, kita mempunyai kesempatan untuk mengatur bagaimana idealnya kita bekerja.

Sebagian perusahaan sedang menyusun rencana untuk meminta karyawan kembali bekerja di kantor.

Namun terlepas dari hal itu, kita bisa bernegosiasi kepada perusahaan jika kita lebih senang bekerja secara remote atau bekerja dari rumah.


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/07/071830020/kunci-menemukan-pekerjaan-baru-yang-kita-impikan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.