Salin Artikel

5 Kesalahan Umum Saat Menghapus Makeup

KOMPAS.com - Menghapus makeup mungkin menjadi salah satu rutinitas yang tidak mengasyikkan bagi sebagian orang, terutama saat sudah larut malam dan kita dalam keadaan lelah.

Meskipun kita terlalu lelah untuk membersihkannya, perlu diingat bahwa tidak membersihkan makeup dengan benar dapat menyebabkan berbagai permasalah kulit wajah.

Nah, agar lebih memahami bagaimana kita harus menghapus makeup, ada baiknya mengetahui apa-apa saja kesalahan dalam menghapus makeup berikut ini.

1. Menggunakan penghapus makeup mata ke seluruh wajah

Penghapus makeup mata bukan hanya sekedar taktik pemasaran, formulanya biasanya jauh lebih berat daripada penghapus riasan wajah biasa.

Meskipun bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan maskara tahan air, tetapi ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat ketika diaplikasikan ke seluruh kulit wajah kita.

2. Menggunakan pembersih biasa untuk menghapus makeup tebal

Produk skincare tidak akan meresap dengan baik jika kulit kita kotor, misalnya karena makeup.

Masalahnya pembersih biasa tidak cukup efektif untuk menghilangkan semua makeup tebal di wajah kita.

Karenanya pakailah pembersih makeup yang tepat untuk setiap jenis riasan. Bila tidak dibersihkan dengan benar, sisa makeup yang masih menempel akan merugikan kulit.

3. Terlalu mempercayai cleansing wipes atau tisu pembersih 

Menggunakan tisu pembersih memang tidak ribet, tetapi ada baiknya jika kita tidak bergantung pada itu saja karena tisu tidak menghapus semua makeup kita secara efektif.

"Jika kita memiliki kulit yang sangat berminyak atau berjerawat, menggunakan tisu pembersih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat," tambah Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City.

"Dan bagi yang memiliki kulit sensitif atau rawan rosacea, beberapa tisu dapat meninggalkan residu bahan kimia yang mengiritasi."

4. Menggosok dengan keras

Sederhananya, kulit wajah kita jauh lebih halus daripada kulit tubuh. Ini berarti bahwa meskipun kita dapat menggosok tubuh kita untuk eksfoliasi, bukan berarti kita bisa menggunakan tekanan yang sama pada wajah.

Menggosoknya dengan kapas dan tisu penghapus makeup secara berlebihan atau terlalu kuat dapat merusak kulit.

Maka dari itu, luangkan waktu beberapa menit ekstra untuk menghapus makeup dengan lembut dengan gerakan melingkar, dan keringkan dengan handuk katun lembut.

Untuk makeup mata, jangan digosok bolak-balik karena bisa mengiritasi mata; gunakan gerakan menyapu satu arah sebagai gantinya, lalu angkat sebelum kita menyekanya lagi.

5. Tidak membersihkan rahang, leher, dan garis rambut

Faktanya, Dr. King mengatakan ini adalah salah satu kejadian paling umum yang dia lihat pada pasiennya.

"Walau banyak orang merias wajah di leher dan rahang mereka di pagi hari, mereka mengabaikannya ketika sudah waktunya untuk membersihkannya," katanya.

Namun area tersebut sangat penting, terutama karena leher adalah salah satu bagian tubuh yang menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/07/080810120/5-kesalahan-umum-saat-menghapus-makeup

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.