Salin Artikel

Ingin Hilangkan Komedo Hitam Gunakan Skincare dengan Kandungan Ini

KOMPAS.com - Komedo hitam termasuk dalam masala kulit yang mengganggu penampilan karena titik-titik hitam kecil bisa membuat warna kulit tidak rata dan permukaan kulit kasar.

Komedo pada dasarnya adalah jerawat akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

"Tidak seperti whiteheads atau komedo putih yang terdiri dari pori-pori tertutup, komedo hitam adalah komedo terbuka dan terpapar udara sehingga teroksidasi dan berwarna gelap," kata Deanne Mraz Robinson, MD, ahli dermatologi.

Menghilangkan komedo dengan cara menekannya memang menghilangkannya sementara, tapi cara ini ustru dapat memperparah kondisi kulit karena membuat pori-pori besar bahkan berkembang jadi jerawat aktif.

Komedo dapat diatasi dengan penggunaan produk yang tepat dengan beberapa rekomendasi kandungan berikut:

1. Benzoil peroksida

"Selain kemampuannya untuk membunuh bakteri penyebab noda pada kulit yang menyebabkan peradangan dan kemerahan, benzoil peroksida dapat membersihkan sel-sel kulit mati penyebab komedo," jelas dokter kulit Erum Ilyas, MD.

"Dengan eksfoliasi yang lembut dan perawatan bakteri pada kulit, benzoil peroksida sangat berguna dalam mengurangi penumpukan di pori-pori yang menyebabkan komedo berkembang," katanya. 

2. Salicylic acid atau asam salisilat

Asam salisilat, sejenis asam beta hidroksi merupakan solusi topikal lain yang bagus untuk mengatasi komedo dan membersihkan pori-pori. Kabar baiknya, asam salisilat dapat ditemukan dalam banyak produk skincare yang dijual bebas.

Karena larut dalam minyak, asam salisilat mampu menembus lebih ke dalam pori-pori di mana asam ini bekerja untuk melonggarkan sel-sel kulit mati dan kotoran, serta dapat mengurangi sekresi sebum yang membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan tidak menonjol.

Simone McKitty, MD, seorang dokter kulit menyarankan untuk menggunakan produk tanpa bilas daripada sabun muka, karena semakin lama kulit terpapar bahan aktif, semakin baik kerjanya.

3. Retinoid topikal

Retinoid menjadi andalan perawatan jerawat yang bekerja dengan cara mencegah pembentukan pori-pori tersumbat dan meningkatkan pergantian sel.

Meskipun untuk beberapa orang pemakaian retinoid bisa membuat kulit kering, tetapi secara keseluruhan dapat ditoleransi dengan baik dan bekerja dengan baik pada komedo.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/08/072811920/ingin-hilangkan-komedo-hitam-gunakan-skincare-dengan-kandungan-ini

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.