Salin Artikel

Cara Mudah dan Sederhana Bikin Tempe Sendiri Rumah

KOMPAS.com - Sebagai masyarakat Indonesia, kita tentunya sudah tidak asing dengan makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai yakni tempe.

Selain bisa dijadikan berbagai macam bentuk makanan, tempe juga merupakan sumber protein yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Meski tempe banyak dijual dan mudah ditemukan di mana-mana, tidak ada salahnya bila kita bisa membuat tempe sendiri di rumah.

Terlebih, di masa pandemi Covid-19, aktivitas kita di luar rumah juga terbatas. Jadi, membuat tempe sendiri di rumah dapat menjadi salah satu ide untuk melepas kejenuhan yang pastinya bermanfaat.

Melansir dari laman Indonesia Baik, berikut adalah langkah-langkah yang mudah dan sederhana untuk membuat tempe sendiri di rumah:

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan untuk membuat tempe seperti biji kedelai, ragi, dan air.

2. Sortir dan pilih biji kedelai yang bagus, lalu cuci dengan air mengalir.

2. Masukan biji kedelai yang sudah bersih ke dalam panci berisi air, kemudian rebus selama 30 menit atau sampai mendekati setengah matang.

3. Kedelai yang sudah direbus direndam selama semalam hingga menghasilkan kondisi asam.

4. Keesokan harinya, kulit arinya dikupas. Caranya, kedelai dimasukkan ke dalam air, kemudian remas-remas sambil dikuliti hingga akhirnya didapatkan keping-keping kedelai.

5. Keping kedelai dicuci sekali lagi dengan cara yang sama seperti mencuci beras.

6. Setelah matang, angkat, lalu dihamparkan tipis-tipis di atas tampah. Ditunggu sampai dingin, airnya menetes habis, dan keping kedelai mengering.

7. Selanjutnya, tambahkan ragi pada kedelai sambil diaduk hingga merata. Ukurannya, 1 kg kedelai menggunakan sekitar 1 gram ragi.

8. Setelah itu, bungkus kedelai yang sudah bercampur rata dengan ragi menggunakan daun pisang atau plastik.

9. Jangan lupa membuat lubang dengan lidi pada bungkusnya agar udara tetap dapat masuk ke dalam bahan tempe dan mulai proses pengeraman kedelai semalaman.

10. Lakukan pengeraman lagi semalaman, sehingga keesokan harinya tempe yang dibuat telah jadi dan siap untuk dikonsumsi.

Rekomendasi tempat belajar membuat tempe

Untuk mempelajari lebih banyak tentang pembuatan tempe yang lebih lengkap, kita juga bisa mengikuti pelatihan di Rumah Tempe Indonesia (RTI).

RTI ini berlokasi di Jalan Raya Cilendek No.27, Cilendek, Bogor, Jawa Barat.

Di RTI akan melihat proses pembuatan tempe yang lebih profesional. Mulai dari bahan-bahan tiba sampai pengemasan dan penjualannya.

Dikutip dari Kompas.com yang tayang pada Selasa (15/9/2020), RTI masih menerima pengunjung atau wisatawan yang hendak belajar membuat tempe di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kalau kunjungan kurang dari lima orang kami masih mempersilakan," jelas pimpinan RTI, Sukhaeri.

Kendati demikian, pengunjung atau wisatawan yang datang haruslah mengikuti protokol yang telah ditetapkan oleh pihak RTI demi keamanan dan kenyamanan bersama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/050500820/cara-mudah-dan-sederhana-bikin-tempe-sendiri-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.