Salin Artikel

6 Tips Perawatan Rambut untuk yang Berhijab

KOMPAS.com - Dikarenakan rambut setiap hari tertutup oleh hijab dan tidak terpapar matahari, polusi, debu dan kotoran secara langsung, bukan berarti kita bisa melewatkan perawatan rambut yang baik.

Justru sebaliknya, rambut yang tertutup jilbab hampir sepanjang hari, seiring waktu akan membuat rambut cenderung mulai kehilangan kelembapan dan teksturnya.

Banyak wanita yang mengenakan jilbab selama bertahun-tahun sering mengeluh bahwa rambut mereka telah kehilangan kilau, volume, dan keindahannya. Bisa jadi ini karena kurang perawatan, bukan karena memakai hijab.

1. Biarkan rambut bernapas

Jika kita mengenakan jilbab sepanjang hari, kemungkinan rambut akan terbungkus atau diikat kencang, sehingga waktu untuk rambut bernapas jauh lebih sedikit.

Langkah pertama agar rambut sehat adalah memastikan rambut bernapas setiap beberapa jam dalam sehari.

Kita dapat membiarkan rambut terurai, menyisirnya dan membiarkannya berada di udara alami. 

2. Jangan malas keramas

Walau rambut tidak terlihat, kita harus tetap mencucinya dengan teratur. Jika tidak, rambut akan gatal karena penumpukan minyak dan kotoran.

Mengenakan jilbab juga cenderung membuat kepala keringat, terutama jika kita tinggal di lingkungan yang panas dan lembab. 

3. Potong rambut secara berkala

Memangkas rambut secara berkala dapat menjaga kesehatan, volume, dan tekstur rambut. Jangan melewatkan potong rambut selama lebih dari enam bulan.

Rambut yang dipotong secara teratur pun dapat menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

4. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

Pastikan kita mengeringkan rambut secara menyeluruh sebelum mengenakan hijab.

Jika rambut basah lalu diikat kemudian tertutup oleh jilbab, itu dapat meningkatkan kemungkinan kerusakan rambut. Saat diikat, rambut basah sering kali menghilangkan minyak alami dan merusak akar.

Rambut basah yang tertutup juga cenderung menyebabkan gatal dan bisa meninggalkan bau yang tidak sedap.

5. Ikuti pola makan yang sehat 

Rambut terdiri dari protein, dan jika rambut rontok berlebihan, jangan langsung menyalahkan hijab, tetapi evaluasi pola makan kita.

Pastikan kita telah mengikuti pola makan yang kaya nutrisi yang sarat dengan protein hewani, vitamin, dan mineral. Pola makan yang baik akan mengurangi kerontokan rambut dan membantu memperbaiki kerusakan.

Demikian pula dengan stres yang memiliki hubungan langsung dengan rambut. Stres tidak hanya dapat membuat rambut rontok, tetapi juga mengurangi volume, membuatnya tidak bernyawa dan tidak menarik.

6. Pilih hijab yang berkualitas tinggi

Pilih bahan hijab yang bebas dari bahan sintetis dan memungkinkan rambut kita bernapas dengan mudah. Pilihlah dari bahan sutra, katun, dan satin karena membuat rambut kita bernapas dan menjaga kelembapannya.

Tidak apa mengikuti semua tren hijab terbaru, tetapi jangan asal-asalan membeli bahan yang akan menambah kesengsaraan rambut kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/130904520/6-tips-perawatan-rambut-untuk-yang-berhijab

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.