Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Soto Daging Santan yang Populer di Indonesia

KOMPAS.com - Soto daging santan adalah salah satu kuliner Indonesia yang sulit ditolak kelezatannya.

Cita rasanya dominan gurih dengan perpaduan potongan daging sapi dan santan kelapa sebagai kuahnya. Meski demikian, resep soto daging sapi santan tidak sama di setiap daerah karena semuanya memiliki ciri khas sendiri.

Perbedaan ini umumnya terletak pada bumbu soto daging sapi santan tersebut, menyesuaikan dengan keragaman daerah masing-masing. Namun, ada beberapa jenis soto berkuah santan yang lebih populer dan dikenal banyak orang.

Alasannya, karena jenis soto daging sapi santan tersebut banyak dijual oleh para pedagang di setiap kota besar.

Apa saja?

Soto daging santan dari Betawi

Siapa yang tak kenal kelezatan soto daging berkuah santan dari Jakarta ini. Selain daging sapi, soto ini juga kadang memakai irisan daging kambing beserta jeroannya.

Kuahnya tergolong kental karena menggunakan santan yang dimasak dengan kemiri, pala, jintan dan ketumbar. Sebagai pelengkap, ditambahkan emping dan acar timun sehingga rasanya semakin kaya.

Coto Makasar

Soto daging kuah santan yang tak kalah populer adalah Coto Makasar. Berbeda dari yang lainnya, jenis soto ini menggunakan buras alias ketupat yang dibalut daun pisang.

Irisan daging sapi dan jeroan termasuk lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat dijadikan isian utamanya. Kuahnya menjadi amat istimewa karena merupakan perpaduan santan kelapa, kacang, tauco dan berbagai rempah lainnya.

Soto Medan

Ciri khas utama soto medan adalah penggunaan daging sapi bagian sengkel dan rempah kapulaga maupun bunga lawang. Adapula yang menambahkan udang sebagai isi maupun kaldu kuahnya.

Biasanya ditambahkan pula perkedel kentang, emping, telur, dan tomat. Selain itu, bisa juga memberikan tauge dan bihun untuk menambah sumber nutrisi dalam semangkuk soto santan ini.

Soto Banten

Soto Banten memiliki kuah yang gurih dan lezat karena penggunaan irisan jeroan. Selain itu, irisan tomatnya juga ikut dimasak dalam kuahnya, bukan potongan segar seperti di daerah lain.

Ciri khas lainnya adalah tambahan kentang goreng yang dipotong dadu dalam isiannya. Meskipun kuah santannya tergolong cair namun gurihnya tetap terasa.

Soto Aceh

Daerah berjuluk Serambi Mekah ini juga punya resep soto daging sapi santan yang tak kalah lezatnya. Kuahnya berwarna kekuningan dengan aroma kapulaga dan serai yang kuat.

Untuk menyantapnya, taburi dengan potongan tomat segar dan bawang goreng. Meskipun kalah populer dengan mie aceh namun kuliner ini amat layak dicoba.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/155858120/5-jenis-soto-daging-santan-yang-populer-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke