Salin Artikel

Peringati Hari Olahraga Nasional, Ini Tips Tetap Fit di Rumah

KOMPAS.com – Berbagai penelitian menunjukkan olahraga rutin memengaruhi seluruh fungsi tubuh, bahkan berpengaruh pada mental seseorang.

Peringatan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September bisa menjadi pengingat masyarakat pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan, terlebih di masa pandemi.

"Olahraga teratur terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan, bahkan kesedihan selama masa-masa sulit ini. Selain itu, olahraga mencegah penambahan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi, termasuk COVID-19 dan flu,” kata dokter ahli kebugaran Allison Casciato dalam siaran pers yang dikirimkan oleh Greenfields.

Bagi yang biasa berolahraga di pusat kebugaran atau yang gemar olahraga berkelompok seperti basket dan sepakbola, mungkin saat ini kamu belum bisa melakukannya secara rutin, mengingat banyak tempat olahraga belum buka dikarenakan aturan PPKM.

Namun hal ini bukan berarti kamu tidak menggerakkan badan untuk tetap bugar. Sebagai pengganti, kamu bisa berolahraga di rumah dan di daerah sekeliling rumah.

Berikut adalah beberapa ide olahraga dari Greenfields yang bisa bantu kamu tetap fit di rumah:

1. Kelas menari online – Selama masa PPKM, banyak loh pusat kebugaran yang menawarkan kelas menari online. Kamu bisa belajar menari di rumah dengan mengikuti kelas menari seperti Zumba, modern dance, senam, dan balet.

Selain seru, mengikuti kelas menari juga menggerakan badanmu dan membakar kalori, sama dengan berolahraga.

2. Yoga – Yoga adalah olahraga yang selain menenangkan, juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki postur, keseimbangan, dan koordinasi.

Walaupun gerakannya tidak intens seperti olahraga lainnya, ada tantangan sendiri saat melakukan gerakan-gerakan yoga. Ada juga gerakan yoga sedernaha untuk pemula kalau sebelumnya kamu belum pernah mencoba yoga.


 

3. High Intensity Interval Training (HIIT).

HIIT adalah metode latihan kardio yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, kurang lebih 10-30 menit dalam satu kali Latihan adalah olahraga kardio atau jenis gerakan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat detak jantung dan memperkuat pernapasan serta membakar kalori yang banyak.

HIIT bisa menjadi solusi untuk kamu yang dapat dilakukan dirumah tanpa memerlukan alat-alat olahraga atau ruangan yang luas.

Selain berolahraga, jangan lupa juga untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang baik agar bisa memperbaiki sel-sel otot yang sudah bekerja.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/194509620/peringati-hari-olahraga-nasional-ini-tips-tetap-fit-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.