Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zhao Wei, Brand Ambassador Fendi Dicekal, Apa Penyebabnya?

KOMPAS.com – Tindakan keras Beijing terhadap industri hiburan China terus berlanjut.
Zhao Wei, salah satu aktris paling terkenal di China dan wajah dari Fendi, tampaknya ikut dicekal oleh lembaga pemerintah.

Pada Kamis malam di Beijing, nama Zhao telah dihapus dari semua karya yang dibintanginya, termasuk “My Fair Princess,” salah satu drama TV Tiongkok populer di platform video Tiongkok seperti Tencent Video, iQiyi, dan Youku.

Tagar "Zhao Wei Topic Banned" atau "Topik Zhao Wei Dilarang" menjadi berita trending teratas di Weibo.

Masih belum jelas mengapa Zhao menjadi target dalam hal ini. Namun, beberapa orang di Weibo menduga bahwa hal itu mungkin terkait dengan tindakan keras China terhadap Jack Ma dan Alibaba.

Pekan lalu, Zhou Jiangyong, sekretaris Komite Partai Kota Hangzhou, diselidiki atas dugaan “pelanggaran serius terhadap disiplin dan hukum.”

Zhou adalah orang dekat Ma, begitu pula Zhao dan suaminya, pengusaha Huang Youlong. Pasangan ini membeli saham di Alibaba Pictures pada tahun 2014, yang menghasilkan keuntungan puluhan juta dolar.

Ada juga spekulasi bahwa dia dihukum karena dampak sosial negatif yang disebabkan oleh Zhang Zhehan, seorang selebriti yang berada di bawah agensinya.

Zhang ditolak minggu lalu karena berbagi foto dirinya di kuil Yasukuni dan Nogi yang kontroversial di Tokyo.

Kuil ini dianggap sebagai lokasi tabu untuk dikunjungi oleh orang China karena kedua tempat tersebut dainggap terkait dengan kekejaman militer Jepang.

Zhao sendiri juga pernah dikritik pada tahun 2001 karena mengenakan gaun yang menyerupai bendera Matahari Terbit Jepang dalam editorial mode L'Officiel China.

Hal ini dikarenakan bendera tersebut digunakan oleh militer Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II. Bendera tersebut dianggap sebagai hal yang ofensif oleh orang-orang di Tiongkok dan Korea Selatan.

Hingga saat ini media milik pemerintah China belum menanggapi masalah tersebut, dan Fendi juga belum memberikan komentar.

Seperti yang diketahui, tahun lalu, Fendi menunjuk Zhao Wei sebagai brand ambassador untuk China. Dia tampil di sampul majalah Vogue China edisi Agustus 2021, mengenakan koleksi musim gugur yang dirancang oleh Kim Jones.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/10/150029220/zhao-wei-brand-ambassador-fendi-dicekal-apa-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke