Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jam Saku Mafia Legendaris Al Capone Siap Dilelang

KOMPAS.com - Pada 21 April 1986, reporter terkenal AS Geraldo Rivera memandu siaran langsung program sekitar dua jam yang bernama "The Mystery of Al Capone's Vaults".

Tidak kurang dari 30 juta pemirsa menonton acara spesial tersebut untuk mengetahui pembongkaran jalan bawah tanah rahasia di Lexington Hotel.

Ada dugaan, ruangan bawah tanah itu pernah dijadikan tempat persembunyian mafia kelas kakap Al Capone, sekaligus tempat penyimpanan harta.

Namun setelah dua jam Rivera dan tim melakukan pencarian, tidak ditemukan apa pun di jalan bawah tanah tersebut, kecuali puing-puing.

Lalu di manakah kekayaan yang sudah dikumpulkan bos mafia itu selama bertahun-tahun?

Jawabannya ada di keturunan Capone. Baru-baru ini, cucu-cucu Capone menjual pisau saku milik kakeknya yang bertahtakan berlian dan pistol Colt .45 di pelelangan.

Di antara barang-barang itu, ada satu jam saku Patek Philippe berbahan platinum milik "The Scarface" --julukan mafia tersebut.

"Kami memutuskan untuk menjualnya karena kami semakin tua," kata Diane Patricia Capone, cucu perempuan tertua Al Capone.

"Kami baru saja memutuskannya karena kamilah yang tahu sejarah tentang barang ini, kami hidup dengan barang ini dan mengetahui cerita-cerita di baliknya."

"Jika sesuatu terjadi pada salah satu dari kami, tidak ada orang lain yang tahu barang-barang ini milik siapa, serta kisah di balik beberapa barang ini," tambah Diane.

"Al Capone adalah tokoh sejarah yang paling banyak dibicarakan di dunia kriminal, dan barang-barangnya terjual dengan harga tinggi," kata Timothy Gordon dari Antiques Roadshow.

Pada 2017, jam tangan berhias berlian milik Capone terjual seharga 84.375 dollar AS atau setara Rp 1,1 miliar.

Kemudian di tahun 2014, balai lelang Sotheby's menjual barang lain Capone, yakni cocktail shaker perak buatan tahun 1932 seharga 68.500 dollar AS (sekitar Rp 972 juta).

Sementara jam saku Patek Philippe dengan cetakan monogram dan 90 batu berlian yang sempat dipegang oleh cucu Capone diperkirakan akan terjual seharga 700.000 dollar AS atau lebih kurang Rp 9,9 miliar.

Jam tangan ini akan dilepas pada 8 Oktober mendatang dalam acara lelang bertajuk "A Century of Notoriety: The Estate of Al Capone."

"Item ini akan menjadi yang paling disorot dan harganya bisa melebihi harapan tertinggi kami," jelas Brian Witherell, pendiri rumah lelang Witherell.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/10/195755820/jam-saku-mafia-legendaris-al-capone-siap-dilelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke