Salin Artikel

Kenali, 7 Tanda Rekan Kerja Cemburu pada Kita

KOMPAS.com – Cemburu adalah hal yang normal dan bisa terjadi kapan saja, di mana saja, termasuk di tempat kerja.

Terkadang, saat kita mendapat pengakuan lebih dari atasan karena ide dan pekerjaan kita yang cemerlang, beberapa rekan kerja akan merasa cemburu.

Ini tak bisa dibiarkan. Sebab, rekan kerja yang cemburu bisa berpotensi menghancurkan karir kita.

Untuk itu, kita perlu mengetahui tanda-tanda rekan kerja yang cemburu, seperti berikut ini.

1. Terlalu sibuk untuk membantu kita

Kita adalah seorang team player. Namun, saat membutuhkan bantuan, ia selalu menghindar dengan mengatakan bahwa ia “sibuk.”

Ini adalah tanda bahwa ia cemburu pada kita. Dan jika ia mengeluarkan komentar sinis, tandanya kecemburuan mereka semakin parah.

2. Mengolok-ngolok pujian yang diberikan pada kita

Jika kita dipuji atasan namun rekan kerja malah mengolok-ngolok kita, itu adalah tanda kalau ia sebenarnya cemburu.

3. Tidak mengundang kita ke kegiatan apapun

Saat rekan kerja mengajak orang lain untuk makan siang bersama atau ke acara sosial lainnya tanpa mengajak kita, bisa jadi ada sesuatu yang salah.

Namun, biarkan saja, dan cobalah untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membentuk kita menjadi lebih positif.

4. Membicarakan hal buruk tentang kita diam-diam

Hal ini sering terjadi. Biasanya, orang yang membicarakan kita diam-diam juga akan menyebarkan gosip ke setiap orang yang ditemuinya.

Jika sudah begini, kita harus memilih apakah akan mengabaikannya atau menghadapinya. Lalu, kita harus tetap tenang dan tidak membiarkan hal ini membuat kita sakit hati,

Ingat, kita tetap harus melakukan yang terbaik dalam pekerjaan kita dan memelihara hubungan baik dengan atasan dan buktikan kalau semua gosip buruk itu tidak benar.

5. Selalu tidak setuju

Jika mereka cemburu, kemungkinan besar mereka akan selalu tidak menyetujui apapun ide kita.

Mungkin ketidaksetujuan mereka akan terlihat sangat jelas, seperti dalam rapat. Namun, kita tak perlu melakukan hal yang sama, dan bisa mencoba melihat perspektif serta mencoba ide mereka.

6. Mengabaikan kita

Beberapa orang mungkin memperlihatkan kecemburuan mereka secara terang-terangan, dengan mengabaikan kita saat berbicara-misalnya. Orang-orang seperti ini akan menganggap seakan kita tidak ada.

Cara terbaik untuk menangani rekan kerja seperti ini adalah berbicara seperlunya. Sapa saja sesekali dan pastikan untuk bercakap-cakap seperlunya.

7. Menyabotase pekerjaan kita

Jika kecemburuan sudah sangat parah, rekan kerja bisa saja mencoba untuk menyabotase pekerjaan kita, seperti menghancurkan atau dokumen penting.

Untuk menghadapinya, selalu back up dan copy semua dokumen penting untuk berjaga-jaga.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/17/075720220/kenali-7-tanda-rekan-kerja-cemburu-pada-kita

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.