Salin Artikel

Apakah Memasak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita menyukai makanan yang diolah dengan cara digoreng, karena sensasi renyahnya yang menambah kelezatan suatu hidangan.

Namun, akhir-akhir ini alat penggorengan tanpa minyak alias air fryer menjadi pilihan favorit karena diklaim lebih sehat bagi tubuh.

Lalu, apakah pernyataan tersebut benar adanya? Dan bagaimana cara kerja air fryer dalam menggoreng makanan kita?

Terlepas dari namanya, air fryer sebenarnya tidak secara teknis menggoreng makanan, karena peralatan ini bekerja dengan meniupkan udara panas di sekitar wadah yang berisi makanan.

Hasilnya, kentang, sayuran, dan makanan lainnya menjadi cepat garing di bagian luar sementara tetap lembap di tengahnya.

Hal inilah yang membuat hasil gorengan menggunakan air fryer tidak sesempurna menggoreng menggunakan minyak dalam wajan.

Beda menggoreng dengan memasak menggunakan air fryer

Sejujurnya, memasak dengan air fryer tidak akan menghasilkan tekstur yang sama seperti menggoreng dengan minyak panas.

Meski begitu, hasilnya akan tetap lebih renyah dibanding bila kita memanggang atau mengukus makanan.

“Memasak dengan air fryer menciptakan tekstur renyah yang kita cari, tanpa minyak apa pun,” kata ahli diet Julia Zumpano RD.

Lalu apa yang salah dengan minyak goreng?

Minyak mengandung lebih banyak kalori, walau disebut minyak yang sehat seperti minyak zaitun dan minyak alpukat.

Bila dibandingkan, lemak (seperti minyak goreng) mengandung lebih dari dua kali kalori protein atau karbohidrat.

Nah, saat kita menggoreng makanan, kalori itu bisa bertambah dengan cepat. “Sekedar menumis saja bisa memberikan tambahan kalori dari minyak, apalagi menggoreng hingga makanan terendam minyak,” kata Zumpano.

Makanan yang digoreng juga bisa mengandung lemak trans dalam jumlah tinggi. Lemak trans adalah minyak terhidrogenasi parsial yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Makanan yang digoreng dari restoran kemungkinan besar mengandung minyak yang mengandung lemak trans.

“Yang pertama perlu diketahui adalah kita bisa memasak hampir semua makanan menggunakan air fryer,” kata Zumpano.

Berikut apa yang harus dilakukan (dan dihindari) untuk menghasilkan makanan lezat tanpa minyak.

Baca manualnya

Beberapa air fryer terlihat seperti oven pemanggang roti dengan wadah untuk meletakkan makanan. Ada juga yang mirip penggorengan dengan keranjang gantung di dalamnya.

Keduanya bekerja dengan cara yang sama, tetapi cara menggunakannya mungkin berbeda. Karenanya lebih baik membaca panduan pemakaian sebelum memulai.

Membuat daging yang renyah

Sebagai alternatif yang lebih sehat dibanding ayam goreng, cobalah memasak ayam yang dilapisi tepung menggunakan air fryer sebagai gantinya. Ikan juga enak dimasak menggunakan alat ini.

“Lapisi potongan ikan dengan tepung gandum, sereal gandum, atau tepung lain yang kamu suka. Hasilnya adalah ikan yang yang renyah di luar dan matang dengan sempurna di bagian tengah,” ujar Zumpano.

Memasak sayuran

Sayuran yang dikukus biasanya terasa sedikit beruap. Bagaimana dengan sayuran hasil air fryer?

Kita dapat menggunakan alat ini untuk memasak sayuran segar maupun beku menjadi semacam keripik yang renyah — camilan penuh nutrisi yang memuaskan hasrat ngemil kita.

Tip tambahan: Campur sayuran dalam sedikit minyak zaitun atau minyak alpukat agar tidak terlalu kering.

Kentang goreng yang tidak digoreng

Kentang yang dipanggang di oven perlu waktu lama untuk matang, dan sulit untuk menjadi renyah sempurna. Nah air fryer sangat bagus untuk memasak kentang menjadi renyah.

Umumnya kentang akan menjadi lembek bila dimasak di oven atau digoreng sebentar, sedangkan air fryer bisa membuatnya lebih kering. Namun aturlah waktunya dengan tepat agar tidak menjadi terlalu keras.

Hindari cairan

Menambahkan cairan ke air fryer dapat menyebabkan makanan menjadi basah dan menghasilkan kerak di bagian bawah alat.

“Karenanya hindari bumbu dan saus yang akan menetes,” kata Zumpano. “Sekedar melapisi dengan minyak tipis tidak apa-apa, asal jangan sampai basah kuyup.”

Perhatikan waktu memasak

Air fryer memasak dengan cepat. Ini membuatnya praktis dan hemat waktu. Tapi ingat, makanan bisa berubah menjadi gosong dan keras dalam sekejap mata dan tentu tidak enak.

Jadi perhatikan waktu masak yang tepat, dan sesekali tengok apakah makanan sudah cukup matang. Kebanyakan air fryer bisa dibuka saat kondisi memasak sehingga kita bisa mengetahui kematangan masakan.

Pilihlah makanan dengan bijak

Memasak dengan air fryer mungkin lebih baik untuk kesehatan dibanding menggoreng dengan minyak. Tapi ingatlah, semua itu tergantung pada apa yang kita masak.

Air fryer tidak akan secara ajaib menghilangkan lemak jenuh dari daging atau lemak trans dari sayap ayam olahan. Untuk menuai manfaatnya, pilihan bahan makanan yang sehat seperti sayuran dan protein.

“Intinya, memasak dengan air fryer adalah pilihan yang lebih sehat karena pada dasarnya menghilangkan minyak tambahan, tapi kita tetap harus bijak memakainya,” kata Zumpano.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/18/205724020/apakah-memasak-dengan-air-fryer-lebih-sehat

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.