Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merek Busana Muslim Vivizubedi Ekspansi ke Timur Tengah

KOMPAS.com – Merek busana muslim lokal Vivizubedi milik desainer Vivi Mar’I Zubedi memperluas pasar Timur Tengah dengan membuka cabang di ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Melalui kampanye #StrengthenLocalModest, Vivi memilih kota Riyadh sebagai cabang pertamanya di luar negeri.

Dijelaskan oleh Vivi, koleksi Vivizubedi selama ini cukup laris di Timur Tengah karena menawarkan desain dan motif yang berbeda dengan abaya lokal atau gamis Arab.

“Kalau abaya di Saudi itu kan umumnya satu warna saja. Nah, inovasi Vivizubedi ini begitu unik karena satu set lengkap dengan motif yang sama. Selain itu juga kita menghadirkan detail-detail embroidery, VZ monogram, tapi bentuknya tetap abaya. Secara syariat juga memenuhi, sehingga respon pasar sangat luar biasa,” katanya.

Dia mengatakan, koleksi yang paling laris adalah abaya dengan set lengkap hijab, ciput, dan belt bermotif senada.

Selain itu, koleksi Vivizubedi saat ini juga dijual secara online melalui platform belanja di Australia.

Berbeda dengan perempuan Timur Tengah, menurut Vivi, pasar Australia lebih menyukai scarf dengan motif yang atraktif.

Semangat Vivizubedi memperkenalkan modest fashion Indonesia ke kancah internasional ini tak lain karena besarnya potensi fesyen muslim Tanah Air. Menurut Vivi, Indonesia layak menjadi kiblat modest fashion Muslim dunia.

Dengan kekayaan budaya dan etnis, ditambah dengan proses pembuatan yang handmade, desain karya desainer Indonesia memiliki nilai lebih.

“Berdasarkan pengalaman saya, mereka sangat apresiatif dengan karya-karya Indonesia karena unsur-unsur ini,” urai Vivi yang saat ini menjabat sebagai Ketua PKK Kota Banjarbaru, yang mendampingi suaminya yang bertugas sebagai walikota.

Sebelum membuka cabang di luar negeri, merek Vivizubedi yang berdiri sejak 2011 ini telah memiliki fondasi yang solid di negeri sendiri.

Vivi telah berhasil #StrengthenLocalModest dengan membuka 9 cabang butik yang tersebar di seluruh Indonesia: Aceh, Medan, Padang, Banjarbaru, Jambi, Samarinda, Makassar, Bukittinggi, dan Jakarta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/23/180308720/merek-busana-muslim-vivizubedi-ekspansi-ke-timur-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke