Salin Artikel

4 Tips Aman Pakai Uang Digital agar Tak Tertipu

Meski demikian, menggunakan uang digital ternyata juga masih rentan terhadap tindakan penipuan (scamming) melalui pesan teks (SMS) atau pun telepon.

Keadaan ini jelas membuat kita untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaga keamanan uang digital.

Nah, melihat masalah ini, Head of Strategic Merchant Acquisition di ShopeePay, Lala Eka Nilam membagikan beberapa tips aman menggunakan uang digital, agar terhindar dari penipuan.

1. Background checking

Penipuan sering kali terjadi melalui SMS atau telepon dengan nomor asing yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Untuk menghindarinya, Lala pun menyarankan para pengguna uang digital memastikan kebenaran informasi dan latar belakang perusahaan yang menyediakan layanan uang digital yang digunakan.

"Pastikan untuk mengecek website resminya terlebih dulu. Biasanya, setiap perusahaan akan mencantumkan segala bentuk informasi dan identitasnya di website resmi."

Demikian penjelasan Lala saat Virtual Media Luncheon Bersama ShopeePay - Kupas Tuntas Uang Digital, Kamis (23/9/2021) kemarin.

Selain itu, Lala juga mengatakan, para pengguna uang digital bisa memanfaatkan aplikasi pencarian kontak untuk mengetahui identitas perusahaan atau individu yang mencoba melakukan penipuan.

2. Gunakan password yang kuat

Saat proses registrasi, sebaiknya kita menggunakan kata sandi (password ) yang kuat, dan jangan pernah membagikannya kepada orang lain, termasuk pihak layanan penyedia uang digital yang kita gunakan.

"Gunakan password yang kuat dengan menghindari pemakaian angka yang berurutan, angka yang sama, atau angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir," sebut dia.

"Ketika proses registrasi berlangsung, penyedia layanan uang digital tidak mengetahui data-data yang dipakai pengguna. Jadi, jangan pernah membagikannya ke siapa pun," lanjut dia.

Untuk mematikan keamanan semakin terjaga, ganti password secara berkala demi terhindar dari aksi pencurian atau pembololan uang digital maupun data.

3. Tidak membagikan kode OTP

One-time password atau (OTP) merupakan kode password bersifat sementara yang biasanya dikirimkan melalui SMS, WhatsApp, maupun email.

Dan, ini menjadi salah satu cara penipuan yang sering terjadi yakni dengan meminta kode OTP agar penipu dapat mengakses akun uang digital kita.

Lala pun menegaskan agar kita lebih berhati-hati dalam menjaga akun dan uang digital dengan tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun.

Aturan ini pun tetap berlaku tehadap pihak penyedia layanan uang digital sekalipun.

4. Manfaatkan fitur keamanan lain

Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula fitur-fitur keamanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan uang digital.

"Di ShopeePay, kami memiliki fitur keamanan seperti fingerprint atau face recognition yang langsung dapat diaktifkan setelah proses registrasi," kata Lala.

"Fitur-fitur tersebut sudah bisa diakses melalui tombol pengaturan di halaman ShopeePay, dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penipuan," sebut Lala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/24/104006920/4-tips-aman-pakai-uang-digital-agar-tak-tertipu

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.