Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengecilkan Paha Secara Alami, Tanpa Diet

Sayangnya, kita tidak menurunkan berat badan di area paha atau satu area tertentu saja. Menurut Women's Health, untuk mengecilkan paha, misalnya, kita harus menurunkan persentase lemak tubuh secara keseluruhan dengan mengombinasikan pola makan sehat dan olahraga.

Secara umum, menghilangkan lemak dilakukan dengan menerapkan defisit kalori. Setelah lemak tubuh kita mulai berkurang, kita bisa sambil berupaya membentuk tubuh dengan membangun otot di area tubuh tertentu, termasuk paha.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan asupan makanan tinggi kalori (seperti makanan tinggi lemak dan tinggi gula) dan penurunan aktivitas menyebabkan ketidakseimbangan energi.

Ketidakseimbangan energi ini adalah penyebab mendasar dari kenaikan berat badan.

Nah, di mana lemak ini disimpan dapat dipengaruhi faktor genetik.

Sebuah studi menemukan bahwa penyimpanan lemak tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, terutama pada wanita.

Wanita biasanya menyimpan lemak di area pinggul, perut bagian bawah, dan paha bagian dalam. Sementara pria utamanya menyimpan lemak di perut, tetapi tidak sepenuhnya lepas dari lemak paha bagian dalam.

Cara mengecilkan paha secara alami

Ada beberapa cara mengecilkan paha yang dapat kita terapkan, termasuk melalui prosedur medis yang dilakukan oleh profesional.

Namun, kita bisa berupaya menghilangkan lemak paha dengan menerapkan strategi hidup sehat di rumah, seperti menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Berikut sejumlah cara mengecilkan paha secara alami yang dapat kita terapkan:

Melansir Medical News Today, latihan kekuatan dilakukan untuk membangun kekuatan dan daya tahan otot.

Dengan latihan kekuatan, kita bisa membangun massa tubuh tanpa lemak sekaligus membantu mengurangi lemak tubuh.

American College of Sports Medicine merekomendasikan delapan hingga 10 latihan multi-sendi dua atau tiga kali seminggu.

Latihan multi-sendi maksudnya melatih berbagai otot secara bersamaan, sehingga kita bisa membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Latihan kekuatan multi-sendi yang dapat membantu mengencangkan dan membentuk otot kaki meliputi squat, deadlift, lunge, leg press menggunakan mesin di pusat kebugaran, hamstring curls, dan lainnya.

Menjalankan latihan aerobik bersama latihan kekuatan secara rutin dapat menjadi cara mengecilkan paha yang lebih efektif.

Latihan aerobik untuk mengecilkan paha dapat termasuk lari, bersepeda, renang, menari, dan jalan cepat.

Ingin membakar lemak lebih banyak? Cobalah jalan kaki atau lari di permukaan yang menanjak. Jika tak menemukannya di lingkungan sekitar, kita bisa melakukan naik-turun tangga atau mengatur kemiringan di mesin treadmill.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Diabetes Research mengungkapkan bahwa olahraga intensif dengan periode singkat, seperti sprint, dapat secara efektif mengurangi lemak tubuh, sama efektifnya dengan menjalani olahraga intensitas moderat dengan periode yang lebih lama.

Secara umum, seseorang akan berhasil menurunkan berat badan jika membakar lebih banyak kalori daripada yang diasup.

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu. Sebab, banyak jenus makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran, biasanya rendah kalori.

Untuk target mengecilkan paha dan menurunkan berat badan secara keseluruhan, National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan untuk memperbanyak jenis makanan berikut:

  • Beragam sayur dan buah.
  • Gandum utuh, seperti roti gandum dan nasi cokelat.
  • Protein dari sumber yang kaya, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan telur.
  • Lemak sehat, seperti minyak zaitun.

Memperbanyak makanan tinggi serat juga dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencernanya, sehingga kita akan kenyang lebih lama.

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan menerapkan diet rendah karbohidrat, yang menekankan makanan rendah karbohidrat dan kaya protein serta lemak sehat.

Investigasi apakah diet rendah karbohidrat lebih efektif daripada pola makan lain dalam mendukung penurunan berat badan memberikan hasil yang beragam. Namun, beberapa penelitian mendukung efektivitasnya.

Jadi, diet rendah karbohidrat bisa menjadi alternatif jika sedang mencari cara mengecilkan paha secara alami.

Penting pula untuk mengurangi asupan garam karena konsumsi garam yang tinggi akan membuat tubuh kita menahan air, sehingga menyebabkan tubuh lebih membengkak, termasuk di area paha.

Beberapa aplikasi penghitung kalori dapat dimanfaatkan untuk mencatat asupan makan dan olahraga yang kita lakukan. Aplikasi tersebut juga akan membantu kita mencari tahu jumlah kebutuhan kalori harian dan membantu menjaga asupan tetap pada jumlah tersebut setiap harinya.

Sebab, minum banyak air akan membantu kita melarutkan garam berlebih dan cairan yang tidak kita perlukan di dalam tubuh, sehingga mengurangi kembung.

Minum banyak air juga bisa membantu menekan rasa lapar, karena tubuh sebetulnya sering keliru mengenali rasa haus sebagai rasa lapar.

Dengan berkurangnya rasa lapar, kita akan terhindar dari kebiasaan makan berlebih yang menjadi penyebab kegemukan.

Sebuah studi di 2017 menemukan bahwa partisipan dengan tingkat stres awal yang lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan lebih banyak selama enam bulan dibandingkan dengan mereka yang tingkat stresnya lebih rendah.

Jadi, carilah cara untuk lebih rileks seperti meditasi, pernapasan dalam, latihan relaksasi, atau kegiatan lainnya yang dapat membantu mengatasi masalah stres.

Tidur mengatur berbagai hormon di tubuh kita, termasuk hormon yang memengaruhi rasa lapar.

Leptin dan ghrelin, hormon yang membantu mengatur nafsu makan, keduanya ikut terpengaruh jika kita kurang tidur.

Kurang tidur menyebabkan peningkatan ghrelin, yang merangsang nafsu makan, dan menurunkan produksi leptin, hormon yang biasanya mengurangi rasa lapar.

Jadi, usahakan tidur cukup untuk membantu mengatur produksi hormon. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan tidur tujuh hingga sembilan setiap malamnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/24/165956320/7-cara-mengecilkan-paha-secara-alami-tanpa-diet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke