BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Stella
Salin Artikel

Cukup Pakai Mobil Pribadi, Liburan dengan Keluarga Bisa Tetap Seru, Begini Caranya

KOMPAS.com – Pada masa pandemi, pergi liburan bersama keluarga menjadi hal yang dinanti-nantikan. Pasalnya, sudah lebih dari satu tahun, aktivitas di luar ruangan dibatasi.

Jangankan liburan, aktivitas rutin seperti belajar dan bekerja saja diimbau untuk dilakukan dari rumah demi memutus rantai penularan Covid-19.

Meski demikian, bukan berarti impian liburan harus ditiadakan. Ke depan, masyarakat akan mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru dan tak menutup kemungkinan dapat beraktivitas secara normal, termasuk melakukan liburan. Dengan catatan, seluruh aktivitas dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Oleh karena itu, merencanakan liburan bersama keluarga sah-sah saja. Agar tetap aman, cobalah ide berlibur dengan menggunakan mobil pribadi.

Lantas, seperti apa ide liburan yang seru bersama keluarga menggunakan mobil pribadi? Berikut ulasannya.

Road trip

Liburan ala road trip adalah salah satu alternatif berwisata yang aman di masa pandemi. Pasalnya, road trip dengan naik kendaraan pribadi bisa meminimalisasi kemungkinan bertemu dan kontak langsung dengan orang asing.

Adapun destinasi favorit yang bisa dipertimbangkan untuk melakukan road trip adalah wilayah Jawa Barat (Jabar). Kawasan ini dipilih banyak traveller karena lokasinya tak jauh dari Jakarta. Dengan demikian, Anda dan keluarga bisa singgah ke beberapa destinasi sekaligus dengan waktu yang tak terlalu panjang.

Salah satu destinasi yang bisa dipilih di Jabar adalah Kota Bogor. Kebun Raya Bogor (KRB) dapat menjadi titik singgah pertama. Anda dan keluarga dapat berwisata kuliner sambil menikmati kesejukan udara di jantung Kota Bogor ini. Kemudian, perjalanan bisa dilanjutkan ke kawasan Sentul.

Di Sentul, terdapat jalur trekking ke curug atau air terjun yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Ciburial, Kembar, dan Hordeng.

Namun, jika ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh, Bandung bisa jadi destinasi pilihan. Anda bisa memacu mobil ke kawah Tangkuban Perahu, piknik di Orchid Forest, Cikole, dan mengitari Kota Bandung untuk berburu kuliner.

Nonton bioskop drive-in

Selain road trip, menonton film ala layar tancap dari dalam mobil atau biasa disebut drive-in cinema bisa dijadikan alternatif liburan bareng keluarga.

Kegiatan tersebut dapat menjadi obat rindu bagi masyarakat yang selama Covid-19 tidak bisa menyaksikan film di bioskop.

Tanpa harus banyak kontak fisik dengan orang lain, Anda dan keluarga bisa menikmati film-film apik secara aman. Untuk menikmati drive-in cinema, Anda bisa mengajak keluarga nonton ke Drive-In Senja di Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang.

Film berbagai genre ditawarkan pihak penyelenggara, mulai dari horor hingga petualangan. Lokasi parkir untuk menonton akan dipilihkan berdasarkan ketersediaan tempat atau ketetapan dari pihak penyelenggara.

Pasalnya, penyelenggara tetap membatasi jumlah penonton untuk menjaga keamanan. Ketentuannya adalah 50 persen dari kapasitas mobil serta wajib menerapkan prokes ketat.

Wisata kuliner drive-thru dalam mobil

Liburan menggunakan mobil yang tak kalah menarik untuk dilakukan bersama keluarga adalah berburu kuliner. Namun, selama masa pandemi, masyarakat belum diizinkan makan di tempat.

Sebagai alternatif, Anda dan keluarga tetap bisa menikmati beragam penganan lezat dengan konsep drive-thru atau makan di dalam mobil.

Supaya tidak lama di parkiran atau drive-thru, sebaiknya tentukan dahulu menu, restoran, atau kafe yang ingin dituju.

Agar lebih aman, siapkan pula alat makan dan meja lipat kecil sendiri. Dengan begitu, acara makan di dalam mobil tetap nyaman layaknya di restoran.

Nah, itulah tiga alternatif liburan bersama keluarga dengan mobil pribadi. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Mengingat aktivitas tersebut lebih banyak dilakukan di dalam mobil, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan kuat untuk dibawa bepergian, baik dalam kota maupun luar kota.

Perhatikan kondisi mesin, rem, dan tekanan ban kendaraan Anda. Ada baiknya Anda melakukan servis mobil terlebih dahulu sebelum berangkat.

Setelah memastikan komponen-komponen mobil aman, hal tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kondisi kabin kendaraan. Pastikan kabin mobil dalam keadaan bersih, nyaman, dan tidak terkontaminasi aroma tak sedap agar keluarga tetap nyaman di perjalanan.

Seperti diketahui, bau tak sedap yang kerap tercium di dalam kabin mobil, seperti bau apek, bahan bakar, roti gosong, dan korsleting kabel.

Jika tercium bau-bau seperti di atas segera periksa kondisi kabin mobil, cari sumber bau, dan perbaiki komponen mesin mobil yang kemungkinan rusak.

Kalau aroma tak sedap datang dari kotoran di kabin mobil, segera bersihkan. Bau tak sedap dalam kabin bisa saja disebabkan sisa makanan yang tercecer di karpet dan asap rokok.

Sayangnya, bau asap rokok kerap susah dihilangkan. Ini karena asap terlanjur menempel pada jok dan karpet. Tak hanya itu, asap rokok bahkan bisa masuk ke area sirkulasi udara sehingga baunya sulit dihilangkan.

Cara paling praktis sekaligus efektif untuk menghilangkan bau asap rokok yang membandel di kabin adalah menggunakan air freshener, seperti Stella Clip ‘n Twist After Smoke.

Adapun after smoke fighting formula pada Stella Clip ‘n Twist diklaim mampu mengatasi bau asap rokok membandel dan memberikan keharuman yang segar di interior mobil Anda.

Untuk diketahui, Stella Clip ‘n Twist yang diproduksi Godrej Indonesia ini terdiri dari tiga varian, yaitu Stella Clip 'n Twist After Smoke, Stella Clip 'n Twist Aqua Marine, dan Stella Clip 'n Twist Pink Guava.

Sesuai namanya, cara menggunakan Stella Clip ‘n Twist cukup mudah, yaitu dengan dijepitkan pada ventilasi air conditioner (AC) mobil. Kenop rotating-nya pun bisa diputar secara mudah untuk mengatur intensitas keharuman kabin mobil sesuai keinginan Anda.

Karena didesain secara modern dan slim, pewangi kabin mobil tersebut tidak mengganggu kinerja AC di dalam mobil sehingga tidak menghalangi ventilasi angin.

Sebagai informasi, aroma wangi Stella Clip ‘n Twist mampu bertahan selama 30 hari di dalam mobil. Alhasil, bau tak sedap dan asap rokok dapat hilang. Udara dalam kabin pun tetap harum serta segar.

Anda bisa mendapatkan Stella Clip ‘n Twist tersebut di e-commerce JD.ID dengan diskon khusus dan platform belanja online lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/24/170200120/cukup-pakai-mobil-pribadi-liburan-dengan-keluarga-bisa-tetap-seru-begini

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.