Salin Artikel

Mengapa Anjing Suka Menjilat Benda di Sekitarnya?

KOMPAS.com - Anjing memang hobi menjilati segala sesuatu. Namun, tetap saja kita perlu memantaunya, karena bisa saja perilaku menjilati ini berkaitan dengan adanya masalah kesehatan, bahkan perilaku yang perlu penanganan.

Beberapa anjing menjilat sesuatu karena bosan, tetapi untuk anjing lain, menjilat bisa menjadi kompulsif, memberikan sensasi yang aman dan menenangkan.

Ketika menjilati adalah aktivitas yang merangsang diri sendiri, itu juga bisa menjadi tanda kecemasan atau ketidaknyamanan. Anjing lain dapat menjilat sampai menyebabkan masalah sekunder.

Menjilat karena adanya masalah perilaku

Terkadang, jika anjing kita menjilati banyak hal di sekitarnya ini bisa juga sebagai cara "si anak bulu alias anabul" mengkomunikasikan sesuatu.

Beberapa anjing menjilat karena bosan. Kita dapat membantu mencegah kebiasaan ini dengan memberikan banyak stimulasi dan olahraga. Cobalah bermain lempar tangkap di luar atau berjalan-jalan atau berlari dengan anak anjing kita.

Jika kita merasa jilatan anjing menjadi tidak terkendali, penting untuk mengenalinya sejak dini untuk menghindari masalah lain, karena itu bisa menjadi tanda kecemasan akan perpisahan.

Bila diperlukan, kita bisa meminta bantuan pelatih profesional atau ahli perilaku hewan yang dapat mengevaluasi hewan peliharaan secara menyeluruh.

Perilaku menjilat karena adanya masalah kesehatan

Ketika anjing menjilati segala sesuatu di sekitarnya, itu juga bisa menjadi tanda adanya infeksi atau gangguan pencernaan. 

Jika kita mengabaikan perilaku anjing yang menjilat ini, itu dapat menyebabkan trauma diri, infeksi sekunder, atau perilaku destruktif yang tidak diinginkan.

Mengapa anjing menjilat hal-hal tertentu?

Berikut beberapa penjelasan mengapa anjing senang menjilati benda di sekitarnya:

1. Manusia

Anjing secara naluriah menjilat dan merawat dirinya sendiri. Sama seperti induk anjing akan menjilat dan membersihkan anak-anaknya, beberapa anjing merasa perlu untuk menjilat orang yang disayanginya di dunia.

Entah itu karena tanda hormat atau cinta untuk kita atau agar diberikan sisa-sisa makan siang kita. Menjilati manusia juga memberinya rasa nyaman.

Anjing juga menemukan bahwa kulit kita terasa asin karena keringat setelah sesi olahraga, jadi mereka ingin menjilatnya. 

Anjing juga tahu bahwa menjilati akan mendapatkan perhatian kita, begitu banyak anjing akan menjilat tuannya untuk mengalihkan perhatian kita dari apa pun yang menjadi fokus sehingga kita dapat mengelusnya.

2. Udara

Anjing kita menjilati udara tidak selalu karena mencium bau makanan. Anjing dapat mulai menjilat bibirnya untuk mengantisipasi makanan atau camilan.

Menjilat udara secara berlebihan, bagaimanapun, bisa menjadi hasil dari gangguan neurologis atau kompulsif.

3. Sofa / Furnitur

Meskipun mungkin tampak kotor, keringat manusia atau sisa makanan yang tertinggal di perabotan, bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anabul. 

Anjing juga akan menjilat furnitur untuk menjelajahi lingkungan mereka dan mengamati area tersebut untuk mengetahui aktivitas baru apa pun.

Menjaga furnitur kita bersih dari remah-remah dan membersihkan permukaannya dapat membantu mencegah furnitur kita penuh air liur anjing.

Jika menjilati furnitur tampaknya merupakan aktivitas kompulsif yang terus menerus, cobalah menawarkan mainan yang menyenangkan atau interaktif untuk membuat anjing kita sibuk sehingga mereka tidak dapat merusak sofa atau perabotan lainnya.

4. Lantai atau karpet

Anjing mungkin menjilat lantai atau karpet untuk membersihkan kotoran, tetapi itu dapat menyebabkan perilaku destruktif ketika ia menggigit atau menghancurkan barang-barang. 

Jaga agar anjing kita tetap terhibur dan terstimulasi sepanjang hari untuk memastikan mereka tidak menjilat lantai.

Tawarkan banyak waktu bermain dan juga mainan kunyah sebagai alternatif jika anjing kita tertarik dengan karpet di rumah. Jaga agar lantai tetap bersih dari makanan atau benda, yang dapat menjadi racun bagi anjing atau menyebabkan penyakit.

5. Mainannya

Terkadang anjing akan menjilat mainan mereka untuk sensasi yang menenangkan, terutama setelah mereka bertemu kembali dengan mainan favoritnya.

Menemukan kenyamanan dalam mainan dan lingkungan yang akrab dapat membuat anjing merasa tenang. Oleh karena itu, menjilati mainan mereka dalam jumlah sedang biasanya bukan pertanda masalah yang parah.

6. Anjing lainnya

Anjing yang menjilati anjing lain bisa menjadi manis dan imut. Namun, itu harus dihindari jika dilakukan secara berlebihan, karena juga dapat menyebabkan masalah infeksi.

7. Bagian tubuhnya sendiri

Anjing akan menjilat dirinya sendiri untuk keperluan perawatan, tetapi itu juga bisa menjadi tanda alergi atau kondisi kulit lainnya, terutama jika area tersebut memerah, kehilangan rambut, atau tampak tidak normal seperti biasanya.

Jika kita melihat tanda-tanda ini, hubungi dokter hewan, karena itu bisa menjadi tanda-tanda dermatitis atau peradangan kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/24/182818020/mengapa-anjing-suka-menjilat-benda-di-sekitarnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.