Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Pandemi, Banyak Karyawan Ingin Berpakaian Kasual Nantinya

KOMPAS.com – Pandemi covid-19 membuat banyak hal berubah terutama yang ada kaitannya dengan pekerjaan. 

Seperti diketahui, sebagian besar perusahaan di seluruh dunia menerapkan Work From Home (WFH) atau berkerja dari rumah selama pandemi. Hal ini tentu mengubah cara karyawan dalam berpakaian.

Nah, sebuah studi baru yang dilakukan oleh Lululemon di 11 pasar global menunjukkan bahwa pakaian kerja kasual menjadi pilihan banyak orang ke depannya.

Bahkan, beberapa karyawan milenial menyatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan mereka jika mereka dipaksa untuk berpakaian resmi lagi.

Lebih dari 20.000 orang di Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, China, Korea Selatan, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat disurvei secara online tentang pendapat mereka tentang pakaian di tempat kerja.

Menurut penelitian, 81% mengatakan bahwa mereka bekerja lebih baik saat berpakaian nyaman, sementara 76% merasa bahwa pakaian kasual di tempat kerja menciptakan hubungan yang lebih baik di antara rekan kerja.

Bahkan, 38% responden mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan mereka jika aturan berpakaian profesional diberlakukan.

Jumlah ini lebih besar di AS, dengan lebih dari setengah pria muda mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain daripada kembali ke pakaian kerja perusahaan.

Namun, responden dari berbagai daerah juga menyatakan sikap yang berbeda terhadap pakaian kerja.

Di Hong Kong, 66% karyawan yang disurvei mengatakan bahwa mereka percaya pakaian mereka berdampak pada kemajuan karir mereka.

Di AS, 92% pria milenial mengatakan bahwa mereka tampil lebih baik di tempat kerja jika mereka berpakaian nyaman.

“Data ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang menganggap pakaian kerja profesional dapat dan harus fungsional, serbaguna, dan nyaman,"

"Dan ketika ketiganya didapatkan, maka dapat secara positif memengaruhi kinerja, kepercayaan diri, dan banyak lagi,” kata kepala produk lululemon, Sun Choe.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/26/125020020/gara-gara-pandemi-banyak-karyawan-ingin-berpakaian-kasual-nantinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke