Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Sepatu Resmi James Bond, Mulai Dari Oxford hingga Loafer

KOMPAS.com – James Bond mungkin identik dengan tuxedo stylish yang dilengkapi dengan arloji mewah, dan dasi kupu-kupu. Namun, penampilan mereka tak akan lengkap tanpa hadirnya dress shoe atau sepatu resmi di kakinya.

Memang, kini sneaker trendi lebih banyak dipilih karena nyaman dipakai dan sangat cocok untuk di-mix and match dengan berbagai outfit. Namun, dress shoe tetap memiliki pesonanya sendiri.

Nah, sambil menyambut penayangan No Time To Die yang tinggal menghitung jam saja, bagaimana jika kita menengok gaya berdandan seperti James Bond dengan mengenakan dress shoe?

Misalnya, mengenakan beberapa jenis dress shoe yang sering dijumpai dalam film-film James Bond, berikut ini.

Oxford

Bagi yang belum tahu, biasanya sepatu ini memiliki sistem tali tertutup, bagian punggung kaki rendah dan tipis, serta sol non karet (umumnya kulit).

Lalu, semakin sedikit detail sepatunya, penampilan pun akan semakin resmi. Bahkan sepatu Oxford yang digemari adalah jenis wholecut, alias dibuat dari kulit utuh tanpa sambungan.

Nah, Bond sebenarnya sempat terlihat mengenakan beberapa pasang oxford. Misalnya dalam film Skyfall, Spectre dan No Time To Die, Daniel Craig mengenakan sepatu kustom yang dirancang oleh Crockett and Jones.

Brand asal Northampton, kota di Inggris ini memang terkenal akan produksi sepatunya.

Koleksi Oxford milik Crockett and Jones memang dikenal dengan kualitasnya. Bahkan, untuk merayakan penayangan No Time To Die, brand itu merilis sepatu oxford edisi khusus yang dinamai “James.”

Dan sepatu itu memang seperti James Bond, stylish dan superior, dengan bagian luar yang terbuat dari kulit anak sapi yang didapatkan dari penyamakan kulit terbaik Eropa.

Bagian dalam sepatu pun tak kalah menarik, terbuat dari kulit dengan signature Hand Grade Crockett and Jones di bagian sol kulit, yang dilengkapi dengan logo “007” berwarna perak yang juga bisa ditemukan di kotak sepatunya.

Derby

Namun, Bond mampu membuat sepatu ini sangat cocok jika dipadukan dengan berbagai setelan, seperti dark suits, dinner suits dan outfit lain dengan blazer.

Kuncinya, pilihlah sepatu kulit berwarna hitam yang minimalis, dengan sol tipis dan tanpa hiasan di bagian jari kaki.

Meski begitu, ada banyak pilihan sepatu derby dalam berbagai warna, merek, dan model yang bisa kita sesuaikan dengan penampilan kita.

Craig sendiri memilih sepatu derby “Highbury” dari Crockett & Jones saat tampil sebagai James Bond di Skyfall dan No Time to Die. 

Brogue

Ada juga full brogue, yaitu sepatu brogue yang memiliki wingtip toe atau garis jahitan yang terlihat seperti sayap atau huruf "W.” Lalu, ada juga longwing brogue yang memiliki lacing dengan gaya derby.

Jenisnya memang banyak. Namun, jika ingin terlihat paling elegan, pilihlah sepatu dengan sedikit broguing.

Pierce Brosnan adalah aktor Bond pertama yang mengenakan sepatu full brogue. Dalam Goldeneye, ia terlihat mengenakan sepasang brogue dari kulit berwarna coklat walnut yang tidak terlalu formal.

Sebagai catatan, brogue mengacu pada dekorasi pada sepatu. Jadi bisa saja sebuah sepatu boots disebut bergaya brogue jika memiliki dekorasi serupa.

Meski kebanyakan dibuat dalam gaya derby, namun dekorasi brogue juga ditemukan pada jenis oxford dan lainnya.

Sepatu monk-strap

Ya, sepatu yang memiliki gesper logam sebagai pengikat ini memang tidak seformal oxford, namun sedikit lebih formal dibanding derby.

Tak hanya itu, sepatu ini juga bisa membuat penampilan kita terlihat lebih berkelas, dibuktikan dengan penampilan Brosnan yang memadukannya dengan suit Brioni di The World is Not Enough.

Selain itu, Craig juga mengenakan boots bergaya monk dengan double-strap yang dipadukan dengan pakaian mewahnya saat berperan menjadi Bond.

Biasanya, monk strap hadir dengan bahan kulit dan suede. Namun, jika ingin membuat orang lain terkesan, pilihlah bahan kulit.

Loafer

Biasanya, Moore memadukannya dengan kaus kaki, membuat penampilannya terlihat semakin stylish.

Loafer kulit tanpa frill berwarna hitam akan sangat indah jika dipadukan dengan suit bergaya sporty. Namun, jika ingin menggunakannya saat bepergian jauh layaknya James Bond, pilihlah yang meningkatkan rasa nyaman di kakimu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/27/124934720/deretan-sepatu-resmi-james-bond-mulai-dari-oxford-hingga-loafer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke