Salin Artikel

Sneaker Lokal Athletica Raih Sukses dari Tren Berolahraga Masyarakat

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tanpa sengaja menumbuhkan gairah olahraga di masyarakat. Fenomena ini direspon oleh merek sepatu lokal Athletica & Geoff Max dan meraih kesuksesan.

Geoff Max sebelumnya adalah produsen sepatu kasual dari kanvas yang menyasar remaja dan orang muda. Kemudian, sejak pandemi merek ini menambah lini usahanya dengan sepatu dan outfit olahraga.

“Pandemi bikin orang-orang jadi lebih sadar sama kesehatan. Orang-orang yang asalnya enggak suka olahraga juga jadi suka. Sedangkan yang suka jadi makin rajin. Dari situ terpikir untuk membuat brand baru yang fokus pada produk olahraga,” kata Chief Marketing Officer Athletica & Geoff Max, Yusuf Ramdhani dalam webinar Seller Story Shopee 10.10 Brands Festival pada Selasa (28/9/2021).

Yusuf dan co-founder Geoff Max, Fauzan Efwanda, harus memutar otak untuk menciptakan produk olahraga berkualitas. 

Menurut Yusuf,  tolak ukur kualitas sepatu olahraga memiliki banyak aspek, mulai dari bahan, kenyamanan, desain, hingga keamanan pemakaian untuk beraktivitas.

Belum lagi, produk pertama Athletica sempat gagal rilis karena banjir yang terjadi di gudang mereka yang berlokasi di Bandung.

“Sempat down, tapi akhirnya bisa produksi lagi,” ujarnya.

Keunggulan Athletica adalah memiliki bobot sepatu yang ringan, hanya 165 gram, dan mengutamakan kenyamanan. Selain itu, Elastic Knit Upper-nya lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kontur kaki.

Selain itu, ada Endura Heel Tab yang menahan bagian tumit sehingga lebih nyaman ketika bergerak cepat. Untuk bagian sol luar, sepatu-sepatu Athletica menggunakan bahan pylon yang ringan dan lebih responsif ketika berlari.

Pakaian olahraga

Athletica juga mulai mengembangkan produknya ke berbagai produk olahraga lain, seperti sandal, tracksuit, dan jersey, yang bisa didapatkan baik dari toko offline dan toko daringnya di Shopee.

Yusuf mengatakan, Athletica berjuang untuk membuat seluruh produknya menjadi 100 persen lokal.

“Kami ingin menunjukkan potensi produk lokal. Jadi, bahan bakunya ya lokal,” ujarnya.

Untuk pemasaran, Yusuf dan Fauzan memanfaatkan pasar daring karena melihat perubahan pola perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Untuk memperkuat brand awareness, Athletica berkolaborasi dengan Robby Darwis, mantan pesepakbola legendaris Persib Bandung dengan menciptakan produk Athletica x Clasico yang dirilis secara eksklusif di e-commerce Shopee.

Sejumlah rencana sudah dimiliki merek ini, termasuk bisa menembus pasar internasional.

“Lagi siap-siap untuk bisa tembus pasar internasional. Minimal ke Asia sih. Setiap brand pasti ingin dikenal kan. Kita juga ingin nunjukkin kalau brand Indonesia itu ada yang keren,” ujar Yusuf.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/28/183007120/sneaker-lokal-athletica-raih-sukses-dari-tren-berolahraga-masyarakat

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.