Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mudah Mempertahankan Persahabatan ketika Dewasa

KOMPAS.com - Mempertahankan persahabatan semakin sulit dilakukan ketika usia bertambah tua. Kesibukan yang tinggi dan jarak yang membentang jadi beberapa faktor penyebab utamanya.

Interaksi dengan sahabat adalah hal yang amat penting ketika kita masih remaja. Nyaris tidak ada satu hal pun yang tidak dibagikan bersama kawan terdekat kita.

Namun ketika usia bertambah, dibarengi dengan beragam urusan lainnya, maka sulit untuk mempertahankan kedekatan tersebut. Sulit untuk tetap terhubung dan selalu keep up dengan peristiwa terbaru yang terjadi dalam kehidupan sahabat kita.

Semakin sulit ketika pandemi membatasi interaksi dengan orang lain sehingga persahabatan pun terasa semakin renggang.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mempertahankan hubungan persahabatan yang sudah kita miliki. Kita memang harus meluangkan sedikit waktu, namun tidak harus terus-terusan.

Ada beberapa cara mudah yang efektif untuk memastikan hubungan dengan sahabat terdekat tetap terjalin yakni:

Berkirim meme di media sosial

Cara termudah untuk menjaga kedekatan dan kehangatan hubungan persahabatan kita adalah dengan mengirimkan meme di media sosial. Bisa pula dengan video lucu, unggahan artis yang diidolakan dan konten lainnya yang dianggap releven.

Meski terpisah jarak, cara ini akan membuat kita tetap berkoneksi dengan sahabat sekaligus menjaga kehangatan hubungan. Kita bisa menertawakan meme atau membahas konten lewat ponsel masing-masing.

Memberi komentar di media sosial

Cara lainnya untuk mempertahankan persahabatan adalah dengan mengomentari unggahan sahabat kita di media sosial. Bisa berupa cuitan di Twitter, video di Instagram Story atau potret terbaru yang dipajang di feed Instagramnya.

Hal ini membuktikan kepedulian dan minat kita untuk mengikuti perkembangan peristiwa kehidupan mereka. Sesekali sematkan mereka dapat unggahan kita untuk memancing interaksi sekaligus memberitahu soal aktivitas yang kita jalani.

Luangkan waktu sesekali menelepon

Jika ingin mempertahankan persahabatan dan kehangatan hubungan, sebaiknya kita harus memulai kebiasaan untuk menelepon sahabat secara berkala. Luangkan sedikit waktu ketika libur atau break pekerjaan untuk berkomunikasi secara langsung.

Tidak perlu terlalu sering, satu bulan atau dua minggu sekali rasanya sudah sangat cukup. Percakapan via telepon ini mungkin juga bisa mengingatkan kita akan kenangan momen asyik ngobrol di masa lalu.

Sampaikan berbagai hal kecil yang mungkin tidak sempat diceritakan di media sosial atau ketika berkirim teks.

Tanyakan kabar dan kondisi sahabat

Biasakan untuk menanyakan kabar dan kondisi sahabat kita, termasuk kesehatannya baik fisik maupun mental. Tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan kita dalam hal apapun.

Sebuah kata "hai" atau "apa kabar" yang sederhana, sudah cukup untuk memulai percakapan dan memberi tahu bahwa mereka ada di pikiran kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/29/093218620/4-cara-mudah-mempertahankan-persahabatan-ketika-dewasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke