Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Parfum Pria Paling Populer, Mana Kesukaanmu?

KOMPAS.com – Ada ratusan atau mungkin ribuan wewangian untuk pria. Tetapi yang benar-benar ikonik tidak banyak.

Di antara semua aroma yang menakjubkan, mungkin ada kurang dari 50 merek yang bertahan dari waktu ke waktu dan mendapatkan tempat sebagai parfum legendaris.

Jadi, jika kamu seorang pemula yang mencari aroma enak ataupun kolektor wewangian, ada baiknya kamu memulai dengan salah satu parfum ini, karena daftar ini bisa disebut sebagai wewangian pria terbaik sepanjang masa.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui bagaimana para pria mulai menyukai aroma wewangian.

Sejarah parfum

Parfum atau wewangian sebenarnya telah eksis sejak tahun 3000 sebelum Masehi, saat penduduk Mesir Kuno menemukan bahan baku wewangian, seperti mur, melati dan anggur guna mumifikasi atau melakukan pemujaan.

Namun wewangian sebagai pengharum tubuh justru disempurnakan oleh budaya Romawi, Persia dan Arab, sebelum mencapai dunia Barat sekitar abad ke-14, dan menjadi penanda kekayaan dan kekuasaan.

Raja Louis XIV dari Prancis dikatakan memiliki wewangian yang berbeda untuk setiap hari, sementara Ratu Elizabeth I meminta semua tempat umum yang akan didatanginya diberi wewangian karena dia tidak bisa mentolerir bau yang tidak sedap.

Adapun, industri wewangian seperti yang kita kenal sekarang mulai berkembang saat rumah parfum Prancis, Caron, meluncurkan aroma pertama yang ditujukan khusus untuk pria pada tahun 1934.

“Pada pertengahan 1960-an, pria semakin menyukai parfum, dan wewangian inovatif seperti Dior’s Eau Sauvage pun muncul,” kata ahli parfum dan sejarawan wewangian Roja Dove.

Sejak itu, setiap dekade kita melihat tren baru muncul, seringkali sebagai reaksi terhadap tren yang mendahuluinya.

Dari wewangian fougere ('seperti pakis') yang populer tahun tujuh puluhan, aroma bombastis tahun 80-an, wangi jeruk dan laut yang menyegarkan di tahun 90-an, aroma cendana tahun 2000-an, hingga wewangian gourmand yang disukai saat ini.

Parfum pria populer

Di pasaran sendiri, parfum untuk pria beraneka ragam dan memberi kesan yang berbeda-beda, mulai dari segar, hingga sensual.

Pertanyaannya adalah: apa yang harus dipilih? Ini bukan tugas yang mudah mengingat ada ribuan pilihan.

Untuk memberikan jawaban atau setidaknya mempersempit pilihan, berikut adalah daftar wewangian pria terpopuler sepanjang masa, dengan aroma yang menonjol karena orisinalitas, popularitas, serta keunikannya. Mereka yang memiliki penciuman yang baik, pasti akan setuju.

Nah berikut ini, ada berbagai jenis aroma parfum pria, lengkap dengan produk paling populer dari keluarga aroma itu.

Citrusy & fresh

“Bersih, ringan, dan menyegarkan, memberi kesan sporty, sekaligus membangkitkan semangat."

Kalimat di atas adalah deskripsi tepat untuk menggambarkan parfum dengan aroma berbasis jeruk (citrus) yang kesegarannya cocok dipakai saat beraktivitas atau liburan di cuaca yang hangat.

Aroma citrus umumnya dicampur dengan bahan lain untuk membuatnya unik, seperti melati yang terdapat pada Dior Eau Sauvage, atau aroma kayu-kayuan pada Acqua Di Parma Colonia.

Sedangkan merek 4711 By Mäurer & Wirtz (Mülhens) mengandalkan perpaduan citrus, rosemary, dan aroma kayu.

Tidak kalah populer adalah Chanel Allure Homme Sport yang energik, dengan kehangatan dan sensualitas, serta Tom Ford Neroli Portofino dengan paduan aroma lemon Sisilia, bergamot, lavender, dan amber.

Cool & Aquatic

Parfum dengan aroma segar dan mengingatkan pada aroma laut, hadir di tahun 90-an. Umumnya jenis ini memiliki kandungan yang disebut calone, bahan yang kaya akan air layaknya melon.

Hasilnya, parfum seperti ini menjadi wewangian ideal jika ingin aroma tubuh kita tidak terlalu mencolok namun tetap memberi kesegaran. 

Salah satu nama yang tak boleh dilupakan adalah Davidoff Cool Water, parfum paling populer di masanya dengan wangi jeruk, pinus, dan kesegaran air.

Ada juga Acqua Di Gio Pour Homme yang sensual dan Issey Miyake L’eau D’issey dengan campuran aroma dari buah-buahan berair.

Jangan lupakan pula Dolce & Gabbana Light Blue dengan tambahan wangi jeruk dan kayu yang menghasilkan wangi ringan dan segar, serta sedikit pedas.

Floral

Meski aroma mawar, melati, dan violet bukan aroma yang identik dengan pria, parfum seperti ini membuat seseorang terlihat unik dan lebih berpengaruh. Benar-benar sempurna bagi mereka yang percaya diri dan tidak konvesional.

Jika tertarik, cobalah beberapa parfum berikut: Dior Homme dengan aroma bunga yang semarak atau Caron Pour Un Homme yang beraroma lavender dengan tambahan vanila, amber musky, dan kayu cedar, agar lebih macho.

Selain itu ada Eau D’hermes yang menggabungkan wangi bunga dengan jeruk dan rempah, atau Byredo Rodeo, dengan sedikit aroma suede di antara bunga-bunga violet.

Salah satu merek yang menonjol adalah Calvin Klein Ck One, parfum unisex yang sangat laku. Aroma jeruk, bunga, dan kayu nya begitu unik sehingga bisa dipakai semua orang.

Sexy & Spicy

Mayoritas parfum yang memberikan aura seksi merupakan wewangian “oriental” yang kental akan aroma seperti pala, musk, dan melati. Punchy dan sensual, aroma parfum ini sangat cocok untuk acara di malam hari.

Ingin mencobanya? Ciumlah keharuman chypre (paduan citrus, kayu dan lumut) yang digabungkan dengan rempah pada parfum Aramis.

Kamu juga bisa mencoba Viktor & Rolf Spicebomb, atau Paco Rabanne 1 Million, parfum fenomenal yang terjual 1 botol tiap 5 detik di masa jayanya.

Pilihan lain adalah Yves Saint Laurent La Nuit De L’homme, yang dibukadengan wangi bergamot dan kapulaga sebelum aroma kayu-kayuan dan lebih manis muncul. Seperti namanya, wewangian ini ideal untuk aktivitas apa pun setelah gelap.

Lalu Calvin Klein Obsession dengan aroma rempah yang kuat, dan dikenal karena wanginya yang tahan lama.

Sweet & Sensual

Aroma parfum yang manis dan sensual biasanya digambarkan dengan notes yang berasal dari bahan makanan, seperti vanilla, kayu manis, dan cokelat. Karena diasosiasikan dengan nikmatnya makan, parfum ini sangat cocok untuk makan malam romantis.

Tapi ingat, jangan memakainya berlebihan!

Thierry Mugler A*Men adalah contoh yang bagus dari keluarga wewangian ini. Kita bisa mencium keharuman lavender, mint, cokelat, kopi, karamel, nilam, vanila, dan tar dalam komposisi yang pas. 

Ada juga Jean Paul Gaultier Le Male yang mempesona dan menggoda, dengan wangi lavender, cendana, mint, dan vanila, atau L’homme Prada, dengan wangi fougère maskulin tradisional seperti geranium dan neroli dengan iris yang manis.

Selain itu kamu juga bisa memilih Joop! Homme yang diformulasikan sebagai perpaduan aroma kayu dan floral, dengan tambahan bunga jeruk, honeysuckle, dan dasar musky yang manis, sangat menantang bahkan hingga hari ini.

Warm and Woody, kehangatan aroma kayu

Hangat, maskulin, dan bisa dipakai di berbagai acara merupakan wewangian yang identik dengan kayu cendana, kayu cedar dan gaharu.

Bila disusun dengan komposisi yang lebih ringan, parfum dengan aroma ini bisa digunakan kapanpun karena daya tariknya yang universal.

Cobalah parfum Terre D’hermes dengan aroma kayu dan mineral dari grapefruit, pink pepper, geranium, gunflint dan vetiver, atau Dunhill Icon yang menyemburkan wangi jeruk dan lada hitam sebelum tercium keharuman kayunya.

Ada juga Boss Bottled, yang merupakan campuran aroma apel, bergamot, cengkeh, vetiver, dan tiga jenis kayu di atas, atau Tom Ford Oud Wood yang kental dengan aroma kayu.

Rich & Sensual

Jika ingin meninggalkan kesan yang baik dan mendalam, carilah parfum dengan aroma kulit, musk, dan nilam untuk menunjukkan sex appeal dan sensualitas kita.

Knize Ten adalah contoh yang memunculkan wangi yang kaya dan kompleks lewat bahan musk, moss, vanilla dan, tentu saja, kulit.

Pilihan lain adalah Guerlain Jicky dengan aroma musk dan bahan sintetis seperti vanilin, atau Givenchy Gentleman, dengan kombinasi patchouli, vetiver, musk dan kulit, atau Kiehl’s Original Musk dengan aroma floral, kayu dan sangat musky.

Crisp & Green

Meski aromanya masih diperdebatkan, parfum dengan aroma ini umumnya memiliki aroma segar seperti rumput yang berembun. Pikirkanlah aroma daun yang baru dipotong, kayu yang rindang, atau rerumputan.

Jika ingin mencobanya, dapatkan Creed Green Irish Tweed, dengan aroma kuat dari rumput yang dipotong, bunga liar, dan rempah-rempah aromatik,

Pilihan lain adalah Dior Fahrenheit, dengan wangi unik seperti halaman yang dipenuhi jeruk limau, daun violet, citrus, serta belimbing.

Sementara Versace Eros, memberi aroma kayu segar, didukung oleh kombinasi apel hijau dan mint.

Nah yang tidak boleh dilupakan adalah Polo Ralph Lauren dengan keharuman pinus yang segar dengan sedikit tembakau, juniper, hingga melati.

Fresh & Herbaceous

Aroma Fougère (bahasa Prancis untuk 'pakis') biasanya dihasilkan dari notes lavender, geranium dan oakmoss, membuat aromanya menyerupai jerami yang baru dipotong.

Parfum dengan aroma ini cocok bagi pria yang memiliki aura “barbershop.”

Parfum Old Spice, Houbigant Fougère Royale. Mouchoir De Monsieur De Guerlain dan Tabac Original bisa dicoba.

Salah satu wewangian fougere aromatik yang layak diperhitungkan adalah Drakkar Noir dari Guy Laroche, dengan aroma rosemary, artemisia, lavender, basil, lemon verbena, bergamot dan lemon di awal; nada tengah adalah ketumbar, anyelir, kayu manis, juniper dan melati; dan basenotes kulit, kayu cendana, cemara, amber, nilam, oakmoss, vetiver dan cedar.

Sesuaikan dengan situasi

Sama seperti pakaian, parfum pun harus disesuaikan. Misalnya saat kencan, gunakanlah yang seksi dan musky, saat ke kantor hindari aroma yang terlalu kuat dan tajam, lalu pakailah yang ringan untuk sehari-hari.

Kemudian untuk cuaca panas, lebih tepat memakai aroma yang segar seperti aroma citrus atau wangi laut.

Sedangkan aroma yang berat seperti kayu-kayuan, rempah, atau wangi sensual lebih tepat dipakai saat cuaca dingin atau malam hari.

Cari tahu lebih dalam tentang diri sendiri

Sangat disarankan untuk menemukan aroma yang cocok dan bsia menajadi signature kita. Misalnya, notes floral yang cocok dengan pribadi yang memiliki ide cemerlang, aroma laut, rumput, atau lumut untuk para petualang, dan lainnya.

Aroma yang dipilih pun sebaiknya menyesuaikan dengan kepribadian, misalnya citrus untuk yang sporty, wangi kayu untuk yang berkepribadian teguh, rempah untuk pribadi yang hangat, dan seterusnya.

Percaya pada insting

Percayailah insting dan hati. Kadang-kadang orang mengikuti kesukaan orang lain dan melupakan kegemarannya sendiri.

Memang parfum yang disukai banyak orang umumnya wanginya enak. Namun kita semua berbeda, sehingga pilih yang paling kamu sukai.

Selain itu berbelanjalah saat mood baik dan jangan dipaksakan.

Pahami notes

Agar tidak sulit, pahamilah notes, terutama jika mencari aroma yang tepat.
Dengan mampu mengidentifikasi notes yang kita sukai, akan membantu kita untuk menemukan parfum yang paling cocok.

Contoh-contoh keluarga parfum berdasar aromanya di atas bisa dijadikan panduan.

Tetap terhidrasi

Berapa lama parfum menempel di tubuh kita bergantung pada beberapa faktor, termasuk terhidrasi atau tidaknya kulit, dan akan bertahan lebih lama jika kulit terhidrasi.

Jadi, minumlah air dan gunakan pelembap setelah mandi.

Jangan buru-buru

Jika belum menemukan parfum yang cocok, bersabarlah.

Jangan lupa untuk mengetes aromanya di kulit dan biarkan diri beradaptasi dengan aromanya. Hal ini disebabkan karena base notes seperti sandalwood membutuhkan waktu agar bisa tercium dengan benar.

Perhatikan cerita di baliknya

Setiap parfum biasanya memiliki ceritanya masing-masing, dan memahaminya akan membuat hubungan kita dengan parfum semakin dekat.

Aplikasikan dengan benar

Ingat, jangan pernah memakai parfum berlebihan. Sebaiknya, gunakan parfum sebagai light mist, atau aplikasikan di tangan sebelum mengoleskannya ke seluruh tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/29/102907220/parfum-pria-paling-populer-mana-kesukaanmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke