Salin Artikel

4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Kuat

KOMPAS.com - Memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan virus dan penyakit.

Selain menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, memperhatikan kecukupan konsumsi sumber vitamin untuk daya tahan tubuh juga menjadi hal yang penting.

Menurut associate profesor dietetika dan nutrisi, Cristina Palacios, sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan sangat baik dapat menjaga kita tidak terinfeksi.

"Secara umum, nutrisi memengaruhi seluruh tubuh kita. Semua proses tubuh membutuhkan enzim. Banyak vitamin dan mineral membantu enzim bekerja lebih baik," katanya, seperti dikutip situs Florida International University.

Vitamin untuk daya tahan tubuh yang kuat

Kecukupan asupan vitamin tertentu dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh kita dalam melawan penyakit, seperti demam, flu, atau Covid-19.

Berikut asupan sejumlah vitamin untuk daya tahan tubuh yang perlu kita perhatikan:

Menurut MedicineNet, secara umum vitamin C dapat membantu melawan demam atau meredakan gejala demam jika kita mengonsumsinya.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat membantu mengurangi peradangan. Itulah mengapa vitamin C termasuk vitamin yang diresepkan pada pasien Covid-19. Sebab, salah satu gejala Covid-19 adalah peradangan paru-paru.

Melansir Cleveland Clinic, beberapa makanan yang kaya vitamin C termasuk jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

Asupan vitamin C harian sangat penting karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya.

Vitamin C terkandung di banyak makanan, sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C kecuali jika disarankan oleh dokter.

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah yang optimal.

Vitamin D bisa kita dapatkan melalui paparan sinar ultraviolet matahari, melalui sumber makanan atau suplemen vitamin D.

Beberapa makanan kaya vitamin D termasuk ikan salmon, tuna kaleng, dan kuning telur.

Mendapatkan asupan vitamin D yang cukup juga dapat membantumelindungi kita dari infeksi pernapasan, seperti Covid-19.

Berdasarkan studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics, suplementasi vitamin D secara signifikan mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan.

Pastikan kita mendapatkan asupan vitamin B yang cukup, baik melalui suplemen atau makanan yang difortifikasi.

Menurut Healthline, beberapa makanan yang kaya akan vitamin B compleks termasuk sayuran berdaun hijau, hati, telur, dan daging.

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melawan infeksi.

Menurut WebMD, kebanyakan orang mendapatkan asupan vitamin E dari makanan.

Beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin E minyak sayur, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sereal terfortifikasi, telur, dan kacang-kacangan.

Tubuh kita menyerap dan menggunakan vitamin dan nutrisi lebih baik jika berasal dari sumber makanan.

Jika hendak mengonsumsi suplemen untuk menjaga kecukupan vitamin untuk daya tahan tubuh, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Selain mempertimbangkan asupan nutrisi tertentu, penting untuk memastikan tubuh kita terhidrasi dengan baik demi menjaga daya tahan tubuh.

Air membantu tubuh kita memproduksi getah bening, yang membawa sel darah putih dan sel sistem kekebalan tubuh lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/29/130930220/4-vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-yang-lebih-kuat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.