Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Daftar Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan, Apa Saja?

KOMPAS.com - Memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi yang membuat hidup menjadi semakin sejahtera di masa depan adalah dambaan semua orang.

Tak heran, jika saat ini banyak orang mulai mempelajari keterampilan baru untuk mempersiapkan diri bersaing dengan para pencari kerja lainnya, sehingga berpeluang mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi.

Namun, bagaimana kita bisa tahu jenis pekerjaan apa yang akan memberikan peluang itu, baik hari ini maupun lima atau 10 tahun ke depan?

Nah, untungnya, setiap tahun Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) merilis proyeksi ketenagakerjaan untuk pertumbuhan secara keseluruhan maupun setiap pekerjaan individu selama periode 10 tahun.

Karena fokusnya hanya pada pekerjaan bergaji tinggi, maka daftar ini dibatasi untuk pekerjaan dengan gaji rata-rata 2020 untuk semua pekerjaan di atas 68.703 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 984 juta.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari lihat 10 daftar pekerjaan bergaji tinggi yang siap untuk tumbuh selama beberapa tahun ke depan, seperti dilansir dari laman The Muse berikut ini.

1. Aktuaris

Aktuaris biasanya bekerja untuk perusahaan asuransi dan bertanggung jawab untuk mengevaluasi risiko.

Aktuaris menggunakan matematika, data, dan statistik untuk menentukan apakah atasan mereka harus mengeluarkan polis kepada calon pelanggan (individu atau bisnis).

Dan jika mereka menentukan polis harus dikeluarkan, berapa premi yang seharusnya.

Aktuaris juga membuat evaluasi mengenai kesehatan, kehidupan, mobil, pemilik rumah, malpraktik medis, dan asuransi kompensasi pekerja, serta manfaat pensiun dan investasi lainnya.

Gelar dalam ilmu aktuaria yang berfokus pada penggunaan matematika dan pemodelan statistik untuk menilai risiko atau bidang terkait seperti matematika atau statistik adalah suatu keharusan.

Ditambah lagi, aktuaris harus lulus serangkaian ujian ketat selama beberapa tahun untuk disertifikasi untuk melakukan pekerjaan oleh Casualty Actuarial Society (CAS) atau Society of Actuaries (SOA).

Gaji rata-rata aktuaris pada tahun 2020 sebesar 111.030 dollar AS atau Rp 1,5 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 18 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

2. Insinyur industri

Insinyur industri berada dalam bisnis optimasi dan efisiensi.

Mereka biasanya menggunakan prinsip matematika, statistik, sains, dan teknik untuk mengevaluasi orang, sistem, serta proses dalam bisnis. Termasuk rantai pasokan, operasi, keuangan, dan mesin atau peralatan.

Pekerjaan ini bertujuan menemukan cara paling efektif dalam mengintegrasikan sistem dan proses yang diperlukan untuk menciptakan produk atau layanan.

Insinyur industri juga memastikan agar bisnis berjalan dengan biaya tetap rendah dan produktivitas tinggi dalam mencapai tujuan organisasi.

Gaji rata-rata insinyur industri pada tahun 2020 sebesar 88,950 dollar AS atau Rp 1,2 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 10 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

3. Data scientist

Data scientist bertugas membuat kerangka kerja yang memungkinkan perusahaan mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data.

Lalu, memanfaatkan data tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi bisnis mereka.

Bergantung pada kebutuhan bisnis, pekerjaan dapat mencakup semuanya.

Mulai dari menjalankan eksperimen data, menerapkan model dan algoritme statistik, mengembangkan produk data, serta mengoptimalkan kerangka kerja untuk meningkatkan hasil bisnis yang lebih baik.

Data scientist adalah peran yang sangat teknis dan bekerja pada banyak data.

Dengan demikian, gelar sarjana dalam ilmu komputer, teknik, statistik, matematika, teknik, atau bidang terkait biasanya merupakan persyaratan pekerjaan.

Gaji rata-rata data scientist pada tahun 2020 sebesar 98,230 dollar AS atau Rp 1,4 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 31 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

4. Manajer keuangan

Sesuai dengan nama pekerjannya, manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengelola keuangan sebuah organisasi.

Manajer keuangan dapat dipekerjakan secara langsung oleh perusahaan atau konsultan, di mana mereka menangani manajemen keuangan untuk klien perusahaan.

Bergantung pada kebutuhan perusahaan atau klien, manajer keuangan mungkin bertanggung jawab atas berbagai tugas terkait keuangan, termasuk mengidentifikasi kelemahan atau risiko keuangan.

Pekerjaan ini juga diperlukan dalam melakukan penelitian keuangan membuat proyeksi dan laporan keuangan, dan memberikan saran bagaimana perusahaan atau klien dapat mencapai tujuan keuangan yang lebih baik.

Maka dari itu, manajer keuangan memerlukan pengetahuan mendalam tentang keuangan bisnis, dan kandidat biasanya memerlukan gelar sarjana di bidang keuangan, bisnis, atau bidang terkait untuk memulainya.

Gaji rata-rata manajer keuangan pada tahun 2020 sebesar 134,180 dollar AS atau Rp 1,9 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 15 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

5. Asisten dokter

Asisten dokter atau yang juga dikenal sebagai physician assistant (PA) adalah profesional medis berlisensi yang memberikan perawatan pasien rutin.

Sama seperti dokter medis, asisten dokter dapat memeriksa, mendiagnosis, merawat pasien, meresepkan obat, dan mengembangkan rencana pengobatan.

Namun tidak seperti dokter yang bekerja secara mandiri, kinerja PA harus tetap diawasi.

Assisten dokter dapat bekerja di berbagai tempat, termasuk kantor dokter, rumah sakit, dan dalam spesialisasi yang berbeda dari perawatan primer hingga operasi.

Karir sebagai asisten dokter dimulai dengan gelar sarjana dalam biologi atau bidang terkait, diikuti oleh program gelar master (sering disebut "sekolah PA"), ujian sertifikasi nasional, dan perizinan yang berbeda di setiap negara.

Gaji rata-rata asisten dokter pada tahun 2020 sebesar 115,390 dollar AS atau Rp 1,6 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 31 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

6. Technical writer

Technical writer biasanya mengambil ide-ide teknis yang kompleks dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang mudah dibaca atau dipahami orang.

Baik itu dalam bentuk artikel, jurnal, materi pendidikan, skrip video, tutorial, manual instruksi, atau halaman FAQ.

Itu berarti mereka perlu berinteraksi dengan orang yang merancang dan membuat produk atau peralatan yang relevan, misalnya, untuk memahami seluk beluk apa yang mereka tulis dan menentukan jenis dokumentasi yang diperlukan.

Audiens mereka mungkin kolega dalam organisasi mereka sendiri, klien, pelanggan, atau masyarakat umum.

Technical writer sering memegang gelar dalam bahasa Inggris, komunikasi, atau bidang terkait.

Agar berhasil menjadi technical writer, kita juga memerlukan pemahaman mendalam tentang ilmu komputer, teknik, kedokteran, atau bidang teknis khusus apa pun yang kita tulis.

Gaji rata-rata technical writer pada tahun 2020 sebesar 74,650 dollar AS atau Rp 1 miliar per tahun. Proyeksi tingkat pertumbuhan antara 2019 dan 2029 yakni 7 persen (lebih cepat dari rata-rata).

7. Software developer

Software developer bertugas merancang, membuat kode, menguji, dan mengembangkan perangkat lunak.

Baik itu solusi perangkat lunak perusahaan yang melayani perusahaan raksasa atau aplikasi seluler yang digunakan oleh individu sebagai konsumen.

Hal terpenting yang diperlukan untuk berhasil sebagai software developer adalah keterampilan pengkodean.

Jadi, apakah kita belajar coding melalui program gelar, bootcamp coding, atau dengan belajar sendiri, untuk sebagian besar itu tidak terlalu penting selama kita memiliki keterampilan.

Gaji rata-rata software developer pada tahun 2020 sebesar 110.140 dollar AS atau Rp 1,5 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 22 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

8. Manajer pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk menyebarkan berita tentang produk, layanan, acara, merek, dan lainnya.

Pekerjaan ini juga bertugas untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan layak dibeli, dihadiri, atau diikuti.

Beberapa manajer pemasaran bersifat generalis sementara yang lain berspesialisasi dalam satu jenis pemasaran seperti pemasaran konten, media sosial, e-niaga, dan sebagainya.

Manajer pemasaran juga memimpin dalam mengembangkan, menerapkan, dan mengoptimalkan strategi maupun kampanye untuk meningkatkan kesadaran pelanggan dan mendorong penjualan atau konversi lainnya.

Sebagian besar manajer pemasaran memiliki gelar di bidang pemasaran atau bidang terkait.

Di perusahaan yang lebih kecil, kita mungkin seorang generalis yang diharapkan untuk menangani beberapa atau semua aspek pemasaran saat bekerja dalam tim kecil atau bahkan sendiri.

Tetapi, banyak perusahaan menengah dan besar mencari untuk mempekerjakan pemasar khusus.

Jadi, semakin banyak keterampilan yang dapat kita peroleh di bidang pemasaran tertentu, semakin besar kemungkinan kita akan mendapatkan peluang bergaji tinggi.

Gaji rata-rata manajer pemasaran pada tahun 2020 sebesar 141.490 dollar AS atau Rp 2 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 6 persen (lebih cepat dari rata-rata).

9. HR manager

Human resources manager (HR manager) bertanggung jawab untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan dalam suatu organisasi.

Bergantung pada kebutuhan perusahaan, HR manager dapat menangani berbagai tugas terkait karyawan, termasuk perekrutan, orientasi, pelatihan karyawan, dan mengawasi administrasi tunjangan.

HR manager juga dapat mengelola keluhan karyawan dan inisiatif ujung tombak yang bertujuan untuk meningkatkan budaya perusahaan seperti kegiatan membangun tim atau program kesehatan perusahaan.

Sebagian besar pekerjaan HR manager memerlukan gelar sarjana walaupun beberapa perusahaan akan mempekerjakan kandidat dengan orang-orang yang sangat baik dan memilki keterampilan logistik.

Ingatlah, bahwa untuk mendapatkan gaji seperti ini kita harus mendapatkan pengalaman dan meningkatkan posisi yang lebih tinggi.

Gaji rata-rata HR manager pada tahun 2020 sebesar 121.220 dollar AS atau Rp 1,7 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 6 persen (lebih cepat dari rata-rata).

10. PR manager

Public relations manager (PR manager) atau yang dikenal sebagai humas bekerja untuk membentuk cara seseorang, perusahaan, atau produk dirasakan oleh publik.

Baik itu seputar peluncuran produk baru, mendapatkan liputan media untuk buku baru, atau membangun merek yang positif.

PR manager mencapai tujuan ini dengan menggunakan berbagai strategi, termasuk membangun dan memelihara hubungan media, menulis siaran pers, dan menjalankan  manajemen krisis untuk meminimalkan dampak pers yang negatif.

PR manager biasanya memiliki gelar sarjana dalam hubungan masyarakat, komunikasi, pemasaran, atau bidang terkait.

Tetapi, pengalaman membangun minat dan mendorong pers yang positif dapat membuka pintu, bahkan untuk kandidat tanpa gelar.

Gaji rata-rata PR manager pada tahun 2020 sebesar 118,430 dollar AS atau Rp 1,6 miliar per tahun. Tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan antara 2019 dan 2029 yakni 9 persen (jauh lebih cepat dari rata-rata).

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/01/085253620/10-daftar-pekerjaan-bergaji-tinggi-yang-dibutuhkan-di-masa-depan-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke