Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Di antara sederet manfaat kopi hitam untuk kesehatan adalah membantu mengelola gejala dan bahkan mencegah beberapa penyakit.

Meskipun kopi hitam dalam jumlah moderat baik bagi kesehatan, cara menyajikannya juga memengaruhi efeknya terhadap tubuh.

Minum kopi tanpa gula menjadi salah satu cara sehat minum kopi.

Menurut Healthline, gula, terutama karena jumlah fruktosanya yang tinggi, berkaitan dengan banyaj jenis penyakit serius, seperti obesitas dan diabetes.

Jika tidak bisa minum kopi hitam dan ingin sedikit pemanis, kita bisa menggunakan pemanis alami seperti stevia, menambahkan susu tanpa lemak, atau menyajikan buah potong untuk dimakan sambil minum kopi hitam.

Berikut kandungan nutrisi dalam satu porsi kopi hitam tanpa gula (sekitar 230 ml), seperti dilansir WebMD:

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula

Berikut sejumlah manfaat minum kopi hitam yang bisa kita peroleh jika melakukannya secara rutin:

Peserta penelitian yang minum kopi ditemukan memiliki suasana hati yang lebih baik dan kewaspadaan yang lebih tinggi secara keseluruhan sekaligus memiliki tingkat kelelahan mental yang lebih rendah.

Sebabnya, kafein yang terkandung dalam kopi memblokir reseptor adenosin di otak kita, sehingga mencegah rasa lelah yang disebabkan oleh adenosin.

Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa konsumsi kopi rutin juga bisa menyebabkan kecanduan. Seseorang yang mengalami kecanduan kopi mungkin bisa merasakan kelelahan atau sakit kepala ketika tidak meminumnya sehari saja.

Manfaat kopi hitam termasuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif serta memiliki efek perlindungan terhadap gangguan memori.

Menurut Doctor NDTV, minum kopi hitam dapat membantu otak dan saraf kita tetap aktif sepanjang hari, yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko demensia.

Asupan kopi hitam rutin diketahui dapat menurunkan risiko Parkinson hingga 60 persen.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein dari kopi dapat membantu meningkatkan kinerja dan berkontribusi terhadap konsentrasi dan stamina yang lebih tinggi.

Menurutnya, itu disebabkan peningkatan adrenalin dalam darah, sehingga tubuh lebih siap untuk berolahraga.

Manfaat kopi hitam juga termasuk membantu memecah lemak tubuh yang disimpan, sehingga kita punya energi lebih untuk berolahraga.

Melansir WebMD, para ilmuwan belum menentukan alasan utama mengapa kopi mungkin dapat mengurangi risiko kanker. Sebagian alasannya mungkin karena kopi mengandung antioksidan tinggi, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mencegah kanker.

Kopi juga membantu tubuh membakar lebih banyak lemak, terutama ketika kita berolahraga.

Selain itu, asam klorogenat dalam kopi diyakini mampu mengurangi lemak perut viseral.

Lemak viseral berkaitan dengan peningkatan risiko pengembangan gangguan metabolisme, seperti diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 berkembang ketika tubuh seseorang tidak dapat menggunakan insulin untuk memasukkan glukosa (gula) ke dalam sel, sehingga gula menumpuk di dalam darah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes.

Satu kelompok peneliti menemukan bahwa risiko terkena diabetes 35 persen lebih rendah pada orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih per hari dan 28 persen lebih rendah untuk orang yang minum empat hingga enam cangkir.

Studi lain menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan secangkir kopi yang diminum seseorang per hari, risiko mereka terkena diabetes turun menjadi 7 persen.

Ingatlah bahwa ada sekitar 96 miligram kafein dalam satu porsi kopi hitam. Diankurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari.

Jika Anda seorang peminum kopi, pantau asupan kopi hitam dan hindari minum lebih dari empat cangkir setiap hari.

Minum kopi hitam dalam jumlah moderat memang baik bagi kesehatan. Namun, meminumnya terlalu banyak bisa memicu efek samping seperti detak jantung lebih cepat, masalah pencernaan, kecanduan, insomnia, dan lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/01/091218420/7-manfaat-kopi-hitam-tanpa-gula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke