Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ribet, Ini 7 Trik Menata Dapur Kecil tapi Rapi dan Nyaman

Dengan memiliki dapur kecil tapi rapi, kita mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu di sana bersama keluarga sehingga suasana rumah bisa semakin hangat.

Menciptakan dapur kecil tapi rapi

Berikut sejumlah tips untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi yang nyaman, sehingga ruang dapur kita bisa terlihat lebih lega:

Untuk mencegahnya, pastikan kita menata perabotannya dengan rapi dan terorganisasi. Mulailah dari lemari.

Pastikan bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalam lemari tersusun rapi. Melansir House Beautiful, Sarah Robertson dari Studio Dearborn menyarankan untuk menyusun camilan di rak lemari paling bawah, kemudian bahan makanan untuk sarapan di rak atasnya, kemudian di rak atasnya lagi kosong untuk menyimpan barang-barang acak.

Menurut laman Tasty, kita bisa menyiapkan gantungan kayu rustic, misalnya, untuk menggantung gelas-gelas tersebut. Tak hanya membuat lemari penyimpanan lebih lega, gantungan kayu tersebut juga bisa menambah kesan statement pada ruang dapur kita.

Gantungan tersebut bisa ditempatkan pada sudut-sudut strategis, misalnya rak, sehingga memberikan kita lebih banyak ruang untuk menyimpan barang.

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.

Beri nama setiap wadah sehingga lebih mudah untuk dicari.

Cara ini juga membuat kita lebih mudah menyadari jika ada bumbu masakan yang sudah habis.

Memilih wadah bumbu yang cantik juga bisa membuat dapur mungil kita tampak lebih indah, kan!

Cobalah cek celah-celah yang selama ini dibiarkan kosong, seperti celah kulkas dan lemari. Kemudian pikirkan apakah kita bisa menyimpan rak baru pada celah tersebut.

Jika menaruh rak tak memungkinkan atau kita mungkin masih ingin memindah-pindahkannya, kita juga bisa memilih rak dengan roda sehingga suatu saat bisa dengan mudah kita pindahkan dari celah tersebut.

Cara lainnya adalah menambah rak untuk mengisi ruang antara lemari dan langit-langit. Taruh alat masak yang jarang digunakan di tempat ini.

Jika menyimpannya dengan rapi, kita akan dengan mudah mencari alat makan dan masak yang diperlukan, sekaligus tidak membiarkan alat makan dan masak tersebut tergeletak di sembarang tempat.

Rak magnet dapat digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang tidak perlu di kulkas atau bahkan beberapa alat masak, bumbu, tisu, atau barang lainnya.

Terapkan hal serupa di dinding dapur, sehingga semua ruang kosong di dinding dapat dimanfaatkan.

Cat dinding putih akan memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terkesan lebih luas.

Jika kita memasangkannya dengan rak, lemari, meja, atau perabotan lain yang juga berwarna putih, kita bisa menciptakan ruangan tanpa batasan dan membuat dapur seolah terlihat bersih dan steril.

Pada akhirnya, keinginan untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi dan nyaman pun bisa dicapai dengan melakukan sejumlah trik sederhana ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/02/144215120/tak-ribet-ini-7-trik-menata-dapur-kecil-tapi-rapi-dan-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke