Salin Artikel

Sepatu Jarang Dipakai, Waspadai Kehadiran Laba-laba

Sepatu yang lama dibiarkan di gudang akan dipenuhi debu, sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu saat kita ingin keluar rumah memakai sepatu.

Namun sebaiknya kita tidak langsung memakai sepatu yang sudah lama tidak dipakai.

Sebab menurut para ahli, sepatu itu bisa menjadi sarang persembunyian laba-laba yang bisa jadi berbahaya.

Laba-laba black widow alias latrodectus hesperus-misalnya, umum ditemukan di daerah beriklim sedang dan kering seperti Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Australia, dan Asia --termasuk Indonesia.

Laba-laba berbahaya bisa bersembunyi di dalam sepatu.

Thomas Marbut, pelatih perusahaan dan manajer umum di Mosquito Squad mengatakan laba-laba bersembunyi di dalam sepatu yang jarang digunakan, karena binatang itu menyukai habitat gelap dan sunyi.

"Sneaker dan sepatu bot yang digunakan sehari-hari cenderung tidak menjadi sarang laba-laba, karena sering berpindah-pindah," ungkap dia.

"Menyimpan sepatu di ruang bawah tanah, gudang, atau garasi dapat meningkatkan risiko menampung laba laba ini."

"Karena ruangan-ruangan tersebut terhubung dengan dunia luar dan cenderung gelap, sehingga menarik perhatian laba-laba."

Goyangkan sepatu sebelum dipakai

"Kita harus selalu menggoyangkan sepatu yang sudah lama tidak dipakai untuk mengusir laba-laba yang mungkin bersembunyi," kata Marbut.

Dia menyarankan kita untuk melakukan tindakan serupa pada setiap sepatu yang disimpan di ruang yang gelap atau di luar rumah, meski sepatu tersebut belum lama dipakai.

Michael Dean, ahli pengendalian hama dan co-founder di Pools Research, merekomendasikan agar kita memukulkan sepatu ke lantai dengan outsole menghadap ke atas.

Cara ini, menurut dia, akan meminimalkan risiko laba-laba keluar dan menempel ke tangan atau lengan kita.

Selain itu perhatikan apakah di sekitar sepatu yang kita simpan terdapat jaring laba-laba atau tidak.

"Menemukan kantung sutra yang menampung telur binatang itu adalah cara lain untuk mengetahui apakah laba-laba tinggal di rumah atau sepatu kita," kata Marbut.

Disimpan dengan benar

Marbut menganjurkan untuk menyimpan sepatu di atas rak sepatu yang tinggi. "Laba-laba cenderung bergerak mendekati tanah," kata dia.

Sementara itu, Dean menyarankan untuk menyimpan sepatu lama dalam wadah kedap udara.

"Ini mungkin sedikit merepotkan, tetapi jika kita memiliki sepatu yang jarang dipakai atau disimpan di ruang yang gelap dan hangat, itu sangat relevan," ungkap dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/02/160114720/sepatu-jarang-dipakai-waspadai-kehadiran-laba-laba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.