Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencoba Keramas dengan Campuran Kopi

KOMPAS.com - Tren mencampur kopi dengan sampo yang merebak di media sosial memunculkan sejumlah pertanyaan dari warganet.

Banyak kebingungan jenis kopi yang harus dipakai dalam haircare alami yang diklaim kaya manfaat ini. Salah satunya apakah kopi yang dipakai harus diseduh dulu atau digunakan dalam bentuk bubuk begitu saja.

Panduan yang beredar di TikTok menyebutkan dengan jelas bahwa bubuk kopi sebaiknya dicampurkan langsung dengan sampo sebelum mulai keramas. Namun banyak yang khawatir jika bubuk kopi tersebut akan tertinggal di kulit kepala dan malah membuatnya kotor.

Sejumlah warganet lainnya juga mengaku cara itu membuat durasi keramasnya jadi jauh lebih lama karena harus membersihkan sisa-sisa bubuk kopinya.

Manfaat Kopi untuk rambut, apakah harus diseduh dulu?

Gambaran menggunakan bubuk kopi yang dicampurkan ke sampo mungkin sedikit merepotkan bagi banyak orang. Tentunya, rambut dan tubuh ketika akan dipenuhi oleh bercak hitam akibat kopi tersebut.

Namun banyak orang bersedia mengalaminya demi mendapatkan rambut yang diklaim lebih sehat, bebas rontok dan kuat.

Dalam banyak penelitian, bubuk kopi organik memang memiliki manfaat terbaik untuk rambut. Umumnya dicampurkan dengan berbagai bahan alami lainnya sebagai masker rambut.

Misalnya saja mencampurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa atau lemon untuk membuat rambut lebih berkilau.

Campuran kopi instan dan sampo mungkin tidak ideal namun juga memberikan efek yang sama baiknya. Kita dianjurkan untuk menggunakan kopi instan yang rendah kandungan gula agar hasilnya lebih optimal.

Selain itu kita juga bisa memakai ampas kopi bubuk sisa minum kopi. Cara ini membuat kesukaan kita pada minuman ini terpenuhi dan rambut yang sehat juga terwujud.

Apabila tidak ingin direpotkan dengan sisa-sisa bubuk atau ampas kopi maka seduhan kopi adalah alternatif yang lebih pas.

Situs kesehatan Healthline menyebutkan jika seduhan kopi kental seperti espreso dapat mewarnai rambut menjadi lebih hitam. Cara ini disarankan untuk mengrangi uban atau mengubah warna rambut secara alami.

Seduhan kopi juga bisa dipakai untuk menghentikan kerontokan rambut, mewarnai rambut, atau memperbaiki tekstur rambut Anda.

Caranya cukup mudah, hanya perlu menyemprotkan 2-4 cangkir seduhan kopi yang sudah didinginkan. Gunakan botol semprot khusus agar cairan tersebut merata ke seluruh permukaan rambut.

Semprotkan ke rambut yang dalam kondisi basah sesudah keramas dan pijat kulit kepala selama beberapa menit.

Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan bilas kembali dengan air atau kondisioner. Lakukan secara berkala untuk hasil optimal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/03/132944920/tips-mencoba-keramas-dengan-campuran-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke