Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Sederhana Dukung Petani Lokal

KOMPAS.com – Apakah kamu baru belakangan ini saja membeli produk segar dari petani lokal atau sudah bertahun-tahun melakukannya, kamu telah ikut mendukung para petani.

Dengan menggunakan produk pertanian dalam negeri, seperti beras, sayuran, kopi, atau buah-buahan, berarti kita ikut meningkatkan ekonomi lokal.

Selain membeli hasil pertanian, kita juga bisa memberi bantuan pada para petani lewat yayasan atau gerakan yang bertujuan untuk membantu para petani, baik dari segi keuangan, kesehatan, atau pendidikan.

Tanpa harus menjadi anggota, kita bisa membantu para petani dengan menyisihkan uang untuk disumbangkan kepada para petani melalui yayasan atau gerakan tersebut. Untuk lebih detilnya, bisa dicari secara daring.

CSR perusahaan

Beberapa perusahaan besar juga rutin melakukan kegiatan sosial yang ditujukan kepada petani, salah satunya Greenfields melalui kegiatan CSR mereka di dua lokasi peternakan di Jawa Timur.

Menurut General Manager Farm Operation Greenfields Indonesia, Richard Slaney, peternakan Greenfields menghasilkan pupuk organik cair (POC) dari manure sapi-sapinya. POC ini dimanfaatkan oleh para petani di sekitar peternakan.

"Greenfields bekerja sama dengan 758 petani dari 7 dusun di sekitar peternakan. Saat ini, lebih dari 700 hektar lahan petani yang memanfaatkan POC dari Greenfields untuk mempupuk rumput odot. Rumput ini dibeli oleh Greenfields untuk pakan sapi," kata Richard.

Ia menambahkan, setiap harinya, para petani menggunakan lebih dari 2.000 m³ POC untuk lahan mereka.

Greenfields juga membagikan POC perkebunan kopi di sekitar Greenfields Farm 2 untuk membantu menyuburkan lahan kopi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/05/202500220/cara-sederhana-dukung-petani-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke