Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips agar Belanja jadi Self-Care demi Jaga Kesehatan Mental

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai dan memaksa kita untuk menghabiskan waktu di rumah tentu akan membuat kita bosan dan merasa kesepian.

Tak jarang, hal ini akan menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, stres, hingga depresi.

Karena itu, kita perlu mencari cara untuk mencegahnya dengan mencintai diri sendiri atau self-care.

“Self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari,” ujar psikolog klinis Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi.

Menurut psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia yang akrab dipanggil Wita ini, salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja.

Kendati demikian, kita perlu memastikan untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambah beban pikiran. Ia juga mengungkapkan bahwa belanja dengan promo agar lebih hemat dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat.

Lantas, bagaimana cara berbelanja yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care dan baik untuk kesehatan mental? Menurut Wita, begini triknya:

Membeli momen berharga

Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat menjadi kenang-kenangan di kemudian hari.

Apalagi, jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang terkasih, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba.

Momen-momen tersebut akan memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental.

Selain itu, momen tersebut dapat dimanfaatkan untuk saling bertukar cerita dan tawa sehingga kita tak lagi merasa kesepian dalam melewati pandemi.

Belanja untuk orang lain

Berbagi dengan orang lain terbukti dapat mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward dan menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental.

“Terdapat tiga hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain dapat berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti, dan merasa bebas untuk menentukan barang yang ingin diberikan,” jelas Wita.

Belanja barang di wishlist menggunakan promo

Menurut Wita, self-care juga erat kaitannya dengan memberikan penghargaan kepada diri (self-reward), agar lebih termotivasi dan tetap bersemangat.

“Salah satu cara self-reward adalah belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist, terlebih jika berhasil membeli barang incaran dengan promo yang bisa menambah tingkat kepuasaan,” lanjutnya.

Tiga tips dari Wita di atas tentu akan semakin memuaskan jika mendapatkan promo. Nah, jika ingin mendapatkan promo, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh kampanye 10.10 ShopeePay Double Deals yang sedang berlangsung hingga 10 Oktober 2021 mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/06/115956520/3-tips-agar-belanja-jadi-self-care-demi-jaga-kesehatan-mental

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke