Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merawat Rambut dengan Silk Protein, Kelor, dan Tea Tree, Apa Manfaatnya?

KOMPAS.com - Kesehatan kulit kepala dan rambut dipengaruhi banyak hal, termasuk hormon, aktivitas, makanan, dan kebiasaan kita sehari-hari.

Kebiasaan buruk yang tidak disertai perawatan benar akan memunculkan masalah rambut seperti ketombe, rambut kusam, rontok, tipis, atau susah diatur.

Ketombe adalah permasalahan kulit kepala dengan munculnya serpihan kulit mati, disertai beberapa gejala seperti rasa gatal serta rambut rontok yang parah.

Selain serpihan kulit mati yang mengganggu, ketombe membuat kulit kepala terasa gatal serta menyebabkan rambut tampak kusam dan cepat lepek. Kondisi seperti ini bisa membuat kita jadi nggak percaya diri.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan produk perawatan yang mengandung silk protein, disamping bahan-bahan lain.

Apa itu silk protein?

Secara alami, silk protein bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, mempercepat fungsi sel kulit, mencegah kerutan, dan mengencangkan serta menghaluskan kulit.

Namun selain didapatkan dari ulat sutera, saat ini telah dikembangkan silk protein vegan yang berasal dari tanaman. Vegan silk protein ini mereplikasi struktur kimia kepompong ulat sutera alami namun 100% vegan dan cruelty free!

Nah bahan inilah yang digunakan oleh The Body Shop dalam rangkaian produk perawatan rambut terbarunya.

Perlu diketahui, rambut manusia terdiri dari 95% keratin, yaitu protein yang merupakan bahan dasar pembentuk struktur rambut.

Lalu, rambut sendiri terdiri dari medulla atau lapisan terdalam batang rambut; korteks, yakni komponen utama yang mengandung keratin untuk menambah elastisitas, ketahanan rambut, dan warna; serta kutikula, lapisan terluar yang berperan sebagai pelindung dengan sel-sel yang memberi kilau pada rambut.

Silk protein berperan penting dalam membentuk dan memperkuat kutikula untuk menjaga agar helai rambut tetap bersatu.

Bahan ini bekerja dari dalam dengan mengisi celah di antara sel-sel kutikula rambut dan korteks sehingga membuat rambut menjadi lebih halus, kuat, berkilau, dan tampak lebih sehat.

Tea Tree dan Kelor (Moringa)

Rangkaian perawatan rambut tea tree disebut mampu menyeimbangkan minyak berlebih tanpa membuat kering rambut dan kulit kepala sehingga membantu mencegah rambut lepek. Produk ini juga direkomendasikan untuk pengguna hijab.

Tea tree sendiri memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mengontrol sebum serta minyak berlebih pada kulit kepala.

Selain itu, tea tree juga mampu memberikan kesegaran pada rambut dan ikut mengatasi permasalahan ketombe yang disebabkan oleh penumpukan kulit mati akibat tingginya produksi sebum, sekaligus mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh jamur dan bakteri pada rambut.

Rangkaian tea tree terdiri dari shampo, conditioner, dan scalp scrub, dan mengandung 93% bahan yang berasal dari alam, termasuk vegan silk protein dan minyak tea tree.

Varian lainnya yaitu moringa hadir dengan conditioner, shampo, dan hair mist untuk mengatasi rambut kusam. Dengan 92% bahan yang berasal dari alam, salah satunya adalah ekstrak biji kelor.

Shampo moringa digunakan untuk membersihkan, mengembalikan kilau alami, membantu melindungi rambut, dan membuat rambut terasa segar. Sementara conditionernya menghidrasi sehingga rambut menjadi lebih halus, lembut dan bercahaya.

Tanaman Moringa, atau yang biasa kita sebut dengan kelor, memang memiliki beragam manfaat. Selain melembapkan, Moringa Oil misalnya, juga dapat menguatkan rambut dari akar hingga ke ujungnya.

Moringa mengandung banyak mineral dan vitamin sehingga mampu membantu mengatasi permasalahan rambut seperti ketombe serta rambut bercabang.

Moringa bekerja dengan menembus folikel rambut untuk mengatasi rambut yang terlihat kusam dengan tekstur yang kasar.

Selain bahan-bahan di atas, The Body Shop mengemas produk ini menggunakan 100% plastik daur ulang, termasuk juga plastik daur ulang Community Fair Trade yang dikumpulkan dari sampah konsumsi plastik di Bengaluru, India. Berminat?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/07/110941020/merawat-rambut-dengan-silk-protein-kelor-dan-tea-tree-apa-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke