Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kunci Sukses Pola Hidup Sehat dan Percaya Diri dari Adele

KOMPAS.com - Adela mengaku jauh lebih percaya diri saat ini karena merasa lebih sehat, bukan disebabkan penampilannya yang lebih langsing.

Peraih Grammy ini sukses menurunkan berat badan hingga puluhan kilogram dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Awalnya, ia memulai pola hidup sehat itu karena mengalami gangguan kesehatan mental berupa kecemasan akut.

Penyanyi itu juga mulai khawatir dengan kondisi kesehatannya setelah melahirkan dan menjalani operasi. Namun siapa sangka perubahan tersebut memberinya bonus berupa transformasi fisik yang begitu mengejutkan.

Berikut adalah tujuh kunci suksesnya dalam menjalani pola hidup sehat yakni:

Melakukannya demi diri sendiri

Banyak yang mengira Adela menurunkan berat badannya karena lelah dikritik dan dibully oleh publik. Maklum saja, ia memiliki tubuh yang lebih berisi dan gemuk ketika debut sebagai penyanyi.

Perubahan fisiknya bahkan dianggap tidak sesuai dengan kampanye body positivity. Sebagai publik figur, ia dianggap memberikan contoh buruk bahwa gemuk identik dengan penampilan jelek.

Namun, Adele berulangkali menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar karena ia melakukannya demi dirinya sendiri.

“Anda tidak perlu kelebihan berat badan untuk memiliki tubuh yang positif, Anda bisa menjadi bentuk atau ukuran apa pun," ujarnya.

Mantan pelatih pribadinya Pete Geracimo juga menyatakan dukunganya dengan mengatakan kliennya itu tidak menurunkan berat badan untuk membuat orang lain merasa gemuk itu hal yang buruk.

"Dia melakukannya untuk dirinya sendiri dan untuk Angelo [putranya]", terangnya.

Menggunakan reformer pilates

Adele memasukkan olahraga pilates dalam salah satu menu wajibnya. Ia menggunakan reformer pilates yakni alat berupa tempat tidur khusus untuk memaksimalkan gerak tubuh.

Alat ini membantu melatih otot inti, meningkatkan fleksibilitas, dan kekuatan tubuh. Alat ini juga membantu posisi tubuh kita tetap benar dan efektif sekaligus mencegah cidera.

Melakukan olahraga yang disukai

Adele sukses menjalani rutinitas olahraganya karena memilih menu jenis workout yang disukai. Dalam wawancaranya bersama majalah Rolling Stone, penyanyi berusia 33 tahun ini mengaku tidak suka pergi ke gim karena tidak suka dengan cermin di sekitarnya.

Meski demikian, ia suka melakukan angkat beban sehingga mencari alternatif serupa yang lebih menyenangkan baginya.

Menerapkan olahraga HIIT

Pelantun Skyfall ini kini menjalani olahraga yang begitu beragam termasuk olahraga HIIT yang beberapa waktu lalu populer.

Dikutip dari Kompas.com (20/06/2018), High Intensity Interval Training (HIIT) termasuk dalam kelompok olahraga kardio yang memanfaatkan kombinasi gerakan intensitas tinggi dan intensitas rendah yang dilakukan secara bergantian dalam satu waktu.

Olaharaga ini hanya butuh waktu singkat sehingga banyak orang yang sibuk menyukainya, seperti para selebritas Hollywood. Namun hasilnya sangat efektif karena mampu membakar banyak lemak dan karbohidrat selama sesi.

Caranya pun tidak sulit, kita bisa mengombinasikan beberapa macam gerakan olahraga, misalnya, plank, squat, lari, bahkan bersepeda dalam satu waktu latihan. Poin utamanya adalah intensitas selama latihan.

Tidak membenci tubuhnya sendiri

Adele selalu menyukai tubuhnya sendiri, baik kurus maupun gemuk. Sedari dulu, ia memiliki pikiran positif soal bentuk tubuhnya meskipun penampilannya dulu dianggap tidak ideal.

Ia mampu merasa demikian setelah membaca buku self-help karya Glennon Doyle Untamed, berjudul Stop Pleasing, Start Living. Buku tersebut membantunya tidak lagi stres dan menerima kondisi tubuhnya sepenuhnya.

Pikiran positif ini pula yang menjadi pegangannya ketika memulai pola hidup sehat. Ia tidak berupaya menjadi kurus namun berusaha menjaga tubuh dan kesehatannya.

Membatasi asupan gula

Sebagai orang Inggris, penyanyi berambut pirang ini sangat menyukai minum teh dan menjadikannya rutinitas harian. Sayangnya, minuman tersebut ditambah dengan gula yang berlebihan.

"Saya biasa minum 10 cangkir sehari dengan masing-masing dua gula, jadi saya minum 20 gula sehari," ucapnya.

Asupan gula yang terlalu tinggi tentunya dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, kekurangan energi, dan kelelahan. Kini Adele mengurangi asupan gula dalam tehnya sehingga merasa lebih sehat dan fokus.

Abaikan nyinyiran orang

Warganet pernah bersikap kejam padanya ketika menyamakannya dengan Putri Fiona dari serial animasi Pixar, Shrek. Saat itu, meme yang menyebar membandingkan karakter tersebut dengan penampilan Adele yang mengenakan gaun hijau serupa di Grammy 2017.

Namun ia tidak terpengaruh dengan komentar jahat tersebut dan terang-terangan membahasnya dalam salah satu konsernya di Australia.

"Semua orang mengatakan saya terlihat seperti Fiona. Saya tidak peduli. Itu adalah couture Givenchy! Mereka dapat mengatakan apa yang mereka inginkan." ujarnya tegas.

Ia mengakui bentuk tubuhnya memang besar dan sangat menyukai makanan. Namun ia rutin berolahraga dua kali sehari sehingga tetap sehat dan muat di gaun perancang ternama yang ketat itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/08/124458520/7-kunci-sukses-pola-hidup-sehat-dan-percaya-diri-dari-adele

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke