Salin Artikel

12 Cara Menghilangkan Stres, demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Cara menghilangkan stres yang cocok untuk kita di rumah mungkin tidak akan cocok untuk diterapkan ketika kita berada di tempat kerja atau di komunitas, dan belum tentu cocok juga untuk orang lain.

Jadi, penting untuk memiliki berbagai strategi menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan di berbagai kondisi.

Menurut Cleveland Clinic, respons stres dapat mencakup komponen fisik, seperti peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, pikiran dan keyakinan pribadi tentang peristiwa stres, serta emosi, termasuk ketakutan dan kemarahan.

Meski kita sering menganggap stres sebagai sesuatu yang negatif, stres juga bisa datang dari perubahan positif dalam hidup kita, seperti promosi pekerjaan atau memiliki bayi.

Tetapi, stres juga memiliki tujuan penting, yakni memungkinkan kita merespons dengan cepat adanya ancaman dan menghindari bahaya.

Namun, paparan stres yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, atau masalah kesehatan fisik.

Cara menghilangkan stres

Stres memang tidak bisa dihindari. Namun, kita bisa mencari cara menghilangkan stres dengan sehat sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk pulih dari stres.

Beberapa cara menghilangkan stres yang dapat dipraktikkan antara lain:

Misalnya, membayangkan diri kita duduk di pinggir pantai, mendengarkan debur ombak, dan mencium bau air laut, semuanya bisa membantu menenangkan di kala stres.

Untuk melakukannya kita cukup menutup mata dan membayangkan gambaran-gambaran indah tersebut.

Pikirkan pengalaman sensori yang kita dapatkan ketika berada di tempat itu dan biarkan diri kita merasakan seperti benar-benar ada di sana.

Setelah beberapa menit, bukalah mata dan kembali ke momen saat ini.

Ada banyak bentuk meditasi yang dapat dicoba sebagai cara menghilangkan stres. Masing-masing bentuk meditasi memiliki keunikan dan daya tarik sendiri.

Jadi, pilihlah bentuk meditasi yang paling cocok dengan diri kita.

Ketika bermeditasi, kita mungkin akan mengucapkan mantra atau kalimat secara berulang di dalam pikiran sambil menarik napas dalam-dalam.

Untuk melatih kesadaran penuh terhadap momen saat ini, kita mungkin butuh waktu beberapa menit.

Cukup perhatikan apa yang kita lihat, dengar, rasa, sentuh, dan cium.

Ketika fokus pada momen saat ini dan di sini, kita cenderung tidak akan merenungkan sesuatu yang telah terjadi dan tidak mengkhawatirkan sesuatu di masa depan.

Meditasi dan kesadaran membutuhkan latihan, tetapi ini dapat memberi perbedaan besar terhadap tingkat stres kita secara keseluruhan karena kita kembali ke masa kini.

Berjalan kaki sambil melihat pemandangan sekitar bisa membantu kita mendapatkan inspirasi pola pikir berbeda sekaligus mendapatkan manfaat olahraga.

Selain jalan kaki, kita bisa mempertimbangkan latihan aerobik non-kompetitif, latihan kekuatan dengan beban, atau aktivitas gerakan seperti yoga atau Tai Chi.

Kemudian, tetapkan tujuan yang masuk akal untuk diri sendiri.

Latihan aerobik terbukti mampu melepaskan endorfin, zat alami yang membantu kita merasa lebih baik dan mempertahankan sikap positif.

Sebagian besar, tuntutan itu adalah apa yang kita pilih.

Sebagai salah satu cara menghilangkan stres, cobalah meluangkan waktu dengan melatih keterampilan manajemen waktu, seperti meminta bantuan di saat yang tepat untuk meringankan beban, menyusun skala prioritas, mengatur kecepatan, dan menyisihkan waktu untuk merawat diri.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma tertentu dapat mengubah aktivitas gelombang otak dan mengurangi hormon stres dalam tubuh.

Aromaterapi bisa dihirup dalam berbagai cara, seperti melalui lilin, diffuser, atau produk perawatan tubuh.

Setiap orang punya ketertarikan dengan berbagai karya seni. Misalnya, jika kita tak terlalu suka menggambar atau melukis, cobalah mengambil buku mewarnai.

Ada berbagai buku mewarnai dewasa yang cukup populer dan dapat membantu sebagai cara menghilangkan stres.

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa mewarnai dapat memiliki efek meditatif.

Sebuah studi menemukan bahwa tingkat kecemasan menurun pada orang-orang yang mewarnai pola geometris yang kompleks, menjadikannya sebagai cara menghilangkan stres yang cukup sempurna.

Meski mungkin terasa menenangkan, efeknya hanya sementara.

Konsumsi karbohidrat olahan, seperti kue kering dan keripik kentang, dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Ketika gula darah turun setelahnya, kita mungkin malah mengalami lebih banyak stres dan kecemasan.

Konsumsi makanan sehat dapat membantu sebagai cara menghilangkan stres untuk jangka panjang dan membantu menyeimbangkan energi.

Namun, banyak orang merasa hidupnya terlalu sibuk untuk hobi, permainan, atau kesenangan, sehingga sering mengabaikannya.

Padahal, melakukan waktu luang untuk melakukan hobi bisa menjadi kunci untuk membantu mengelola stres.

Ketika kita merasa lebih baik, kita akan tampil lebih baik, yang berarti waktu luang jugaa bisa membuat waktu kerja menjadi lebih efisien.

Kegembiraan dan hobi setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang bisa menemukannya lewat hobi berkebun atau bermain musik, sementara lainnya punya kesenangan sendiri.

Jadi, temukan kesenangan kita sendiri untuk membuat hidup menjadi lebih baik.

Kritik diri yang kasar dan keraguan atas kemampuan diri sangat tidak membantu dalam mengelola stres.

Jika kita terus menerus mengatakan pada diri kita kalimat seperti "aku tidak bisa", "aku tidak punya waktu untuk ini", atau "aku tidak bisa seperti ini terus", kita akan membuat diri merasa semakin stres.

Self-talk yang positif dapat membantu kita melihat segala sesuatu dengan positif. Kalimat yang optimis dan penuh kasih bisa membantu diri kita mengelola emosi dan mengambil aksi yang lebih positif.

Bersyukur membantu kita mengenali semua hal yang harus kita syukuri.

Kita bisa bersyukur untuk hal-hal sederhana, seperti ketika hari cerah atau bersyukur tiba di tempat kerja dengan selamat. Cukup pikirkan semua hal baik yang kita miliki dalam hidup.

Rasa syukur juga mengingatkan kita tentang semua sumber daya yang kita miliki untuk mengatasi stres dan itu bisa sangat memberdayakan.

Studi juga menunjukkan orang yang rajin bersyukur dapat memiliki kondisi kesehatan mental yang lebih baik, stres yang lebih rendah, dan kualitas hidup yang lebih baik.

Kita bisa membiasakan diri mengidentifikasi apa yang dapat kita syukuri saat ini atau bahkan menuliskan tiga hal yang kita syukuri setiap harinya.

Jadikan rasa syukur sebagai kebiasaan rutin yang membantu kita melalui masa-masa penuh stres.

Kita bisa kembali merajut relasi dengan teman-teman yang telah lama tidak berkomunikasi atau mendekatkan kembali hubungan dengan anggota keluarga. Semua itu bisa memberikan kita dukungan sosial yang sangat penting, termasuk sebagai salah satu cara mengelola stres.

Kita juga bisa memperluas jaringan kita, seperti bergabung dengan organisasi, menghadiri kelompok dukungan, atau mendapatkan bantuan profesional jika benar-benar kekurangan dukungan sosial di kehidupan.

Mengurangi beban kerja bisa menjadi kunci untuk membantu kita menjalani hari dengan perasaan lebih baik, yang pada akhirnya dapat menjadi cara menghilangkan stres.

Apakah itu berarti melibatkan orang lain untuk membantu menyelesaikan salah satu beban harian kita atau mengevaluasi kembali pekerjaan yang tidak perlu.

Mengasah keterampilan manajemen waktu memungkinkan kita mengurangi stresor yang kita alami dan mengelola stres dengan lebih baik.

Pertimbangkan kembali apakah target-target yang ada realistis. Pahami bahwa kita tidak bisa 100 persen untuk semua hal yang kita kerjakan. Ingatlah bahwa ada yang bisa kita kontrol dan tidak dalam pekerjaan.

Tidak masalah untuk mengatakan "tidak" pada beberapa hal yang akan menuntut waktu dan energi kita sehingga memicu stres berlebih.

Ingatlah bahwa kita tidak selalu harus memenuhi harapan orang lain.

Pada akhirnya, semua ini bisa membantu sebagai cara mengelola stres dalam jangka panjang.

Ketika merasa sudah mengupayakan segala hal namun tetap merasakan stres yang berlebih, berkonsultasilah dengan profesional untuk mendapatkan solusi yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/10/104020220/12-cara-menghilangkan-stres-demi-kesehatan-mental-yang-lebih-baik

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.