Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Khasiat Bunga Immortelle dalam Hand Cream untuk Mencegah Penuaan Kulit

KOMPAS.com - Immortelle adalah tanaman yang juga dikenal sebagai bunga abadi karena kembang ini tidak menjadi layu, bahkan setelah dipetik.

Bukan hanya itu, ternyata minyak esensial organiknya kaya akan molekul aktif dengan sifat anti-penuaan yang unik. Tak heran minyak tanaman ini digunakan sebagai campuran produk perawatan tubuh.

Lebih dari sepuluh tahun yang lalu, merek perawatan asal Perancis Selatan, L'Occitane, mengungkapkan dan mematenkan kekuatan anti-penuaan dari tanaman immortelle dari Corsica.

Varietas dari Corsica yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi ini dijadikan produk anti penuaan untuk wajah.

Namun belakangan kita menyadari bahwa tanda-tanda penuaan yang terlihat bisa muncul lebih cepat di tangan daripada di wajah.

Karenanya L'Occitane pun mengaplikasikan minyak bunga immortelle pada produk hand cream yang juga dilengkapi shea butter dan bunga hibiscus untuk menjadikan tangan lebih halus, cerah, kerutannya berkurang, dan warnanya merata.

Produk ini juga unik karena merupakan serum dalam bentuk krim yang mudah diserap, dengan wangi aromatik yang halus.

Adapun bunga immortelle dibudidayakan dengan penuh cinta di lereng bukit-bukit sebelah tenggara Corsica, menghadap Laut Mediterania.

Bunga-bunga berwarna kuning yang mekar di musim panas ini memiliki aroma kuat seperti madu. Uniknya, bunga-bunga ini warnanya akan tetap kuning walau sudah kering, seolah tidak menjadi tua.

Karenanya ia juga dikenal dengan nama everlasting alias abadi. Dalam bahasa latin, ia disebut Helichrysum italicum, dari kata "helios" atau matahari, dan "chrysos" atau emas.

Sudah sejak lama bunga ini diyakini memiliki khasiat khusus. Dalam karya sastra Yunani karangan Homer, bahkan disebutkan Nausicaa menyelamatkan Odysseus dari kapal karam, lalu membalur tubuhnya dengan bunga immortelle sebagai obat awet muda.

Menurut jurnal berjudul In Vitro Properties of Helichrysum, immortelle memiliki kandungan anti-aging dan antioksidan tinggi, sehingga dapat menjaga kulit tetap awet muda.

Selain itu, bunga ini juga dipercaya dapat menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan pada area wajah, bahkan memicu produksi kolagen sehingga mampu memperbaiki lapisan kulit dan menjadikan tampilan kulit terasa lebih kenyal.

Oleh para petani, tanaman ini dipanen dan disuling secara tradisional, dan penanamannya tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia. Bahkan penyiangan tanaman dilakukan dengan tangan atau dengan domba.

L'Occitane sendiri juga memastikan produk shea immortelle youth hand cream ini memakai bahan alami sebanyak 97%, tanpa silikon, dan dikemas dalam tabung aluminium hasil daur ulang.

Nah, apakah kamu ingin memiliki kulit tangan yang halus dan tampak lebih muda?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/11/092223020/khasiat-bunga-immortelle-dalam-hand-cream-untuk-mencegah-penuaan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke