Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cara Rumahan

Namun, cara-cara tersebut sebetulnya masih belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup terkait efektivitas dan keamanannya.

Jika masalah kutu rambut sudah sangat mengganggu, penting untuk membicarakannya dengan dokter dan mencari solusi yang tepat.

Kutu rambut memakan darah kulit kepala dan mendapatkan nutrisi dari sana.

Anak-anak lebih sering terkena serangan kutu rambut daripada orang dewasa.

Tapi, kutu rambut pada dasarnya bisa menyerang siapa saja dan ini bukanlah tanda bahwa kebersihan kita buruk.

Kutu rambut hanya bisa bertahan hidup selama 24 jam di luar kepala. Biasanya, infestasi kutu rambut berasal dari kontak kepala ke kepala.

Jika seseorang yang kita kenal memiliki masalah kutu rambut, kemungkinan dia mendapatkannya dari teman, anggota keluarga, atau orang asing yang berkontak dekat dengannya.

Penggunaan barang bersama, seperti topi atau sisir juga dapat memfasilitasi perpindahan kutu rambut.

Ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang dapat dicoba, baik melibatkan obat-obatan yang dijual bebas, obat resep, perawatan rumahan, maupun perubahan gaya hidup.

Cara menghilangkan kutu rambut

Mempraktikkan lebih dari satu cara dapat meningkatkan peluang mengatasi masalah kutu rambut dengan lebih cepat dan optimal.

Berikut sejumlah cara menghilangkan kutu rambut yang dapat dicoba:

Menggunakan pelumas seperti minyak zaitun atau minyak kelapa saat menyisir rambut dapat memudahkan untuk menghilangkan kutu.

Cara menghilangkan kutu rambut yang satu ini dapat diulang setiap tiga hingga empat hari selama beberapa minggu, sampai tidak ada lagi kutu yang ditemukan di rambut.

Sebuah studi tahun 2010 mengukur efek dari campuran pohon teh dan minyak lavender pada kutu rambut 42 orang partisipan.

Setelah tiga kali perawatan dengan interval mingguan, sebanyak 41 peserta tidak lagi memiliki masalah kutu rambut.

Tingkat keberhasilan ini sebanding dengan banyak resep dokter dan obat yang dijual di pasaran.

Namun, penelitian lain yang meneliti minyak pohon teh sebagai pengobatan kutu rambut menemukan bahwa obat tersebut kurang efektif.

Selain itu, minyak pohon teh terkadang dapat mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan ruam atau gatal.

Pastikan melakukan pengetesan terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk area kepala yang lebih luas.

Dalam sebuah studi di 2018, minyak zaitun dianggap sebagai salah satu bahan rumahan yang paling efektif menjadi cara menghilangkan kutu rambut pada anak.

Pada sebuah studi 2010 di Brasil, para peneliti mengeksplorasi efek dari beberapa obat kutu kepala alami dan membandingkan hasilnya dengan obat yang dijual bebas.

Dari pengobatan yang diuji, tim peneliti menemukan bahwa minyak kelapa murni adalah satu-satunya pengobatan yang efektif.

Mereka menemukan, rata-rata 80 persen kutu rambut mati dalam waktu empat jam setelah minyak kelapa dioleskan.

Petroleum jelly juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut dengan membunuhnya dan mungkin juga telur-telurnya.

Namun, petroleum jelly bisa berminyak dan berantakan, sehingga untuk menghilangkannya kita mungkin perlu mencuci rambut berulang kali.

Bagi orang-orang yang memiliki masalah kutu rambut membandel dan resisten terhadap pengobatan sampo kutu, cara menghilangkan kutu rambut yang satu ini layak dicoba.

Kutu biasanya tidak dapat hidup lebih dari sehari tanpa memakan kulit kepala manusia dan telurnya tidak dapat bertahan hidup jika tidak diinkubasi pada suhu di kulit kepala.

Meski begitu, sebagai tindakan pencegahan kita bisa membersihkan barang-barang yang telah digunakan oleh orang yang memiliki masalah kutu rambut, setidaknya dalam dua hari terakhir.

Rekomendasi pembersihannya meliputi:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/11/144738220/6-cara-menghilangkan-kutu-rambut-dengan-cara-rumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke