Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengetahui Kita Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen

KOMPAS.com - Segala sesuatu hal yang berlebih-lebihan itu tidak baik, termasuk penggunaan deterjen pada cucian. 

Meskipun tampaknya lebih banyak sabun dan busa berarti pakaian makin bersih, tetapi justru tidak demikian.

“Apapun mereknya, hindari menggunakan deterjen terlalu banyak,” kata Laura Johnson, analis penelitian dan pengembangan LG Electronics, yang membuat mesin cuci dan pengering.

"Kebanyakan deterjen dapat menghasilkan terlalu banyak busa, membuat penggunaan air  lebih banyak, dan dapat menyebabkan penumpukan endapan di mesin cuci dari waktu ke waktu, lalu menyebabkan masalah bau."

Nah, untuk mengetahui apakah kita terlalu banyak menggunakan deterjen atau tidak, lihat kondisi pakaian basah kita, jika terasa sedikit berlendir, lengket, atau bersabun, ini adalah salah satu tandanya.

"Red flag" lainnya yaitu pakaian basah yang terasa kaku atau sedikit mengeras, pakaian berwarna yang menjadi agak pudar, dan pakaian putih yang telah berubah menjadi pucat atau abu-abu. 

Dan yang terakhir, mesin cuci kita bisa berbau tidak sedap, berjamur, atau apek, karena sabun telah menumpuk dari waktu ke waktu.

Jika ini terjadi, kita harus membersihkan mesin cuci sebelum mencuci lagi. Kita dapat menggunakan soda kue atau cuka, keduanya merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan mesin cuci.

Kapan harus menggunakan lebih banyak deterjen?

Ada kalanya pakaian kotor membutuhkan lebih banyak deterjen. Jika pakaian kita sangat kotor, menggunakan deterjen ekstra akan membantu menghilangkan kotoran.

Tetapi, pastikan kita mengacu pada simbol cucian pakaian untuk memastikan kita telah membersihkannya dengan benar.

Lihat juga pedoman penggunaan deterjen pada kemasan didasarkan pada ukuran mesin cuci tradisional.

Jika modelnya berukuran lebih besar dengan drum yang lebih besar, kita boleh menggunakan sedikit lebih banyak deterjen untuk lebih banyak cucian karena beban pencucian lebih besar.

Fakta lain yang sedikit diketahui adalah bahwa kesadahan air mempengaruhi kemanjuran deterjen cucian. Jika kita tinggal di daerah dengan air basa, maka perlu menggunakan lebih banyak deterjen.

Berapa banyak deterjen yang digunakan dalam mesin cuci efisiensi tinggi?

“Jika kita memiliki mesin cuci pakaian dengan efisiensi tinggi, kita harus menggunakan deterjen High Eficiency (HE),” kata Mary Gagliardi, alias Dr. Laundry, seorang ilmuwan di The Clorox Company.

Dia mengatakan deterjen ini secara khusus diformulasikan untuk mesin yang menggunakan lebih sedikit air setiap mencuci dan akan membersihkan pakaian tanpa busa yang berlebihan.

“Deterjen HE memberikan agitasi yang jauh lebih lembut dan karenanya ini akan jauh lebih lembut pada kain,” katanya.

“Namun, ini juga berarti deterjen tidak membersihkan secara agresif.”

“Perbedaan terbesar dengan deterjen HE adalah bahan pembersih yang digunakan berbeda,” kata Gagliardi.

“Mereka tidak menghasilkan banyak busa, berbeda dari deterjen biasa, yang menghasilkan busa banyak selama siklus pencucian.”

Dia menambahkan bahwa mesin cuci HE memiliki pembersihan yang lebih bervariasi karena cara pakaian diputar dan memantul melalui siklus pencucian.

Kita juga dapat menggunakan deterjen HE di mesin cuci tradisional, tetapi jangan berharap ada busa.

“Tentu saja, deterjen standar adalah pilihan terbaik untuk mesin cuci yang standar,” katanya.

Berapa banyak deterjen yang digunakan dalam mesin cuci bukaan atas?

Mesin cuci bukaan atas tradisional memiliki pengaduk sentral yang mengalir di sekitar deterjen, pakaian, dan memerlukan banyak air untuk mengangkat noda dan menghilangkan bau membandel dari pakaian.

“Mesin jenis ini lebih agresif mengaduk cucian, menghasilkan pembersihan yang lebih seragam karena mereka benar-benar terendam dalam larutan pencuci,” kata Gagliardi.

Karena top loader menggunakan lebih banyak air daripada mesin cuci HE, maka menggunakan lebih banyak deterjen tidak akan terlalu berbahaya karena rasio beban airnya sangat tinggi.

Meski begitu ikuti petunjuk pada kemasan deterjen, dan gunakan takaran yang direkomendasikan, bahkan untuk muatan yang lebih besar.

Pedoman untuk mengukur deterjen cucian

Melansir Reader's Digest, berikut pedoman berapa banyak deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci standar dan HE.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/17/114843720/cara-mengetahui-kita-terlalu-banyak-menggunakan-deterjen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke